Jenis-jenis Tata Letak Desain Publikasi yang Umum Digunakan

0
(0)

Desain untuk kebutuhan publikasi seperti majalah, koran, hingga buku, yang mana terdiri dari banyak elemen. Banyaknya elemen teks dan gambar yang digunakan bisa membuat desain publikasi membosankan jika tata letak. Untuk menciptakan desain publikasi yang terstruktur dan rapi gunakan salah satu jenis tata letak yang tepat.

Tampilan desain publikasi bisa sulit untuk dibaca, jika tidak memiliki tata letak yang teratur dan mudah dipahami. Banyaknya tulisan yang digunakan bisa membosankan jika tidak diatur dengan bijak tata letak elemen-elemen teksnya. Mengatur elemen tidak hanya membuat tampilan rapi, tetapi juga menciptakan tampilan yang estetis dan memudahkan pembacaan.

Tata letak untuk desain publikasi biasanya memadukan gambar dan teks, agar informasi konten lebih menarik. Penggunaan jenis atau letak tertentu akan membantu dalam membuat audiens lebih mudah membaca informasi. Gunakan tata letak yang paling tepat yang bisa mendukung tampilan desain menarik perhatian. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

JENIS-JENIS TATA LETAK DESAIN PUBLIKASI

Untuk memastikan desain publikasi memiliki tata letak yang menarik dan mudah untuk dibaca, pastikan untuk memilih jenis tata letak yang tepat. Berikut beberapa jenis tata letak yang umum digunakan pada desain publikasi agar efektif:

Tata Letak Linear

Pertama, yaitu jenis tata letak linear, ini cukup umum digunakan untuk mengatur konten secara berurutan dari halaman depan hingga belakang. Tata letak ini cukup umum digunakan karena memudahkan untuk audiens bisa membaca informasi secara berurutan. Bentuk dari tata letak ini membagi halaman desain beberapa kolom atau bagian secara lurus.

Jenis tata letak linear ini bisa berbentuk horizontal maupun vertikal, yang mana elemen teks maupun gambar akan disusun dalam kolom tersebut. Tata letak ini juga seringkali digunakan untuk desain aplikasi dan konten media sosial. Penggunaan tata letak ini akan membantu elemen bisa tertata rapi dan mudah untuk dibaca.  

Baca juga: Tips Untuk Menyoroti Elemen Penting Dalam Desain Poster

Tata Letak Grid

Untuk mengatur elemen-elemen desain publikasi seperti majalah, buku atau koran bisa menggunakan garis bantu atau grid. Penggunaan garis bantu akan memudahkan untuk menyusun elemen teks dan gambar dengan sejara dan rapi. Desain publikasi yang memiliki banyak elemen bisa terlihat berantakan jika tidak menggunakan garis bantu. 

Dengan bantuan grid, elemen desain bisa tertata dengan konsisten dan tidak terlihat berantakan. Terkadang teks dan gambar yang banyak membuat desain publikasi sulit untuk terlihat rapi dan mudah untuk dibaca. Grid juga menciptakan tata letak elemen yang menarik dan memudahkan navigasi pembacaan informasi dalam desain.

Tata Letak Tabular

Untuk jenis tata letak ini berupa tabel atau kolom, elemen-elemen desain ditempatkan pada tabel. Biasanya ini digunakan untuk menyajikan data yang kompleks, sehingga lebih mudah untuk dipahami audiens. Elemen atau informasi yang disajikan dalam kolom atau tabel cenderung sederhana dan memiliki visual menarik.

Halaman desain publikasi akan dibagi kedalam beberapa kolom-kolom yang akan diisi elemen-elemen penting. Teks dan gambar akan lebih rapi ketika ditempatkan pada kolom-kolom desain yang menarik. Tampilan informasi yang kompleks akan terlihat terstruktur dengan jelas dan mudah dipahami.  

Baca juga: Desain Publikasi: Aspek Penting dan Contohnya

Tata Letak Bertingkat

Elemen-elemen dalam desain publikasi juga mengatur elemen dengan bertumpuk atau bertingkat. Tata letak ini mungkin akan membuat elemen memiliki tampilan seperti infografik pyramid. Penggunaan tata letak ini menumpuk lapisan-lapisan elemen untuk menampilkan susunan yang unik. 

Tampilan dari tata letak ini memberikan dimensi tambahan yang unik, juga menciptakan hirarki informasi yang jelas. Biasanya kolom akan dibuat berurutan dengan ukuran yang berbeda dari kecil ke besar atau sebaliknya. 

Perubahan ukuran kolom yang diatur sejajar ini akan menciptakan urutan informasi dan hirarki informasi. Tata letak ini bisa digunakan untuk memperlihatkan perbedaan judul, sub judul dan tubuh teks dalam desain. Dengan menggunakan tata letak akan membantu menunjukkan tingkat kepentingan dari elemen tersebut.  

Tata Letak Bertema

Untuk mengatur tata letak elemen terkadang juga menyesuaikan dengan tema yang digunakan. Hal ini agar tata letak bisa mendukung kesatuan dan konsistensi visual pada desain publikasi. Beberapa jenis tata letak mungkin tidak cocok dengan tema atau konsep tertentu, sehingga perlu menyesuaikan tata letak dengan tema yang diinginkan.

Biasanya untuk desain majalah atau buku dengan tema tertentu tata letaknya bisa menyesuaikan untuk mendukung tea tersebut. Beberapa jenis desain majalah dengan topik tertentu seperti fashion gaya hidup dan olahraga, biasanya memiliki ciri khas tersendiri. 

Tata Letak Jendela

Jenis-jenis Tata Letak Desain Publikasi yang Umum Digunakan

Dalam mengatur elemen-elemen desain dengan bijak untuk majalah dan buku, ada juga tata letak jendela. Jenis tata letak sudah tidak asing karena sering digunakan untuk desain publikasi. Tata letak menggunakan kotak atau panel terpisah untuk menyorot konten tertentu seperti kutipan atau gambar. 

Biasanya jendela atau panel terpisah ini akan muncul di tengah-tengah teks untuk menyoroti hal penting. Dapat berupa kutipan, gambar, hingga poin-poin penting, panel jendela ini menciptakan titik fokus visual. Ini juga berguna untuk menarik perhatian pembaca untuk membaca informasi dalam desain publikasi. 

Baca juga: Penggunaan Font Serif dalam Desain Grafis dan Keunggulannya

Tata Letak Berbasis Modular

Untuk menyusun konten dengan rapi dan konsisten bisa juga  jenis tata letak modular. Tata letak ini membagi area dalam desain kedalam beberapa kotak yang sama. Elemen-elemen teks maupun gambar diharapkan untuk ditempatkan pada elemen tersebut. Jenis tata letak ini membantu dalam mengorganisir konten dalam unit-unit yang dapat digabungkan atau dipisahkan.

Tata Letak Berbasis Aliran

Ada juga tata letak yang berbasis aliran, untuk memudahkan keterbacaan dan pemahaman informasi. Tata letak mengatur elemen agar memiliki arah pembacaan yang jelas, sehingga audiens tidak bingung ketika akan membaca informasi.

Aliran visual ini merupakan arah membaca informasi dari atas ke bawah, atau kanan ke kiri. Aliran visual dalam membaca informasi ini bisa diciptakan dengan mengatur kolom-kolom, ukuran dan tata letak teks yang strategis. 

KESIMPULAN

Dalam mengatur tata letak yang bijak dan menarik perhatian pada desain publikasi, gunakan jenis tata letak yang paling tepat. Desain publikasi yang memiliki banyak sekali elemen seperti teks dan gambar ini harus memiliki struktur yang rapi, mudah dipahami dan menarik perhatian. Pilih tata letak yang paling efektif dan sesuai dengan kebutuhan konten, seperti tata letak, linear atau grid.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts