Jika memerhatikan desain kemasan produk baik untuk minuman, makanan hingga produk kecantikan, setiap jenis produk memiliki gaya berbeda. Hal ini karena menyesuaikan dengan jenis produk dan bidang bisnis, agar mudah dikenali oleh audiens. Dalam menciptakan style desain kemasan yang mencerminkan jenis produk dengan baik, perhatikan beberapa tips menciptakan emosi melalui elemen visual yang relevan.
Emosi yang diciptakan dalam desain kemasan berguna merepresentasikan jenis produk dan bagaimana karakter produk. Jenis produk makanan berwarna merah misalnya akan mencerminkan kesan yang pedas dan panas. Jika desain kemasan memiliki style desain dan elemen yang tidak sesuai dengan produk akan membingungkan konsumen.
4 STYLE DESAIN KEMASAN YANG MENCIPTAKAN EMOSI SESUAI BRAND
Untuk menciptakan desain kemasan yang bisa merepresentasikan jenis bisnis atau produk, gaya desain kemasan harus diciptakan dengan menarik. Elemen-elemen visual seperti ilustrasi, gambar, warna hingga gaya font dapat menciptakan emosi atau kesan tertentu. Pemilihan style elemen visual harus disesuaikan jenis produk, seperti beberapa contohnya ini:
Kemasan yang Spicy dan Heat
Untuk produk makanan yang ingin terlihat pedas dan panas, ada beberapa elemen visual yang cocok untuk menciptakan emosi ini. Penggunaan warna, tipografi dan gambar harus relevan dan bisa menciptakan kesan pedas dan panas.
Warna: Untuk merepresentasikan kemasan yang hangat dan pedas, penggunaan warna oranye, merah dan kuning bisa menjadi pilihan terbaik. Warna merah yang gelap ataupun cerah dapat mensugestikan kemasan yang pedas dan dapat menggugah selera.
Gambar: Pada desain kemasan yang ingin terlihat pedas kombinasikan warna merah, oranye dan kuning dengan gambar yang relevan. Biasanya untuk menciptakan kemasan yang merepresentasikan pedas dan hangat, gunakan gambar seperti api, cabai dan ilustrasi makanan pedas. Ilustrasi makanan pedas yang dibuat menggugah selera dan menciptakan kesan pedas akan menarik.
Tipografi: Untuk membuat desain kemasan memiliki emosi yang hangat dan pedas gunakan tipografi dengan gaya tajam dan strong. Font tebal yang tajam dengan efek bayangan akan cocok untuk mendukung desain kemasan yang berkesan panas dan pedas.
Baca juga: Rekomendasi Penggunaan Font Bold untuk Desain Grafis
Kemasan yang Comfort dan Warmth
Desain kemasan juga bisa memiliki style kemasan yang nyaman dan hangat, biasanya ini untuk produk seperti minuman atau dessert. Style desain lebih kalem tidak semencolok untuk kemasan pada produk pedas. Tampilan visual akan lebih kalem tetapi tetap menarik dan merepresentasikan jenis produk dengan baik.
Warna: Untuk penggunaan warna yang bisa menciptakan kemasan yang warmth dan nyaman, biasanya menggunakan yang lembut. Penggunaan warna yang memberikan kesan hangat dan nyaman untuk kemasan ini cocoknya dengan warna tone bumi, pastel dan warna hangat. Kombinasi warna earth tone dan warna pastel akan menciptakan kesan nyaman dan hangat.
Gambar: Desain kemasan yang ingin menciptakan kesan nyaman dan hangat bisa menggunakan ilustrasi style retro yang sederhana. Ilustrasi grafik yang sederhana dan sesuai jenis produk akan tampil ramah, hindari menggunakan style kompleks untuk menciptakan kesan nyaman. Gambar ilustrasi buah, daun hingga bunga sederhana akan cocok menciptakan kesan ramah dan nyaman.
Tipografi: Gaya font yang ramah dan sederhana akan cocok untuk menciptakan emosi ramah dan nyaman. Font bulat yang bersih dan tebal sering digunakan untuk kemasan yang mensugestikan emosi ramah. Font ramah akan menarik perhatian audiens dan mencitrakan produk yang ramah.
Kemasan yang Mensugestikan Sehat dan Organik
Beberapa kemasan mungkin ingin memiliki tampilan yang sehat melalui style desain yang menarik. Style alami dan sehat cocok digunakan untuk desain kemasan brand skincare dan makanan organik.
Warna: Jika desain kemasan ingin tampil organik, maka penggunaan warna alam seperti earth tone yang soft dan segar akan cocok. Warna hijau dan biru yang soft akan cocok untuk merepresentasikan brand organik. Penggunaan warna-warna hijau, light blue dan putih banyak ditemui dalam desain kemasan alami dan organik.
Gambar: Untuk desain kemasan brand sehat dan organik, gambar foto produk atau bahan organik akan relevan. Gunakan juga gambar alam seperti daun atau buah untuk kemasan yang tampil sehat. Kombinasi warna hijau atau biru dengan gambar daun akan cocok merepresentasikan kemasan untuk produk sehat.
Tipografi: Untuk produk organik biasanya akan cocok menggunakan jenis font ramah, bersih dan mudah untuk dibaca. Penggunaan font sederhana seperti sans serif yang tidak terlalu tebal akan cocok untuk desain kemasan yang sehat. Terkadang font bersih dengan ujung bulat juga relevan dengan gaya desain organik.
Baca juga: 5 Kombinasi Font untuk Desain Elegan dan Mewah
Kemasan yang Elegan dan Mewah
Desain kemasan juga bisa memiliki style desain yang terlihat elegan dan mewah. Penggunaan style ini biasanya untuk merepresentasikan brand yang premium dan terpercaya. Style ini akan cocok digunakan untuk brand kosmetik, produk premium, dan kemasan perhiasan.
Warna: Untuk menciptakan tampilan elegan, kemasan bisa menggunakan warna seperti gold, silver, dan kombinasi warna gelap dan pastel. Warna yang gelap akan tampil mewah jima dikombinasikan dengan warna pastel atau emas. Penggunaan warna pastel yang muted bisa menciptakan kesan elegan dalam desain kemasan produk skincare.
Gambar: Untuk menciptakan tampilan elegan dan mewah, gambar harus sederhana seperti style line art atau siluet. Hindari menggunakan ilustrasi kompleks pada desain kemasan yang tampil mewah. Geometrikal pattern yang bersih, hanya berupa outline dan sederhana juga cocok untuk menciptakan kesan mewah.
Tipografi: Umumnya desain grafis yang tampil mewah akan menggunakan jenis font elegan dan tipis. Font yang cocok untuk desain kemasan mencitrakan kemewahan adalah font serif dan sans serif yang tipis dan elegan. Penggunaan font script latin juga menciptakan kesan mewah dalam desain grafis. Style font modern dan klasik yang bersih akan merepresentasikan kesan elegan.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Memiliki Tampilan Mewah
APA MEMENGARUHI PEMILIHAN STYLE DESAIN KEMASAN ?
Ketika memilih desain kemasan, biasanya akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti jenis produk, bidang bisnis hingga preferensi konsumen. Pertimbangkan beberapa hal yang memengaruhi style desain kemasan seperti ini:
Jenis Produk atau Bisnis
Ketika memilih style atau emosi yang diciptakan dari desain kemasan sesuaikan dengan jenis produk. Jika produk ingin menciptakan sugesti hangat dan pedas maka style desain yang mencolok akan cocok. Jenis produk makanan pedas dan organik akan memiliki style desain yang berbeda.
Terkadang jenis bisnis juga memengaruhi gaya desain kemasan, produk kesehatan dan kecantikan harus memiliki style yang merepresentasikan tampilan sehat dan terpercaya. Setiap jenis produk dan bidang bisnis yang berbeda dapat memiliki style kemasan yang berbeda.
Siapa Target Konsumen atau Audiens
Terkadang style untuk desain packaging juga menyesuaikan dengan preferensi dan minat target audiens. Memilih gaya desain yang cocok dengan minat konsumen akan efektif untuk memikat mereka untuk membeli. Tampilan desain kemasan yang menggugah selera atau menciptakan emosi tertentu bisa meningkatkan daya beli konsumen.
Setiap rentang usia atau kalangan konsumen akan memiliki style desain kemasan yang mereka sukai. Perbedaan desain kemasan untuk produk anak-anak dan orang dewasa menunjukkan jika style desain mereka berbeda. Terkadang juga kalangan atas lebih suka desain sederhana dan elegan, untuk menunjukkan kelas mereka.
Identitas Merek dan Pesan Produk
Desain kemasan suatu produk juga bisa menggunakan style desain yang merepresentasikan identitas merek. Penggunaan gaya desain yang mencerminkan identitas merek dapat membangun brand yang kuat. Elemen identitas merek yang digunakan sebagai gaya desain kemasan akan membantu konsumen mudah mengenali produk di pemasaran.
Dalam desain kemasan yang menggunakan elemen identitas merek, biasanya akan membantu menyampaikan pesan merek pada konsumen. Desain kemasan juga terkadang menggunakan style yang bisa menyampaikan pesan produk dan merek seperti ramah lingkungan. Style desain yang sesuai identitas brand akan efektif membangun branding merek yang kuat.
KESIMPULAN
Desain kemasan dapat menciptakan emosi atau kesan melalui elemen-elemen visual yang digunakan. Style desain kemasan harus dipilih menyesuaikan dengan jenis produk, preferensi konsumen dan identitas brand. Setiap pesan atau emosi dapat direpresentasikan melalui style desain kemasan yang berbeda. Perhatikan tips menciptakan emosi yang tepat untuk desain kemasan dengan memilih style desain yang relevan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.