Mockup: Pengertian dan Manfaat Mockup dalam Desain Grafis

Dalam dunia desain, terkadang suatu desain seperti poster, logo, atau kemasan perlu visualisasi realistis. Mockup sering digunakan untuk memberikan visualisasi nyata suatu desain, mockup memiliki manfaat untuk memperkirakan hasil desain ketika sudah dicetak.

Ini akan membantu untuk melihat apakah desain terlihat bagus atau tidak ketika sudah dicetak dalam bentuk fisik. Selain itu mockup juga digunakan sebagai katalog yang akan memudahkan orang melihat perkiraan hasil desain. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang definisi dan manfaat mockup dalam desain grafis, simak penjelasan dalam artikel ini.

Apa itu Mockup?

Mockup merupakan elemen visual yang digunakan untuk merepresentasikan visual dari desain. Ini akan membantu untuk menunjukkan bentuk desain yang akan terlihat dalam dunia nyata. Mockup ini merupakan versi tiga dimensi dari suatu desain, yang biasanya desain akan ditempatkan di lingkungan atau benda sehari-hari sesuai kebutuhan desain.

Read More

Biasanya mockup digunakan untuk melihat desain kemasan, papan iklan, kaos hingga banner. Ada banyak jenis mockup yang bisa digunakan oleh desainer, untuk memberikan gambaran realistis untuk klien. Mockup sering digunakan merepresentasikan desain kemasan pada klien, ini akan memudahkan klien memiliki gambaran bagaimana desain diaplikasikan pada berbagai media.

BEBERAPA MANFAAT PENGGUNAAN MOCKUP PADA DESAIN

Mockup memiliki beberapa manfaat dalam dunia desain grafis, visualisasi bentuk 3D ini memudahkan siapapun untuk melihat gambaran realistis dari desain. Berikut beberapa manfaat mockup lainnya:

Visualisasi Realistis

Salah satu manfaat utama dari penggunaan mockup akan membantu melihat desain apakah terlihat jelas dan cocok dalam bentuk nyata. Adanya visualisasi yang realistis ini akan membantu melihat fleksibilitas desain pada berbagai media.

Desainer bisa memberikan visualisasi pada klien bahwa desain yang dibuat responsif dan dapat terlihat jelas. Mockup akan membantu melihat seberapa baik desain terlihat dalam kehidupan nyata, biasanya desain digital akan diaplikasikan pada bentuk mockup tertentu.

Pendekatan Praktis untuk Klien

Mockup kerap digunakan pada presentasi, ini akan memberikan gambaran hasil desain pada klien. Penggunaan mockup dapat menunjukkan desain dengan lebih menarik dan tampak realistis, sehingga klien mudah memahami dan melihat bentuk desain.

Desain yang diterapkan pada mockup akan membantu melihat bentuk desain bentuk sehari-hari. Pada presentasi, klien dapat membayangkan bagaimana desain terlihat dalam kehidupan sehari-hari dengan adanya mockup. Bentuk realistis ini akan membantu klien mengambil keputusan terkait desain.

Untuk menguji desain Responsif pada Berbagai Media

Dalam desain penting untuk melihat apakah desain bisa responsif pada berbagai media, ini karena desain yang responsif akan membantu desain menjangkau audiens yang luas. Untuk menguji responsivitas bisa menggunakan mockup, ada banyak jenis mockup yang bisa digunakan.

Dengan mockup desainer bisa menguji apakah desain akan responsif dan tetap terlihat jelas pada berbagai media dan perangkat keseharian. Penggunaan mockup akan membantu untuk memastikan desain bisa terlihat jelas pada media cetak seperti buku, papan toko, atau kemasan. Selain itu juga bisa digunakan melihat seberapa responsif pada media digital, seperti situs web, aplikasi dan lainnya.

Efisiensi dalam Proses Desain

Mockup sering digunakan untuk melihat bentuk tiga dimensi dari desain dalam bentuk digital untuk memberikan gambaran realistis. Adanya mockup ini memungkinkan desainer tidak perlu membuat katalog versi cetak untuk memperlihatkan bentuk desain.

Sehingga untuk memberikan gambaran awal bisa melihat melalui mockup, terlalu banyak mencetak bentuk desain untuk melihat bentuk nyatanya dapat membuang-buang waktu dan tidak efektif.

Desainer pun bisa lebih fokus untuk merancang desain konsep desain yang kreatif. Desainer bisa membuat prototipe fisik setelah benar-benar yakin dengan melihat hasil mockup.

Pengujian Desain dengan Mudah

Mockup memungkinkan desainer untuk menguji desain sebelum dicetak atau diaplikasikan pada media dan perangkat tertentu. Dengan menerapkan hasil desain pada desainer bisa melihat seberapa baik desain terlihat pada bentuk nyata tiga dimensi.

Dari hasil mockup desain bisa melihat kemungkinan desainnya akan terlihat pada bentuk nyata. Ini juga dapat membantu desainer melakukan perbaikan dan perubahan langsung.

Pengujian dengan mockup tidak perlu membuang bentuk cetak aslinya jika desain belum terlihat sempurna. Sehingga eksperimen pada ini akan menghemat biaya pengujian desain.

Pendapat dan Umpan Balik yang Lebih Baik

Penggunaan mockup untuk memperlihatkan visualisasi desain pada kehidupan nyata akan membantu untuk meminta pendapat orang layan atau klien tentang desain. Adanya gambaran fisik akan memudahkan orang menilai apakah bisa responsif pada berbagai media atau tidak.

Mockup akan memudahkan proses penilaian dengan lebih realistis dan mendetail. Orang yang dimintai pendapat dapat memberikan masukan yang aliran dan mendetail dari melihat gambaran desain pada mockup.

Presentasi Portofolio yang Lebih Menarik

Mockup seringkali digunakan pada presentasi portofolio baik untuk klien atau investor, ini akan meningkatkan daya tarik pada portofolio. Adanya gambaran nyata tentang suatu produk pada bentuk mockup, akan memudahkan mereka menilai.

Penggunaan mockup pada presentasi portofolio dapat menampilkan desain dengan versi nyata dalam bentuk digital. Ini akan memberikan gambaran realistis pada bentuk desain di kehidupan sehari-hari.

Penyesuaian Desain yang Mudah

Mockup juga membantu desainer untuk menyesuaikan desain lagi, jika pada bentuk mockup terlihat kurang menarik. Desainer dapat melihat dengan cepat dan efisien jika ada perubahan tertentu pada desain memengaruhi tampilan pada mockup.

Jika tampilan akhir pada mockup masih terlihat kurang, desainer bisa langsung melakukan perubahan. Mockup melihat kekurangan desain pada bentuk nyata dan bisa langsung memperbaiki tanpa perlu memulai dari awal lagi.

KESIMPULAN

Mockup digunakan untuk melihat visualisasi realistis dari desain ini memiliki banyak manfaat dalam dunia desain. Mockup sering dijadikan alat untuk mempresentasikan suatu desain dengan lebih nyata pada klien atau perusahaan. Desain yang diterapkan pada mockup memungkinkan untuk melihat bentuk desain dalam kehidupan keseharian. Termasuk desain untuk kemasan, poster, papan iklan, hingga papan perusahaan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts