Tips Menyusun Desain Konten Media Sosial

Pada era digital ini media sosial menjadi salah satu elemen dalam banyak hal. Konten pada media sosial dapat digunakan untuk promosi acara, branding merek hingga personal dan sebagainya. Untuk meraih keberhasilan penting untuk menyusun desain konten media sosial yang menarik.

Desain untuk konten media sosial melibatkan beberapa hal seperti elemen identitas merek, tren desain hingga layout media sosial. Konten untuk media sosial harus bisa memberikan informasi dengan tampilan menarik. Desain yang menarik tentunya akan menarik perhatian audiens lebih cepat.

Banyak merek, pribadi hingga organisasi tertentu menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Desain konten menarik akan menarik perhatian audiens untuk melakukan tindakan pembelian atau ikut serta dalam acara. Selain itu desain konten yang menarik dapat dijadikan untuk membangun branding merek.

Read More

Konten yang memiliki tampilan visual juga bisa menyampaikan informasi dengan efektif. Ini memungkinkan pesan merek tersampaikan dengan tepat sasaran. Untuk itu penting mengetahui tips menyusun konten media sosial dengan menarik.

Tips Menyusun Desain Konten Media Sosial yang Menarik

Desain konten media sosial harus menarik perhatian untuk bisa membuat konten mencolok di antara banyaknya konten pada media sosial. Perhatikan beberapa tips menyusun konten media sosial yang menarik, informatif dan mudah dipahami, berikut ini:

Kenali Siapa Target Audiens dari Konten

Media sosial sangat luas termasuk jenis audiens yang dibagi kedalam beberapa kelompok. Kelompok audiens di media sosial dibagi kedalam beberapa kategori seperti umur, kalangan, kesukaan dan tingkat pendidikan. Hal seperti dapat memengaruhi kebutuhan dan preferensi audiens terhadap desain.

Anak muda cenderung suka dengan gaya desain minimalis yang bisa berfokus pada tujuan atau pesan desain. Namun ada juga beberapa anak muda yang menyukai desain yang kompleks atau desain dengan tema lucu dan warna-warni. Untuk itu penting mengenali siapa target audiens agar desainnya bisa menarik perhatian sesuai preferensi mereka.

Sederhana dan Fokus

Desain untuk konten media sosial yang bisa memberikan fokus pada informasi yang merupakan tujuan utama dari konten. Banyaknya konten di media sosial, desain hanya memiliki waktu hitungan detik untuk menarik perhatian. Desain yang sederhana akan memudahkan audiens membaca informasi penting dalam konten.

Desain yang sederhana akan menghindari kebingungan audiens. Untuk itu penting memberikan fokus utama pada desain dengan menggunakan elemen yang sederhana dan menyisakan ruang negatif. Audiens cenderung lebih mudah memahami konten yang sederhana dalam waktu yang cepat.

Gunakan Grafik dan Visual yang Menarik

Untuk membuat desain konten media sosial menarik penting untuk menyusun elemen dengan menarik. Penggunaan elemen grafis dengan visual menarik seperti infografik, ilustrasi atau warna gradien dapat menarik perhatian. Salah atau tips untuk menarik perhatian audiens adalah menggunakan desain dengan tampilan visual memikat.

Manfaatkan elemen grafis yang menarik seperti ilustrasi, foto dan lainnya yang disusun dengan menarik. Termasuk juga penambahan warna yang memikat. Jenis tipografi juga dapat memengaruhi tampilan visual desain.

Pastikan pilih elemen visual yang bisa mendukung pesan desain bukan hanya untuk memperindah visual saja. Elemen visual menarik dapat meningkatkan daya tarik konten di mata audiens.

Warna yang Memikat

Menyusun desain konten media sosial yang memikat perhatian dapat memanfaatkan warna. Ada banyak cara mengkombinasikan warna untuk menciptakan tampilan visual menarik. Gunakan kombinasi seperti kontras, gradien atau lainnya yang disesuaikan kebutuhan dan pesan desainnya.

Jika konten desain berhubungan dengan merek gunakan warna identitas merek untuk desain yang dipadukan dengan warna lain. Pastikan warna identitas merek tatap mencolok dan menjadi warna utama. Ini akan mempermudah audiens mengenali desain konten dari merek tertentu.

Pastikan juga adanya penggunaan warna kontras yang bisa memberikan kejelasan tulisan. Jangan gunakan terlalu banyak variasi atau kombinasi warna agar desain tetap sederhana dan tidak terlihat berantakan.

Gunakan Teks yang Jelas dan Singkat

Desain konten yang bertujuan memberikan informasi, pilih jenis tipografi yang memudahkan keterbacaan teks. Teks dalam desain konten yang efektif jika singkat, jelas dan padat. Pastikan teks yang singkat dapat menyampaikan informasi dengan tepat.

Gunakan ukuran foto yang dasar dan jenis font yang jelas untuk memudahkan audiens membaca informasi pada desain. Jika perlu pastikan font yang digunakan konsisten dengan identitas merek atau pada konten lainnya. Penggunaan jenis tipografi yang sama akan menciptakan identitas yang kuat.

Ciptakan Hierarki Informasi

Dalam menyusun desain konten yang menarik penting untuk memerhatikan tata letak elemen. Hal ini karena tata letak elemen dapat menciptakan hierarki informasi. Penting untuk mengatur tata letak yang tepat untuk membuat informasi penting menonjol.

Biasanya informasi penting diletakkan paling atas, kemudian diikuti dengan sub-sub informasi lainnya. Penggunaan ukuran yang besar juga dapat menunjukkan hierarki informasi. Selain itu warna dan jenis tipografi juga dapat menciptakan hirarki informasi. Audiens dapat fokus pada informasi lebih penting dahulu ketika melihat desain konten.

Gunakan Layout dan Template Menarik

Perlu dipahami jika setiap media sosial memiliki ukuran layout dan model yang berbeda. Desain konten terkadang harus dibuat kedalam beberapa versi agar mudah diterapkan pada semua media sosial.

Misalnya instagram ada beberapa layout untuk desain feeds yang bisa dijadikan inspirasi. Penting juga membuat desain konten menyesuaikan kebutuhan seperti ukuran story dan feeds yang berbeda.

Tambahkan Call-to-Action (CTA) yang Jelas

Jika desain bertujuan untuk kebutuhan promosi acara atau produk penggunaan tombol CTA atau tindakan akan sangat penting. Tombol CTA akan memudahkan audiens untuk melakukan tindakan pembelian produk, mendaftar langganan hingga keikutsertaan pada kampanye tertentu. Penggunaan tautan langsung, info kontak hingga barcode atau QR code akan memudahkan audiens.

KESIMPULAN

Desain konten untuk media sosial harus bisa menarik perhatian dalam sekali lihat, hal ini karena kecepatan orang bermain media sosial. Penting untuk selalu memantau tren desain dan media sosial untuk merancang desain konten yang menarik. Pemanfaatan elemen grafis yang menarik harus disesuaikan dengan tujuan dan identitas merek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts