Ragam Desain Batik Indonesia dan Kreativitas Penggunaannya

Batik merupakan salah satu seni menggambar pada kain menggunakan canting dan malam. Desain batik merupakan salah satu warisan budaya indonesia yang sudah diakui UNESCO. Batik sendiri memiliki banyak sekali ragam dan corak menarik yang diciptakan dari nilai, sejarah, cerita dan budaya yang mewakili Indonesia.

Proses pembuatan batik sendiri bisa dibilang cukup rumit dan butuh proses panjang untuk menghasilkan desain yang mengesankan. Dalam prosesnya melibatkan pembuatan pola pada kain, pembuatan pola dengan canting, hingga proses pewarnaan. Selain itu masih ada lagi proses penjemuran dan lainnya. Prosesnya yang rumit tidak mengherankan tidak semua orang bisa mendesain batik secara manual.

Pada era modern banyak pula desain batik yang dibuat secara digital. Mengingat era modern ini banyak yang suka hal instan untuk mengimbangi permintaan masyarakat batik printing sering dijadikan solusi. Biasanya harga batik printing jauh lebih murah dari batik tradisional. Teknologi memungkinkan proses pembuatan batik jauh lebih cepat dan efisien.

Read More

Melihat ada semakin banyak cara dalam membuat batik memungkinkan kreasi motif batik semakin beragam. Artikel ini akan menelusuri beberapa ragam jenis desain batik di indonesia termasuk batik printing. Serta menunjukkan berbagai ide penggunaan desain atau motif batik dalam berbagai konteks.

BEBERAPA RAGAM DESAIN MOTIF BATIK INDONESIA

Ada banyak ragam desain batik yang ada di indonesia berdasarkan motif khas daerah tertentu, mulai dari batik yang dibuat dengan cara tradisional hingga batik printing. Berikut beberapa jenis batik:

Batik Tradisional Jawa

Parang: Motif batik satu ini adalah salah satu motif klasik yang banyak ditemui sedari dulu dan memiliki makna simbolis yang dalam. Batik dengan motif ini pada zaman dulu banyak digunakan oleh para bangsawan dan penguasa, ini karena batik ini melambangkan kekuasaan dan kekuatan spiritual. Batik seiring berjalannya waktu batik bisa dipakai oleh berbagai kalangan. Motif parang ini juga ada beberapa ragam variasi yaitu parang barong, parang rusak dan parang kusumo.

Lereng: Sesuai dengan namanya motif batik ini membentuk pola-pola dan garis diagonal yang menyerupai lereng atau gunung. Motif dari batik ini memberikan kesan ilusi dimensi dan kedalaman pada kain batik. Motif pada batik ini yang vertikal ingin melambangkan kseimbangan dalam hidup. Interpretasi dari makna motif batik lereng ini berbeda-beda dalam darah dan kebudayaan yang berbeda.

Penggunaan: Desain motif batik dari Jawa biasanya banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari baju, kemeja, dress, rok bahkan untuk kain gendong. Motif kain batik juga bisa diaplikasikan pada desain lain, seperti untuk dekorasi interior. Diterapkan pada desain digital juga akan menghasilkan keindahan, contohnya untuk membuat desain konten sosial media.

Batik Pesisiran

Mega Mendung: Sesuai dengan namanya motif ini menggunakan mendung sebagai motif yang dikreasikan bersilangan untuk membentuk ilusi mendung di langit. Batik ini berasal dari daerah pesisiran Cirebon, Jawa Barat. Untuk menggambarkan nuansa langit motif ini banyak menggunakan warna biru dan putih. Motif ini merepresentasikan keberuntungan, harapan serta kebahagiaan, sehingga banyak digunakan pada acara pernikahan atau upacara keagamaan.

Kawung: Motif batik satu ini berupa bentuk geometris seperti lingkaran yang disusun tidak beraturan. Bati ini telah ada dari sejak jaman jawa kuno dan memiliki makna simbolisme yang tinggi. Pola lingkaran pada motif batik ini terinspirasi dari buah aren yang berbentuk lingkaran, yang mana dalam budaya jawa merupakan memiliki makna mendalam. Pola geometris dalam motif ini melambangkan keharmonisan.

Penggunaan: Motif batik kawung dan mega mendung ini cocok digunakan pada berbagai jenis busana karena memiliki kesan kasual. Keindahan dari motif ini bisa juga diterapkan untuk desain tas ataupun sepatu.

Batik Madura

Ceplok: Motif batik madura ini memiliki pola geometris ceplok atau kotak-kotak yang biasanya disusun secara simetris. Batik madura terkenal dengan keunikan motif batiknya yang cukup berbeda dengan jawa. Batik ini kerap kali menggunakan warna-warna cerah yang kontras, ini menambah keunikan tersendiri pada batik ini.

Slobog: Salah satu batik khas madura ini memiliki pola garis-garis melengkung yang bersilangan dan membentuk pola geometris yang unik. Motif dalam batik merepresentasikan keindahan estetika budaya madura, terutama pada polanya sering dilambangkan pada bentuk sayap burung dan inspirasi bentuk alami lainnya.

Penggunaan: Hampir sama dengan batik lainnya, batik ini juga cocok digunakan sebagai busana maupun hiasan dekorasi.

Batik Bali

Sekar Jagad: Secara umum nama dari batik memiliki arti sekar yang berarti bunga, sementara jagad adalah dunia. Batik ini sering kali menggambarkan keindahan alam, yang mana pola-polanya terinspirasi dari bentuk alam seperti bunga dan tumbuhan. Motif batik ini sering disimbolkan dengan kemakmuran, dan harmoni dalam hidup.

Sri Kuncung: Nama sri kuncung ini diambil dari burung cendrawasih. Burung ini dijadikan motif dalam desain batik khas bali, ini melambangkan keindahan dan keanggunan. Selain itu, dalam beberapa kepercayaan di bali burung ini juga melambangkan kesuburan. Motif batik ini sering digunakan dalam acara adat dan perayaan tertentu pada pakaian tradisional.

Penggunaan: Batik ini kerap diterapkan pada busana tradisional khas bali. Sering digunakan pada acara adat dan perayaan tertentu.

Batik Kalimantan Barat

Tanah Liek: Varian batik berasal dari kalimantan barat yang menjadi ciri khas dari kebudayaan dayak. Motif batik ini memiliki ciri khas yang unik menggunakan pola-pola alam seperti hewan dan tumbuhan. Pola alam yang digunakan merupakan simbol dari kebudayaan dayak, seperti burung enggang. Motif yang digunakan kebanyakan mencerminkan keseharian dan kepercayaan spiritual masyarakat dayak.

KESIMPULAN

Batik termasuk dalam desain tekstil yang mana bukan hanya sekedar menggambar pada kain tetapi merupakan seni yang rumit untuk menciptakan motif yang unik. Ragam desain Motif batik di indonesia sendiri terdiri dari banyak sekali variasi selain yang sudah dibahas di atas. Setiap motif batik di Indonesia melambangkan kebudayaan dan warisan budaya yang filosofis.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts