Penggunaan Tipografi Model Tradisional Pada Desain

Tipografi ada banyak sekali jenisnya, dari klasik, tradisional, hingga modern. Dalam desain tipografi memiliki peran penting untuk memberikan nilai tambah, serta memberi kesan unik. Tipografi model huruf atau aksara tradisional kerap digunakan untuk memberikan nuansa klasik berdasarkan tema desainnya.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis aksara khas berbagai negara, biasanya penggunaannya untuk membuat desain dengan tema tradisional. Menggabungkan aksara tradisional dengan huruf alphabet masa kini akan menambah kesan klasik pada desain, namun tetap bisa dibaca oleh semua orang.

Biasanya penggunaan tipografi model aksara tradisional sering dipakai pada poster film, merek usaha, hingga untuk industri kreatif seperti nama album. Poster film dengan latar zaman dahulu, pada judul posternya terkadang menggabungkan huruf alphabet dengan aksara Jawa misalnya. Desain poster akan menjadi lebih unik serta memberikan nuansa klasik.

Read More

Ada banyak sekali manfaat menggunakan tipografi aksara tradisional, terutama untuk mengkomunikasikan visual dan branding. Untuk mengetahui apa saja kegunaan penting dari tipografi model tradisional, simak artikel ini dengan baik.

BEBERAPA KEGUNAAN TIPOGRAFI AKSARA TRADISIONAL

Memberikan Kesan Elegan

Penggunaan tipografi model tradisional akan memberikan kesan elegan pada desain. Utamanya pada jenis huruf yang memiliki sejarah panjang akan memberikan kesan klasik dan elegan. Sesuai dengan hal-hal tradisional jaman dahulu biasanya elegan, begitupun pada desain hurufnya.

Memberikan Sentuhan Klasik dan Waktu

Desain tipografi juga memberikan sentuhan klasik dan waktu. Tipografi model tradisional akan memberikan desain keindahan yang tak lekang oleh waktu. Desain merek yang menggunakan huruf tradisional menggambarkan sentuhan klasik dari merek tersebut.

Misalnya pada merek dari Jepang yang menggunakan tipografi aksara Jepang ini akan menciptakan kesan klasik ala negara tersebut. Dari melihatnya saja desain tipografi yang dipakai, kita langsung tahu merek ini dari Jepang.

Mewakili Nilai-Nilai Bersejarah dan Budaya

Penggunaan tipografi model aksara tradisional juga bermaksud untuk mewakili nilai-nilai sejarah dan budaya pada desain. Banyak ditemui pada poster film, serial televisi dan lainnya. Pemilihan tipografi klasik biasanya menggambarkan pula terkait layar cerita yang masih berkaitan dengan nilai sejarah dan budaya tradisional.

Penggunaan elemen-elemen yang mengandung nilai sejarah dan budaya akan membuat desain terlihat klasik dan dapat menyampaikan pesan dengan baik. Sekaligus melestarikan nilai budaya dan sejarah melalui penggunaan aksara tradisional. Biasanya juga digunakan pada merek yang mewakili tradisi dan warisan budaya.

Memperkuat Identitas Merek

Manfaat lain dari penggunaan tipografi tradisional ini juga membantu dalam branding merek. Desain yang memiliki tipografi unik akan mudah untuk membangun identitas merek yang kuat.

Logo dan konten untuk pemasaran yang menggunakan jenis huruf klasik dan elemen tradisional, akan membantu menciptakan desain yang unik dan mudah diingat. Dengan ini merek akan mudah dibedakan dari yang lain, serta memiliki kesan profesional dan kokoh.

Sesuai Dengan Bisnis Formal

Tipografi ini biasanya juga memberikan kesan formal dan profesional. Maka penggunaan tipografi ini akan memberikan merek usaha memiliki kesan formal.

Pada industri yang tradisional penggunaan tipografi aksara tradisional ini dianggap lebih sesuai. Ini karena akan sesuai dengan konsep tradisional bisnis tersebut dan membantu menciptakan kesan profesional dan formal.

Memudahkan Keterbacaan

Meskipun menggunakan gabungan jenis huruf tradisional, biasanya tetap dirancang agar mudah dibaca dan dipahami oleh audiens secara umum. Beberapa huruf tradisional juga dibuat dengan jelas agar mudah dibaca.

Selain ingin menyampaikan pesan melalui tipografi tradisional. Penggunaan juga harus mempermudah keterbacaan konten.

Menggabungkan Sentuhan Modern dan Klasik

Penggunaan tipografi ini biasanya menggabungkan dua jenis huruf, yaitu huruf modern dan aksara tradisional. Ini bertujuan agar desain tulisan mudah dibaca bahkan oleh orang modern.

Bentuk tipografi tidak harus tampak kuno, penggabungan dua jenis tipografi akan menciptakan desain yang unik. Biasanya yang merancang tipografi model aksara tradisional akan menggabungkan huruf tradisional lada huruf modern dengan cara yang inovatif. Ini untuk menghasilkan desain tipografi yang memiliki nilai tradisional dan sentuhan modern.

Memberikan Nuansa Berkelas pada Desain Print

Desain tipografi ini akan membuat hasil cetak yang lebih tampak berkelas dan klasik, misalnya pada brosur, pamflet atau undangan. Tipografi ini akan memberikan nuansa berkelas dan eksklusif.

Desain dengan nuansa ini tidak akan ditemukan pada desain dengan huruf modern. Penggunaan tipografi ini juga bisa memberikan nilai plus dimata audiens.

Menghadirkan Karakter dan Unik

Setiap jenis huruf tradisional dari berbagai daerah dan negara, memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda. Ciri khas ini akan menghasilkan dengan keunikan yang berbeda setiap jenis tipografi model tradisional.

Karakter pada huruf tradisional juga akan membuat desain berbeda dari yang lain karena memiliki sentuhan unik. Pada penggunaan yang tepat karakter unik huruf tradisional akan menciptakan kesan yang kuat.

Ketahanan Terhadap Perubahan Mode

Tipografi model tradisional juga tahan terhadap pada perubahan tren dan mode dalam desain. Orang akan tetap menggunakan desain tradisional untuk menciptakan nuansa jaman dahulu yang klasik. Apalagi di tengah konsep futuristik era modern, tipografi tradisional akan menonjol.

CONTOH TIPOGRAFI JENIS HURUF TRADISIONAL

Contoh Tipografi aksara Korea

Penggunaan Tipografi Model Tradisional Pada Desain

Tipografi aksara Jepang

Tipografi Aksara Jepang

Tipografi aksara india

Tipografi Aksara India

KESIMPULAN

Dengan memahami kegunaan dan manfaat dari penggunaan tipografi model aksara tradisional, akan membantu desainer menciptakan karya unik dengan sentuhan klasik. Setiap model aksara memiliki ciri khas dan mewakili nilai kebudayaan tertentu. Desain yang unik akan mudah menonjol di tengah banyak tren futuristik era modern.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts