Ide Konten Media Sosial untuk Membangun Branding Merek

Ketika ingin memanfaatkan media sosial untuk membangun identitas merek atau branding yang kuat. Untuk bisa membangun branding merek yang kuat penting untuk membuat konten yang relevan dengan tren dan merek. Ada banyak ide konten yang biasanya menarik perhatian audiens dan membuat mereka ingin tahu lebih tentang merek, ini bisa bisa berguna untuk membangun branding.

Ide untuk konten pada media sosial milik merek harus menarik untuk meningkatkan jumlah like, komentar dan interaksi. Jika engagement media sosial tinggi ini akan membantu merek mudah dikenal dan dapat dipercaya. Penggunan media sosial akan tertarik untuk menjadi pelanggan atau pengikut dari akun merek tertentu yang memiliki konten menarik.

Konten menarik bisa berisi informasi-informasi yang berguna untuk khalayak umum yang masih terkait dengan merek. Selain berisi informasi, akun dengan konten yang menghibur juga bisa menarik perhatian untuk audiens. Pastikan konten jenis apapun yang dibuat untuk meningkatkan jumlah audiens masih terkait dengan merek.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Selain ide konten, desain sangat berpengaruh dalam meningkatkan daya tarik konten. Buat apa konten informatif jika tidak bisa menarik perhatian. Untuk itu desain dan konten harus konsisten dan menarik. Simak beberapa ide konten untuk membangun branding merek atau bisnis.

Ide Konten Menarik untuk Membangun Branding Merek

Desain konten yang berguna untuk membangun branding harus bisa menunjukkan isi konten dengan baik. Sementara ide desain konten bisa didapatkan dari mengamati tren, preferensi, dan hal ingin diketahui audiens tentang merek. Berikut beberapa ide konten untuk membangun branding merek:

Konten Tutorial atauTips

Konten yang memberikan tutorial atau tips tertentu masih banyak dicari dan menarik perhatian. Hal ini karena banyak orang masih menggunakan media sosial untuk mencari informasi dengan cepat. Merek bisa membuat tutorial atau tips dalam bentuk konten yang menarik baik video atau hanya berupa infografis.

Desain tutorial yang jelas dan memudahkan audiens untuk memahami tutorial bisa memanfaatkan berbagai elemen grafis. Elemen seperti infografis, gambar, teks singkat dan lainnya akan memudahkan audiens memahami konten tutorial. Perhatikan bahwa tutorial harus singkat dan jelas karena pengguna sosial media sangat cepat dalam menggunakan media sosial.

Misalnya pada akun merek skincare bisa memberikan tutorial merawat diri dengan skincare, atau pada akun desain bisa memberikan tutorial desain yang sederhana namun banyak dicari. Konten tutorial dapat dibuat dengan foto slide pada instagram atau video singkat pada tiktok.

Fun Fact atau Informasi Penting

Ide konten yang biasanya menarik perhatian audiens seperti konten berisi informasi, fun fact atau lainnya yang berguna. Ini bisa membangun branding bahwa merek terlihat dapat dipercaya karena memberikan informasi berguna. Konten yang berisi informasi menarik atau penting harus terkait dengan merek, ini untuk menciptakan konsisten merek.

Hindari menjelaskan informasi pada caption, gunakan desain yang menarik agar menarik perhatian untuk dibaca. Orang-orang saat ini agak malas membaca tapi masih bersedia tulisan pada gambar. Untuk itu penting memberikan informasi singkat namun jelas dengan desain menarik.

Gunakan beberapa slide untuk menyampaikan informasi yang panjang, pastikan kalimat singkat namun padat. Gunakan tambahan foto untuk memberikan contoh langsung dalam menjelaskan informasi penting. Misalnya akun bisnis fashion dapat memberikan informasi terkait desain pada paris fashion week dan memberikan fun fact tentang desainnya.

Rekomendasi Produk atau Layanan

Pengguna media sosial biasanya juga menyukai konten yang memberikan rekomendasi disertai penjelasan singkat yang menarik. Orang cenderung lebih memilih melihat media sosial ketika mencari referensi karena bisa melihat langsung review orang lain. Merek bisa menarik perhatian audiens ketika bisa memberikan referensi produk atau layanan yang disesuaikan kebutuhan dan minat pengguna.

Akun untuk merek sepatu misalnya memberikan rekomendasi sepatu milik merek yang sesuai dengan kebutuhan atau kegiatan audiens. Untuk akun yang menyediakan layanan kursus atau desain bisa membuat konten yang merekomendasikan layanan terbaik mereka. Misalnya memberikan rekomendasi gaya desain yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan audiens.

Menjawab Pertanyaan dengan Konten atau Desain Menarik

Saat ini media sosial menyediakan berbagai fitur menarik untuk memudahkan akun berinteraksi dengan audiens dengan nyaman. Untuk menjawab pertanyaan audiens dengan menarik bisa dengan menggunakan desain konten yang menarik. Ini mungkin akan membuat audiens bisa lebih memahami penjelasan dan membuat akun membangun citra yang positif.

Jika tidak bisa menjawab langsung pertanyaan atau komentar audiens seperti pada fitur Q&A dan fitur menjawab komentar tiktok. Screenshot komentar dan tempelkan pertanyaan pada desain menarik pada feeds yang bisa menjawab pertanyaan. Cara ini mulai populer digunakan untuk menarik perhatian audiens.

Konten Inspirasi dari Film

Film masih menjadi hiburan yang digemari banyak orang, tidak heran ketika film populer segala hal dalam film tersebut menjadi tren. Hal yang menjadi populer biasanya mulai dari fashion, makanan, tempat wisata, sinematografi hingga desain posternya. Ini bisa digunakan untuk membuat konten yang terkait dengan film yang populer untuk menarik perhatian audiens.

Misalnya bisnis makanan bisa membuat konten yang terinspirasi dari menu makanan dalam film, seperti tutorial membuat, atau konten informasi yang menjelaskan makanan dalam film. Merek fashion bisa memberikan rekomendasi outfit yang terinspirasi dari film tersebut. Akun jasa desain bisa membedah desain poster dari film tersebut, misalnya dari penggunaan elemen dan suasana yang tercipta.

Hal-hal seperti ini dapat menarik perhatian audiens yang belum bisa move on dari alur dan cerita film. Ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan interaksi akun dengan pengguna media sosial

KESIMPULAN

Dalam membangun branding pada media sosial, ide konten yang menarik adalah aspek yang sangat penting. Pengguna media sosial cenderung aktif dalam waktu yang lama untuk mencari informasi dan hiburan. Akun merek tertentu dapat menggunakan berbagai ide konten menarik untuk meningkatkan branding dan membangun reputasi positif.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts