Desain untuk logo perusahaan, merek atau bisnis terdapat banyak jenisnya. Setiap jenis logo memiliki karakteristik dan efektivitas tersendiri. Termasuk logo deskriptif dan abstrak ini, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
Kedua memiliki karakteristik yang bisa membuat merek mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Setiap ciri logo akan membentuk keunikan tersendiri pada merek. Menerapkan nilai, tujuan dan visi merek pada sebuah logo memiliki tingkat kesulitan berbeda setiap jenisnya.
Menampilkan nilai merak pada logo yang sederhana mungkin akan lebih sulit daripada pada logo yang kompleks. Perlu diingat logo yang mudah menuai kesuksesan biasanya sederhana dan mudah untuk diingat. Inilah alasan logo deskriptif dan abstrak banyak digunakan pada logo terkenal dunia dan Indonesia.
Untuk mengenal lebih jauh tentang logo deskriptif dan abstrak perhatikan pembahasan dalam artikel ini. Artikel ini akan membahas pengertian, ciri hingga perbedaan dari logo deskriptif dan abstrak.
DEFINISI
Logo Deskriptif
Logo ini merupakan jenis desain logo yang bentuknya secara langsung menjelaskan dan menggambarkan jenis produk, layanan, atau aktivitas perusahaan. Penggunaan elemen atau ikon logo deskriptif biasanya mencerminkan elemen visual yang jelas dan mudah dikenali.
Penggunaan elemen yang mewakili jenis usaha merek dengan spesifik, akan memudahkan orang mengenali jenis bisnisnya. Ikon logo yang digunakan pada logo deskriptif, biasanya berupa gambar atau ikon yang merepresentasikan jenis produk atau layanan. Ini adalah salah satu ciri logo ini, penggunaan elemen desain untuk ikon yang jelas bisa menyampaikan pesan dengan baik.
Logo Abstrak
Logo abstrak ini adalah jenis logo yang tidak memiliki makna langsung dengan merek. Ikon logo yang digunakan tidak mencerminkan jenis produk atau layanan dari merek.
Desain logonya lebih terbuka dan bebas, orang bisa bebas interpretasikan logonya. Daripada memikirkan simbolismenya, logo ini berfokus membentuk logo yang unik dari elemen-elemen visual yang tidak memiliki makna tertentu.
Desain logo satu ini bisa menciptakan identitas yang kuat dan mendalam untuk merek. Meskipun logo tidak menyimbolkan sesuatu yang berhubungan dengan merek. Ini memberikan kebebasan pada representasi visualnya.
PERBEDAAN LOGO DESKRIPTIF DAN ABSTRAK
Kedua logo ini memiliki perbedaan yang cukup jelas. Perbedaan antara logo abstrak dan deskriptif dilihat dari cara penyampaian pesan dan cara mengenalkan identitas merek. Berikut beberapa perbedaannya:
Ciri-ciri Logo Abstrak
Non-literal: Ikon atau simbol pada logo tidak menyimbolkan suatu konsep secara langsung. Logo abstrak ini ikonnya tidak menyimbolkan objek atau gambar yang mudah dikenali orang. Bentuknya unik dan tidak menyimbolkan bentuk sesuatu.
Lebih bersifat simbolis: Logo ini biasanya menggunakan bentuk, warna dan elemen untuk menciptakan makna baru bukan yang sudah ada. Sehingga biasanya orang tidak akan mengenali bentuknya. Logo abstrak ini mencerminkan karakteristik unik dari secara tidak langsung merek. Bentuk logonya tidak mencerminkan jenis merek tetapi tetap memiliki makna penting.
Memungkinkan dimaknai yang lebih luas: Bentuknya unik dan berbeda karena sifatnya yang abstrak, membuat orang lebih bebas memaknai bentuk logonya. Bentuk logonya dapat dimaknai berbeda oleh setiap orang.
Tidak terbatas pada industri tertentu: logo abstrak ini tidak merepresentasikan jenis merek. Sehingga seringkali digunakan untuk merek yang mengekspresikan produk atau layanan spesifik. Meskipun tidak merepresentasikan merek namun bentuknya yang unik menjadi terlihat berbeda.
Ciri-ciri Logo Deskriptif
Merepresentasikan Sesuatu: Logo ini bentuk ikonnya menggambarkan jenis produk atau layanan merek. Gambar dan ikon pada logonya seringkali menggunakan bentuk yang bisa dikenali banyak orang atau umum. Penggunaan logo yang mudah dikenali akan dengan cepat membangun identitas merek yang kuat.
Jelas dan mudah dimengerti: Bentuk logo deskriptif yang jelas akan mudah dikenali. Penggunaan ikon yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari akan lebih efektif membangun kesadaran merek. Desain logo abstrak dirancang agar audiens lebih mudah mengenali jenis usaha yang ditawarkan bisnis.
Cocok Untuk Mencerminkan Jenis Bisnis: Logo ini cocok dengan jenis bisnis yang ingin menunjukkan pada pelanggan jenis usaha yang ditawarkan melalui logo. Ikon logo yang mencerminkan jenis merek akan membantu audiens mengenali jenis produk atau layanan tertentu yang ditawarkan merek.
CONTOH LOGO MEREK TERKENAL DENGAN LOGO DESKRIPTIF DAN ABSTRAK
Ada banyak logo dari merek terkenal dari kedua logo ini baik terkenal dunia maupun merek dari Indonesia.
Contoh Logo Abstrak:
Nike: Ikon logo berbentuk swoosh tersebut adalah termasuk logo abstrak. Logonya tidak mencerminkan jenis usaha yang ditawarkan. Logo ini tidak memiliki hubungan dengan merek secara langsung memainkan secara simbolis. Swoosh ini menciptakan gerakan, kecepatan dan dinamika tanpa menggambarkan produk atau layanan secara langsung.
Apple: Contohain logo abstrak adalah logo apple yang berbentuk apel yang digigit. Bentuknya sangat tidak mencerminkan jenis bisnis teknologi ini. Desain logonya abstrak tetapi memiliki simbolis tertentu yang hanya diketahui pemilik. Bentuknya yang unik dan mencerminkan kesederhanaan keunggulan desain dan inovasi.
Contoh Logo Deskriptif
Burger King: Logo bisnis makanan ini menggunakan ikon burger sebagai logo untuk mendeskripsikan jenis usaha. Bentuk burger ini membuat orang mudah mengenali jenis produk yang dijual oleh bisnis ini yaitu burger. Ikon logonya menggambarkan dengan baik jenis usaha dan bisa membangun kesadaran merek dengan kuat.
CONTOH LOGO DESKRIPTIF DARI INDONESIA
Garuda Indonesia: Desain logo maskapai penerbangan ini menggunakan bentuk burung garuda yang sederhana. Bentuk logo ini menjelaskan dengan baik nama logonya, yang mana burung garuda sendiri adalah lambang negara Indonesia. Logo ini berhasil mencerminkan merek sebagai maskapai penerbangan dari Indonesia. Sebagai lambang nasional, ikon ini mencerminkan identitas merek dan sifat nasional.
CONTOH LOGO ABSTRAK DARI INDONESIA
Gojek: Logo satu ini berbentuk titik ditengah bentuk lingkaran melengkung berwarna hijau. Bentuk logonya cukup unik dan mudah diingat meski tidak memaknai langsung jenis usaha bisnis transportasi online ini.
KESIMPULAN
Untuk menentukan akan memilih logo deskriptif atau abstrak sebagai ikon logo perlu banyak pertimbangan. Logo abstrak akan cukup unik dan berbeda dari yang lain, tapi akan membuat bisnis sulit dikenali. Sementara logo deskriptif dapat dengan mudah menjelaskan usaha yang ditawarkan merek. Pilih yang paling sesuai dengan jenis usaha. Jika masih bingung dengan jasa desain logo profesional yaitu jasa logo.id.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.