Penggunaan warna dalam desain logo karena setiap kombinasi warna dapat menciptakan karakter brand yang berbeda. Dalam kombinasi warna logo, kombinasi warna cerah dan warna netral akan menciptakan keseimbangan visual seperti warna merah dan hitam. Kombinasi warna merah dan hitam sering digunakan dalam berbagai desain logo terutama untuk membangun kesan profesional.
Kontras warna merah dan hitam akan memperjelas perbedaan tipografi dan simbol. Banyak logo perusahaan dan bisnis yang ingin tampil serius menggunakan kombinasi merah dan hitam. Kedua warna merah dan hitam tidak menciptakan kekuatan visual tetapi juga menciptakan identitas brand yang tegas, profesional, dan mudah diingat.
Kesan Warna Merah dan Hitam dalam Logo
Warna merah cukup efektif untuk membuat desain logo terlihat mencolok sehingga mudah untuk dikenali. Kombinasi merah dan hitam akan membuat warna logo tetap seimbang dan tidak berlebihan. Berikut kesan kombinasi warna merah dan hitam dalam beberapa logo berikut:
Baota News
Logo memiliki style logo wordmark dengan kombinasi warna merah dan hitam yang kontras. Kombinasi warna membedakan simbol dan tagline dengan tipografi utama sehingga nama brand terbaca dengan jelas.
Kombinasi warna merah dan hitam menciptakan kesan media yang tegas, aktual, dan kredibel.
Merah dalam logo news akan membuat kesan berita yang urgent, rasa segera, dan penting, sementara warna hitam akan menegaskan kesan serius dan profesional.
Kombinasi warna ini akan menekankan bahwa baota news adalah media yang dapat dipercaya, cepat, dan tegas.
Abadi Diesel
Logo ini menggunakan kombinasi simbol gear dan tipografi sans serif yang dibedakan dengan kontras warna merah dan hitam. Simbol dan tipografi memiliki kombinasi merah dan hitam yang membedakan dua kata dan garis dalam simbol.
Warna merah akan menegaskan daya dan performa mesin, sedangkan hitam akan mencerminkan kesan stabil dan profesional.
Kombinasi warna merah dan hitam akan memberi kesan kuat, maskulin, dan berdaya tahan tinggi.
Logo ini akan memancarkan citra brand yang tangguh dalam industri otomotif dan mesin.
Baca juga: Kombinasi Warna Hijau dan Logo Line art dalam Brand Kopi
Arkato
Logo perusahaan ini memiliki style logo inisial, dengan ikon inisial geometris yang tajam dan berwarna merah. Ini akan melambangkan dinamika, kekuatan, dan energi industri. Style logo dan warna merah cocok untuk mencerminkan identitas bisnis alat berat atau konstruksi.
Kombinasi warna merah dan hitam dalam bisnis alat berat akan menciptakan kesan maskulin, tegas, dan industrial.
Warna merah dan hitam yang kontras ini memberi citra brand yang kuat, handal, dan siap menghadapi tantangan besar.
Merah memberi aura semangat, sementara hitam akan menekankan solidaritas dan profesionalisme.
Karakter brand yang tercipta dalam logo perusahaan ini adalah perusahaan alat berat yang kuat, modern, dan siap menghadapi tantangan berat.
Gadstoria
Logo ini memiliki kombinasi ikon gadget dan tipografi futuristik yang tebal ini memiliki kombinasi warna merah dan hitam. Bentuk simbol gadget dan garis melengkung memiliki warna merah mencolok, sementara tipografi tebal menggunakan warna hitam. Kombinasi elemen visual dengan warna merah akan berkesan energi, inovasi, dan tren teknologi yang terus bergerak cepat.
Kombinasi warna merah dan hitam dalam logo ini akan menciptakan kesan dinamis, inovatif, dan modern.
Merah dapat mencerminkan energi dan teknologi, sementara hitam menciptakan citra elegan dan terpercaya.
Karakter brand yang diciptakan dari kombinasi warna adalah kesan toko gadget yang berani, kreatif, dan relevan dengan perkembangan zaman.
Baca juga: Beragam Penggunaan Warna Netral untuk Desain Grafis
Mengapa Kombinasi Warna Merah dan Hitam disukai?
