Tipografi logo dalam berbagai brand harus memilih font yang menciptakan karakter brand dengan baik. Font serif banyak digunakan untuk menciptakan karakter yang mewah, elegan, dan minimalis. Gaya huruf serif yang memiliki bentuk sederhana, serif yang lancip, serta garis halus akan menciptakan kesan logo elegan.
Font serif memiliki serif yang membuatnya unik tetapi mempertahankan kesederhanaan tipografinya. Ada banyak variasi gaya font serif yang bisa menciptakan kesan berbeda pada setiap brand. Namun banyak brand lebih menyukai serif modern untuk menciptakan kesan logo yang elegan dan mewah.
Ciri dan Jenis Font Serif
Font serif memiliki gaya huruf sederhana, bersih, dan tampil halus, untuk itu sering dipilih karena menciptakan logo yang fleksibel. Berikut ciri dan jenis serif yang bisa menciptakan kesan atau karakter berbeda pada brand:
Old Style Serif: Garamond dan Palatino
Sesuai namanya ini adalah gaya font serif tradisional atau klasik, bentuk huruf serif memiliki tampilan seperti tipografi tradisional. Serif style old ini dikenal juga sebagai humanist serif.
Bentuk hurufnya menyerupai tulisan tangan klasik, dengan serif miring dan transisi tebal-tipis yang lembut. Gaya old style menciptakan kesan hangat, organik, dan ramah.
Kesan yang Diciptakan:
Gaya huruf serif yang seperti tulisan lama ini akan menciptakan kesan tradisional, berakar pada sejarah, humanis, dan bersahaja.
Font serif ini akan terlihat formal sehingga dapat membangun kepercayaan karena terlihat alami dan timeless.
Serif akan membuat brand seolah memiliki ‘cerita panjang’ dan heritage pada brand.
Brand yang Cocok: Font serif old style akan cocok untuk brand kopi, heritage, dan pendidikan.
Transitional Serif
Gaya huruf ini memiliki pengaruh perubahan gaya font dari tradisional atau old style ke gaya modern. Font serif ini memiliki kontras tebal tipis pada garis hurufnya, ini akan menciptakan serif yang lebih rapi dan tegas.
Gaya serif ini akan menciptakan kesan brand yang lebih formal dan elegan.
Kesan yang Diciptakan:
Tipografi serif yang memiliki kontras tebal tipis akan menciptakan kesan elegan, seimbang, dan berwibawa.
Gaya font ini lebih modern jika dibandingkan dengan gaya old style, namun tetap punya nilai tradisional.
Penggunaan tipografi serif transitional akan memberikan nuansa yang canggih namun tetap mudah dibaca karena sederhana.
Brand yang Cocok: Font serif yang kontras ini akan relevan untuk tipografi logo fashion, majalah, dan logo hotel. Hal ini karena serif transitional akan menciptakan kesan anggun dan elegan.
Baca juga: Perbedaan Style Font Serif dalam Desain Logo
Modern Serif: Bodoni dan Didot
Font serif modern memiliki ciri gaya huruf yang juga kontras garis tebal dan tipisnya, serifnya akan memiliki garis tipis lurus, tanpa garis melengkung.
Banyak logo brand modern menggunakan gaya font serif modern untuk membangun tampil tegas, mewah, dan dramatis.
Kesan yang Diciptakan:
Font serif modern memiliki visual yang bersih dan minimalis serta menciptakan kesan eksklusif, mewah, dan dramatis.
Tipografi serif yang digunakan pada gaya desain minimalis akan berkesan fashionable dan high-class.
Gaya font ini secara visual akan memiliki Kesan yang kuat, namun dapat sulit dibaca jika digunakan pada ukuran terlalu kecil.
Brand yang Cocok: Tipografi serif modern paling banyak digunakan untuk logo fashion, perhiasan, dan kosmetik. Serif akan membuat brand tersebut tampil mewah, elegan, dan eksklusif.
Slab Serif
Gaya huruf serif ini berbeda dari jenis font serif lainnya yang memiliki serif lancip atau runcing, serif dalam jenis font ini memiliki bentuk blok persegi yang tebal.
Font slab serif juga tidak memiliki kontras tebal tipis, ketebalan bentuk hurufnya cukup seragam. Ini membuat tipografi terlihat kuat, bold, dan bergaya modern.
Kesan yang Diciptakan:
Tipografi dengan serif blok persegi yang tebal ini seringkali memiliki gaya huruf tebal sehingga menciptakan kesan kokoh, maskulin, berani, dan modern.
Penggunaan font slab serif dalam logo brand akan merepresentasikan stabilitas, dan kekuatan industri.
Namun gaya huruf akan tampil lebih santai dibanding serif klasik tapi tetap menciptakan struktur.
Brand yang Diciptakan: Gaya serif tebal ini lebih relevan untuk logo teknologi, olahraga, outdoor brand, dan startup. Cocok untuk membuat brand memiliki karakter yang solid, modern, dan energik.
Baca juga: Mengapa Banyak Kombinasi Font Sans Serif dan Serif dalam Logo?
Analisis Font Serif dalam Desain Logo Modern
Setiap gaya serif yang berbeda pada logo brand akan menciptakan kesan unik dan berbeda. Umumnya logo modern memilih font serif modern agar menciptakan kesan mewah dan premium. Berikut analisis gaya font serif dalam beberapa logo ini:
Sienna Botanica
Logo spa atau wellness ini memiliki gaya desain minimalis dengan tipografi serif transitional. Gaya huruf serif ini memiliki bentuk yang halus, sedikit melengkung, namun tetap kokoh. Tipografi serif ini akan menciptakan citra brand yang alami, eksklusif, dan memenangkan.
Kesan Font:
Logo doa terlihat elegan namun tidak kaku, ini akan menciptakan nuansa alami yang sejalan dengan kata ‘botanica’.
Style logo inisial tersebut memiliki huruf serif yang elegan dan dekorasi daun, sehingga kombinasi ini menciptakan kesan tenang, terpercaya, dan profesional.
Gaya serif tipis dan terkontrol menciptakan atmosfer mewah tapi tetap bersahaja, tidak terlalu flamboyan.
Elvea Salon
Logo salon kecantikan ini memiliki style logo inisial dengan gaya font serif modern. Serif tampil bersih dan tipis sehingga menciptakan visual logo elegan. Gaya font serif modern akan berguna menegaskan brand layanan kecantikan nuansa estetis.
Kesan Font:
Gaya font serif untuk salon kecantikan ini menciptakan kesan glamor, canggih, dan high-class, sesuai untuk mewakili industri salon.
Style serif tipis dan garis yang kontras akan menciptakan rasa fashionable seperti brand luxury.
Kesan dramatis dan artistik pada font membuat logo salon kecantikan terasa eksklusif.
Baca juga: Bermain Kontras: Memperkuat Brand dengan Kombinasi Font Logo
Matcha Indonesia
Logo minuman ini menggunakan style logo minimalis dengan gaya font serif yang tidak formal dan kaku. Gaya huruf serif tampil seperti font old style dengan bentuk garis yang lembut, halus, dan bulat. Serif yang lembut dan bulat ini cocok mencerminkan brand minuman menekankan kesan alami dan keaslian.
Kesan Font:
Gaya font serif bulat akan menciptakan kesan brand yang organik, ramah, alami, dan bersahabat. Sesuai untuk mewakili produk matcha yang organik dan alami.
Karakter serif yang lembut akan menciptakan citra brand natural dan mudah diakses.
Font serif bulat ini tidak akan terkesan kaku, garis yang halus dan lembut akan memberi rasa hangat dan sehat.
Caraa Parfume
Logo parfum minimalis ini memiliki ikon berupa botol parfum yang sederhana dengan gaya tipografi serif elegan. Jenis font serif dalam logo parfum ini memiliki gaya huruf tebal dan tradisional seperti font slab serif. Gaya huruf serif terlihat tampak bold tetapi masih terlihat elegan.
Kesan Font:
Gaya font tebal ini membuat brand tampil kokoh dan berkelas, brand parfum akan membangun identitas yang kuat.
Kombinasi font serif dan warna emas akan menegaskan kesan mewah, premium, dan elegan.
Gaya huruf tampil lebih solid sehingga membangun citra brand parfum mewah namun powerful.
Kesimpulan
Font serif memiliki banyak jenis serif yang dapat menciptakan berbagai kesan dan karakter. Beberapa jenisnya seperti serif old style yang tampil heritage, serif modern yang mewah, hingga slab serif yang berkesan kuat. Pastikan untuk memilih gaya font serif yang sesuai identitas brand. Penggunaan font serif sering dikaitkan untuk menciptakan kesan mewah, eksklusif, dan elegan pada logo brand.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.