Coffee shop atau brand kopi menjadi cukup populer pada era ini, kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, untuk itu desain logonya dibuat agar dapat menghadirkan nuansa tersebut. Identitas visualnya didesain agar mencerminkan karakter posisi brandnya. Tren desain logo coffee shop modern tampil minimalis, kaya simbol, warna hangat, dan memiliki keunikan tipografi.
Gaya desain minimalis akan membuat logo kopi mewakili gaya hidup konsumen dan target pasar. Simbol dan warna yang digunakan dalam logo coffee shop kebanyak disesuaikan agar mudah dikenali dan mencerminkan identitas brand dengan baik. Gaya minimalis dengan font modern akan membuat logo coffee shop tampil estetik dan mencerminkan nuansa minum yang nyaman.
Tren Logo Coffee Shop
Desain logo untuk brand kopi kebanyakan menggunakan style logo minimalis agar nama brand mudah dibaca dan diingat. Logo coffee shop akan digunakan dalam berbagai media dan ukuran sehingga desainnya harus sederhana. Dalam beberapa logo kopi, biasanya terdapat tren desain seperti:
Penggunaan Bentuk Lingkaran sebagai Bingkai
Banyak logo kopi memiliki elemen lingkaran dalam bentuk bingkai untuk menyatukan simbol-simbol dan tipografi agar lebih rapi. Bentuk ini akan melambangkan kehangatan, kebersamaan, dan menyambut semua orang. Lingkaran dalam logo kopi juga memberi kesan rapi, seimbang, dan mudah diaplikasikan dalam berbagai media.
Dominasi Earth Tone dan Warna Netral
Banyak logo kopi yang memiliki desain minimalis menggunakan warna bumi dan netral untuk mempertahankan kesedihan. Warna earth tone yang cocok untuk brand kopi seperti hijau, coklat, hitam, dan lainnya. Warna ini akan identik dengan brand kopi, warna netral atau warna bumi akan mencerminkan kehangatan, kenyamanan, dan nuansa alami.
Ikon Kopi sebagai Elemen Utama
Untuk memudahkan audiens mengenali brand kopi dengan cepat, banyak brand kopi yang menggunakan simbol khas kopi. Beberapa logo kopi bisa menggunakan bunga, cangkir, latte art, dan biji kopi. Ikon-ikon ini akan memperkuat identitas dan membuat logo langsung dapat dikenali dalam sekali lihat.
Tipografi Variatif dan Konsisten
Untuk gaya tipografi logo kopi banyak memiliki style modern dan minimalis, agar nama brand kopi mudah diingat oleh konsumen. Logo kopi dengan font serif klasik yang elegan akan berkesan premium, sementara sans serif modern akan mewakili kesan tegas dan modern. Banyak juga yang menggunakan gaya tipografi dekoratif, namun tetap harus mengutamakan keterbacaan nama brand.
Baca juga: Perbedaan Gaya Font Script dalam Logo Brand Berbeda
Karakter Brand yang Tercermin
Setiap elemen visual dalam logo coffee shop tidak hanya untuk menciptakan estetika visual tetapi juga berguna mewakili karakter brand. Gaya elemen yang digunakan akan menciptakan karakter yang berbeda, untuk itu harus dipilih sesuai kebutuhan brand. Setiap logo coffee shop ini memiliki karakter yang berbeda yang ingin ditonjolkan melalui logonya.
Bunga Coffee
Desain logo Bunga Coffee ini memiliki style logo line art sederhana dengan ikon bunga dan biji kopi. Gaya visual ini menciptakan karakter yang menekankan elegansi dan estetika.
Ikon bunga yang dikombinasikan dengan warna merah marun akan memberi kesan premium dan artistik. Bunga dapat menjadi metafora keindahan, sekaligus menghubungkan brand kopi dengan alam.
Dengan gaya line art dengan bentuk bunga dan biji kopi, serta font sans serif berjarak ini brand coffee shop akan memiliki kesan eksklusif, modern, dan hangat.
Calthea
Style logo Calthea ini memiliki simbol berupa latte art dengan gaya sederhana dan bentuk lingkaran yang rapi. Gaya logo yang memiliki simbol latte art akan langsung mencerminkan produk kopi, serta memberi kesan nyaman dan dekat.
Ikon latte art berbentuk hati akan menunjukkan kehangatan, cinta, dan sentuhan personal dari barista. Simbol latte art memiliki kombinasi warna coklat gelap dan coklat muda yang kontras dan sederhana.
Warna coklat natural dalam logo coffee shop banyak digunakan, dalam logo ini akan memperkuat nuansa rumahan dan ramah. Gaya visual dalam logo ini menciptakan citra brand coffee shop sebagai tempat berkumpul yang nyaman, bukan sekedar tempat membeli kopi.
Baca juga: Style Logo Wordmark dengan Ikon untuk Brand Makanan
Sudut Inspirasi
Logo coffee shop ini desain minimalis dengan gaya line art yang sederhana dan warna hitam yang menciptakan kesan bersih. Tipografi serif modern menciptakan karakter brand coffee shop yang sederhana, inspiratif, dan dekat dengan keseharian.
Ikon cangkir dan uap hangat akan menciptakan nuansa coffee shop yang hangat dan nyaman, seolah ingin menunjukkan kopi adalah teman saat membaca, menulis, dan berdiskusi. Simbol cangkir kopi akan merepresentasikan identitas brand kopi dengan jelas.
Untuk gaya tipografi klasik yang digunakan dalam logo coffee shop ini berguna memperkuat kesan literasi atau citra intelektual. Gaya visual dalam logo coffee shop ini lebih fokus pada komunitas dan suasana yang membangkitkan iden, bukan sekedar gaya hidup modern.
Identity Coffee
Desain logo coffee shop ini memiliki gaya desain line art sederhana dengan kombinasi simbol cangkir dan biji kopi. Garis line art dalam logo ini agak tebal dan berbentuk geometris untuk menonjolkan keunikan dan diferensiasi.
Ikon biji kopi dalam logo kopi ini memiliki sentuhan modern sehingga mewakili identitas brand kopi modern. Warna coklat keemasan menunjukkan kesan brand kopi premium dan berkualitas.
Gaya tipografi pada simbol cangkir yang geometris cocok dikombinasikan dengan tipografi tegas dan tebal. Ini akan menciptakan kesan percaya diri dan membangun identitas brand kopi yang kuat.
Baca juga: Perbedaan Gaya Font Script dalam Logo Brand Berbeda
Simbolisme Kopi dalam Logo Kopi
Ikon dalam desain logo bukan hanya dekorasi tetapi mencerminkan filosofi, jenis brand kopi, dan target audiens. Untuk itu ikon logo kopi memiliki simbol dengan makna yang mewakili identitas bisnis, karakter, atau nuansa tertentu. Pada keempat logo kopi tersebut, setiap simbol memiliki makna tersendiri seperti:
Bunga Coffee: Logo coffee shop ini memiliki ikon kombinasi bunga dan biji kopi dengan desain sederhana. Ikon bunga akan melambangkan estetika, keindahan, dan keterhubungan dengan alam.
Calthea: Logo ini memiliki simbol berupa latte art berbentuk hati yang sederhana dan memiliki warna coklat seperti kopi latte. Latte art hati akan menyimbolkan kasih, kenyamanan, dan kehangatan suasana coffee shop.
Sudut Inspirasi: Logo ini juga menggunakan gaya line art dalam bentuk geometris oval, dengan kombinasi simbol cangkir dan uap hangat. Simbol cangkir dan uap dalam logo kopi ini akan melambangkan momen reflektif, kedekatan personal, dan ruang inspirasi.
Identity Coffee: Brand coffee shop ini memiliki gaya desain geometris yang sederhana dan bersih. Simbol cangkir dan biji kopi dalam loho akan melambangkan kreativitas, produk kopi, dan kekuatan identitas.
Kesimpulan
Logo coffee shop tidak hanya digunakan sebagai pengenal brand kopi tetapi juga mewakili karakter dan nuansa brand. Pada brand kopi, tren desain logonya berfokus pada penggunaan simbol sederhana seperti lingkaran, warna earth tone, hingga tipografi modern yang elegan dan sederhana. Setiap kombinasi elemen visual akan menciptakan karakter brand kopi berbeda entah itu hangat, elegan, atau modern.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.