Dalam membangun identitas yang kuat penting untuk mencerminkan karakter dan nilai merek menggunakan elemen visual. Setiap gaya huruf yang berbeda pada font dapat mencerminkan makna yang berbeda. Untuk memilih tipografi yang tepat, pastikan untuk paham makna psikologi setiap jenis font sehingga sesuai karakter brand.
Karakter atau nilai merek bisa direpresentasikan melalui elemen visual warna dan gambar, termasuk font. Gaya font yang digunakan perlu dipilih yang memiliki makna psikologi sesuai karakter merek. Setiap jenis font dengan karakteristik yang berbeda bisa digunakan untuk jenis desain yang bervariasi.
Sebelum memilih font untuk desain grafis, perhatikan gaya huruf dan makna psikologi yang diciptakan. Berbagai jenis font bisa memiliki makna psikologi yang berbeda, bergantung bentuk huruf, ketebalan dan garis huruf. Berikut beberapa makna psikologi dari berbagai jenis font yang berbeda beserta contohnya:
DISPLAY FONT: Impact
Font display umumnya tampil unik, menonjol dan agar beda, gaya font ini efektif untuk menarik perhatian. Seringkali style huruf tampil eye-catching dan unik sehingga mudah menarik perhatian. Bentuk huruf yang unik bisa mencerminkan karakter berbeda pada setiap jenis font display.
Secara umum font display dapat memiliki makna psikologi seperti:
Stabil:
Font display tak hanya memiliki huruf yang unik, tetapi juga memiliki gaya huruf yang sederhana tetapi lebih tajam dan tebal. Gaya huruf yang stabil akan efektif membuat teka mudah terbaca tetapi efektif menarik perhatian.
Unik:
Gaya huruf jenis font display juga sering menggunakan font yang unik. Bentuk huruf font display banyak yang unik terutama variasi gaya huruf, ketebalan dan efek visual. Beberapa font display ada yang memiliki dekorasi gambar dan efek menarik.
Menyenangkan:
Font display tidak hanya memiliki garis lurus atau bersih, terkadang memiliki gaya wavy dan bertekstur sehingga menciptakan kesan menyenangkan. Gaya font yang bervariasi bahkan beberapa menggunakan tekstur unik bisa menciptakan kesan menyenangkan terutama font yang bulat dan melengkung.
Personal:
Font display bisa menciptakan kesan yang lebih personal, karena bentuk setiap font bisa berbeda dan tidak mirip seperti jenis font lainnya. Biasanya font display lebih efektif mencerminkan karakter brand yang lebih spesifik.
Contoh font display impact ini memiliki gaya huruf yang tebal, sederhana tetapi efektif untuk menarik perhatian. Font tebal ini dapat menarik perhatian dengan cepat dan sering digunakan untuk font judul atau headline konten.
MONOSPACE FONT: Courier
Gaya huruf juga memiliki style terlihat agak renggang karena jarak antar huruf yang agak jauh. Font monospace ini banyak ditemui sebagai font teknikal untuk programing. Gaya huruf yang berjarak dan memiliki serif ini memiliki keterbacaan yang baik pada ukuran kecil.
Secara umum font monospace yang memiliki jarak antar hurufnya yang luas ini dapat, menciptakan kesan:
Stabil:
Gaya huruf serif yang bersih dan jarak antar huruf yang sama dapat menciptakan kesan stabil. Penggunaan font untuk desain logo bisa mencerminkan brand yang stabil terutama digunakan untuk brand teknologi.
Retro:
Gaya huruf monospace yang memiliki font serif menciptakan kesan vintage dan retro karena memiliki serif. Huruf yang tidak terlalu tebal dan serif yang tampak formal ini bisa menciptakan brand yang retro.
Teknikal:
Font monospace memang banyak digunakan sebagai font programming sehingga bisa menciptakan tampilan teknis. Penggunaan font ini untuk mencerminkan brand teknologi akan tampil teknikal dan canggih.
Ciri utama dari font ini adalah memiliki jarak antar huruf yang sama untuk semua hurufnya dalam teks. Jarak huruf yang sama menciptakan tampilan mekanik dan kesan yang seragam. Untuk kebutuhan brand, font ini cocok untuk menceritakan brand modern atau formal.
Baca juga: 6 Rekomendasi Font untuk Logo Bisnis Makanan
SERIF FONT: Georgia
Gaya font serif memiliki tampilan huruf bersih, sederhana dan memiliki serif. Biasanya ada banyak variasi serif seperti lancip, tebal, kotak atau geometris. Gaya serif yang berbeda bisa menciptakan kesan dan makna psikologi yang berbeda untuk setiap jenis font serif. Dalam penggunaannya font serif bisa menciptakan tampilan formal, sederhana dan minimalis bergantung jenis serifnya.
Beberapa makna psikologi font untuk jenis font serif seperti:
Kepercayaan:
Gaya huruf serif bisa menciptakan kesan terpercaya karena serif bisa menciptakan tampilan formal. Pada desain logo yang menggunakan font ini brand akan tampil lebih dipercaya dan profesional. Begitu juga untuk font desain undangan formal, penggunaan font ini akan membuat desain terpercaya.
Respek:
Font serif yang tampil stabil dan bersih bisa mencerminkan respek atau hormat. Brand profesional dengan font serif yang bersih bisa mencerminkan perusahaan yang memiliki rasa hormat. Gaya serif ada yang tampil formal, yang mana akan efektif merepresentasikan brand yang profesional.
Tradisi:
Jenis font serif ini juga bisa memiliki makna psikologi yang tradisional karena serifnya menit style klasik. Gaya serif yang tidak beraturan atau agak tidak sepenuhnya lancip akan mencerminkan kesan tradisional. Tak heran brand dengan produk tradisional menggunakan jenis font serif.
Elegan:
Beberapa font serif memiliki style elegan karena huruf yang sederhana dan bersih, serta biasanya memiliki serif lancip. Gaya font serif modern biasanya efektif mencerminkan kesan elegan. Banyak font serif elegan digunakan untuk font logo brand fashion dan kecantikan.
Font serif dengan nama Georgia ini memiliki tampilan yang bersih dan retro karena bentuk serif klasik yang dimiliki. Bentuk serif pada font ini membuat teks tampil lebih formal sehingga bisa menceritakan gaya retro dan vintage. Font serif klasik banyak digunakan untuk brand bakery, fashion dan logo perusahaan yang berdiri sejak lama.
SANS SERIF: Arial
Berbeda dengan font serif yang memiliki ujung serif, font sans serif ini bersih tanpa dekorasi ujung dan pada hurufnya. Bentuk huruf font sans serif biasanya memang bersih dan sederhana seperti pada font Arial.
Huruf dalam font ini tidak memiliki dekorasi tambahan pada ujung huruf maupun batang hurufnya. Kebanyakan jenis font ini memiliki gaya modern sehingga cocok untuk branding merek modern dan teknologi. Tampilan font terkadang lebih ramah dan dan trendy. Secara umum font ini dapat menciptakan kesan seperti:
Bersih:
Font sans serif ini terkenal dengan tampilan huruf yang bersih sehingga efektif meningkatkan keterbacaan. Sebagai font logo atau font desain konten, informasi akan mudah terbaca. Penggunaan font pada ukuran juga efektif menciptakan tampilan yang bersih.
Minimalis:
Gaya huruf yang bersih juga efektif mencerminkan desain minimalis. Pada desain logo, font ini bisa membuat logo mencerminkan tampilan minimalis sehingga berkesan profesional.
Modern:
Font ini juga banyak yang memiliki gaya huruf modern yang bersih dan sederhana. Huruf yang tajam dan bersih akan efektif digunakan sebagai font brand modern atau bisnis teknologi.
Baca juga: Font Condensed untuk Tema Desain Futuristik dan Brand Modern
SCRIPT FONT: Pacifico
Gaya font ini memiliki style huruf seperti tulisan tangan yang alami dan tampak elegan. Font ini banyak yang memiliki huruf bersambung baik tipis maupun tebal. Secara umum font script dapat menciptakan kesan kreatif, elegan dan alami.
Garis alami yang tercipta sesuai tulisan tangan manusia menciptakan tampilan yang elegan. Dapat menciptakan kesan elegan atau mewah bergantung style yang digunakan. Gaya font script akan efektif untuk menciptakan kesan brand seperti:
Fancy:
Font script yang memiliki huruf latin dengan variasi font tipis akan mencerminkan kesan mewah dan elegan. Gaya huruf tipis akan menciptakan style elegan, biasanya banyak ditemui pada brand kecantikan dan perhiasan.
Happy:
Jenis font script yang tebal dapat menciptakan makna psikologi yang happy karena huruf akan terlihat bulat dan ramah. Seperti font pacifico yang memiliki huruf tebal dan bulat sehingga bisa mencerminkan kebahagiaan dan berkesan menyenangkan.
Kreatif:
Beberapa font script terkadang memiliki gaya huruf yang agak panjang dan unik sehingga bisa mencerminkan tampilan kreatif. Font script juga bisa memiliki gaya tulisan tangan yang agak kasar dan lebih alami sehingga tampil kreatif.
Baca juga: Kelebihan Font Script: 5 Alasan Mengapa Sering Digunakan
HANDWRITTEN FONT: Caveat
Gaya font ini juga memiliki huruf yang tampil seperti tulisan tangan dan menciptakan kesan ramah. Berbeda dengan font script yang lebih rapi, font ini tampil lebih berantakan atau acak sehingga lebih seperti tulisan tangan. Font ini memiliki banyak variasi mulai dari gaya yang kasual, menyenangkan dan elegan. Berikut beberapa kesan yang diciptakan oleh font handwritten, seperti:
Kasual:
Penggunaan font ini sebagai font branding bisa mencerminkan brand kasual untuk fashion dan makanan.
Ramah:
Gaya tulisan tangan dapat dimanfaatkan untuk merepresentasikan jenis brand ramah seperti makanan.
Menyenangkan:
Font ini juga bisa digunakan untuk merepresentasikan brand yang menyenangkan menggunakan font tulisan tangan.
Informal:
Gaya huruf yang tidak kaku dan cenderung tampil unik seperti tulisan tangan menciptakan kesan santai atau informal.
KESIMPULAN
Dalam membangun identitas merek yang relevan, gunakan gaya font yang bisa menciptakan karakter sesuai karakter brand. Setiap jenis font dan variasinya bisa memiliki makna psikologi yang berbeda. Perhatikan makna psikologi yang diciptakan setiap jenis font sehingga mencerminkan identitas merek yang efektif.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.