Pada dasarnya warna merah dan hitam cukup populer sehingga banyak digunakan dalam berbagai desain logo. Ketika dikombinasikan warna merah dan hitam akan menciptakan keseimbangan visual, tidak akan membuat warna merah terlihat berlebihan. Kontras warna ini juga berguna membedakan bentuk logo, berikut beberapa alasan mengapa kombinasi warna ini disukai?
Psikologi Warna
Kombinasi warna merah dan hitam akan menggabungkan kesan berbeda, seperti merah untuk emosi, dan hitam untuk kesan rasionalitas. Warna merah akan menggerakkan audiens untuk emosional, sementara hitam akan menciptakan kesan logis dan formal. Kombinasi kedua warna ini akan membuat brand memiliki citra yang energik, berambisi (merah) namun profesional dan serius (hitam).
Fleksibilitas Visual
Kombinasi kedua warna ini menciptakan kontras yang jelas sehingga mudah membedakan teks dan ikon. Warna hitam akan mempertahankan kesederhanaan logo sehingga kombinasi warna akan menciptakan desain logo konsisten untuk berbagai media. Warna merah bisa membantu logo lebih menarik perhatian di tengah pasar yang ramai atau di antara dominasi logo modern berwarna hitam. Kombinasi ini juga akan tetap terlihat kuat dan menonjol dalam latar gelap atau terang.
Kekuatan Branding
Kombinasi warna merah dan hitam ini banyak digunakan brand besar, sehingga sudah terbukti efektivitas penggunaan warna ini. Warna merah dan hitam membuat brand besar memiliki identitas yang kuat dan mudah untuk diingat. Warna merah akan memberi kesan urgent sehingga bisa menarik perhatian mata konsumen.
Asosiasi Citra Maskulin dan Teknologi
Kombinasi warna merah dan hitam juga kerap diasosiasikan dengan kesan maskulin dan tegas. Tidak heran jika populer untuk warna logo otomotif, teknologi dan logo barbershop. Kombinasi warna merah dan hitam akan membuat logo brand memiliki kesan kuat, cepat, dan modernitas.
Baca juga: Kombinasi Warna Logo Kesehatan yang Membangun Kepercayaan
Brand yang Cocok dengan Warna Merah dan Hitam?
Kombinasi warna merah dan hitam memang sudah populer digunakan oleh brand besar. Sementara itu kombinasi warna lebih cocok untuk brand seperti:
Media dan Berita
Banyak logo media dan berita yang menggunakan kombinasi warna merah dan hitam karena akan membuat logo berita mudah ditemukan. Warna merah dalam konteks logo berita akan menekankan urgensi berita, sementara hitam berkesan profesional. Kombinasi warna ini akan membangun kepercayaan audiens pada informasi yang disajikan penting, cepat, dan terpercaya.
Otomotif dan Mesin
Dalam bidang industri otomotif, warna merah akan menekankan tenaga, energi, dan kecepatan. Warna hitam akan mencerminkan kesan otomotif yang kokoh dan tahan lama. Kombinasi warna ini cocok untuk logo industri otomotif, mesin, atau alat berat.
Teknologi dan Gadget
Kombinasi warna merah dan hitam juga cocok untuk brand teknologi dan gadget, termasuk juga logo start-up dan digital service. Merah akan memberi kesan dinamis, inovatif, dan relevan dengan perkembangan zaman. Untuk warna hitam dalam logo gadget akan memperkuat citra profesional dan modern.
Olahraga dan Energi
Kombinasi warna merah dan hitam yang tampil kuat cocok untuk logo klub olahraga atau event olahraga. Warna merah juga relevan untuk mewakili identitas perusahaan energi atau tambang. Hal ini karena kombinasi warna melambangkan kekuatan, daya saing, dan ketangguhan.
Kesimpulan
Kombinasi warna merah dan hitam populer digunakan dalam berbagai desain logo untuk menciptakan kesan kuat, energi, dan profesional. Warna merah akan menciptakan kesan urgensi dan semangat, sementara warna hitam akan memberi kesan stabil dan wibawa. Kombinasi warna ini disukai untuk logo perusahaan besar karena mempertegas profesionalisme dan kesan handal. Beberapa brand yang menyukai kombinasi warna ini seperti otomotif, barbershop, dan teknologi. Hal ini karena mampu membangun identitas yang kuat, modern, dan mudah diingat.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.