Metode dalam Menciptakan Desain Grafis

Dalam desain grafis ada langkah atau untuk menciptakan desain grafis. Metode ini merujuk serangkaian langkah dan pendekatan yang bisa dijadikan acuan dalam menciptakan desain yang efektif. Adanya metode bisa memudahkan desainer menentukan langkah-langkah yang tepat ketika menciptakan desain grafis.

Ada serangkain proses yang terlibat dalam metode menciptakan desain grafis. Mulai dari perancangan konsep, mengatur tata letak, memilih elemen desain dan lainnya. Penting untuk mengikuti serangkaian proses dalam desain agar dapat mengkomunikasikan pesan dengan efektif.

Setiap desain grafis memiliki tujuan tersendiri sehingga dalam proses perancangannya perlu disesuaikan kembali. Agar tujuan pesan tersampaikan dengan baik dalam desain grafis. Untuk itu mengetahui metode dalam penciptaan desain grafis akan membantu untuk menciptakan desain sesuai tujuan.

Read More

Dalam serangkaian proses menciptakan desain, biasanya melibatkan elemen desain seperti, warna, tipografi, gambar hingga garis. Elemen-elemen yang digunakan pun disesuaikan dengan kebutuhan desain. Artikel ini akan membahas bagaimana metode dalam menciptakan desain secara umum.

BEBERAPA METODE UMUM DALAM DESAIN GRAFIS

Langkah-langkah dalam menciptakan desain akan memudahkan bagi pemula untuk merancang desain dengan efektif dan efisien. Memahami metode dalam menciptakan desain akan membantu desain yang efektif menyampaikan pesan. Berikut beberapa metodenya:

Penelitian dan Pengumpulan Informasi

Sebelum mulai membuat desain penting untuk melakukan pemahaman mendalam tentang kebutuhan klien atau audiens. Melakukan riset mengenai kebutuhan klien, audiens hingga pasar dan tujuan dari desain akan membantu menciptakan desain yang efektif.

Riset dapat dilakukan dengan melakukan pengumpulan informasi dari klien atau mencari data dari internet. Melakukan pengumpulan data tren pasar tentang desain akan memudahkan menciptakan desain yang relevan. Desain juga mudah diterima oleh audiens jika sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Penting juga memahami dengan baik kebutuhan klien akan desain, pastikan desainnya sudah sesuai dengan harapan mereka. Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi akan sangat berguna dalam proses merancang desain.

Penciptaan Konsep

Setelah melakukan riset dan mengumpulkan data terkait kebutuhan audiens dan tren, langkah selanjutnya adalah menciptakan konsep desain. Konsep atau ide desain ditentukan dari hasil riset dengan mempertimbangkan kebutuhan audiens.

Konsep yang dirancang dengan baik dan mempertimbangkan banyak hal akan efektif dalam menyampaikan pesan. Biasanya dalam proses merancang konsep ini akan dimulai merancang konsep secara garis besar terlebih dahulu. Kemudian nantinya konsep awal tersebut akan dikembangkan agar bisa lebih matang dan siap direpresentasikan.

Merancang Desain

Konsep yang sudah dirancang dengan mempertimbangkan hasil riset dan aspek penting lainya sudah bisa dibuat desainnya secara utuh dan matang. Dalam proses merancang desain ini melibatkan banyak elemen desain. Yang mana dalam dunia desain ada banyak elemen yang dipilih akan memengaruhi hasil desain.

Penting untuk menggunakan elemen yang sesuai dengan konsep desain, baik dari segi ikon, gambar, tipografi, hingga warna yang digunakan. Misalnya desain dengan konsep futuristik dapat menggunakan elemen desain bertema serupa. Sehingga akan menghasilkan desain yang konsisten dengan tema.

Tata Letak (Layout)

Dalam merancang desain ada salah satu langkah penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja yaitu tata letak. Tata letak pada elemen sangat penting untuk menciptakan desain yang seimbang, efektif dan menarik perhatian. Menyusun elemen-elemen desain seperti teks, gambar dan warna dalam desain perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Hal ini karena dalam mengatur tata letak dapat memengaruhi kejelasan pesan. Tata letak teks akan menciptakan hirarki informasi, sehingga informasi penting dapat dengan mudah dibaca oleh audiens. Dengan mengatur tata letak yang seimbang dan menarik, akan menciptakan dampak visual yang kuat, pesan desain pun tersampaikan dengan mudah.

Pemilihan Warna dan Tipografi

Pemilihan warna dalam merancang penting adalah metode merancang desain yang juga krusial. Warna dapat memengaruhi suasana desain dan menciptakan mood tertentu. Beberapa warna bahkan bisa memengaruhi pesan desain, hal ini karena setiap warna memiliki makna.

Selain itu, setiap warna dapat memberikan kesan tertentu ketika dipadukan dengan gambar atau ikon tertentu. Penting untuk memilih palet warna yang tepat agar pesan desain efektif tersampaikan pada audiens.

Penting juga memilih tipografi untuk menciptakan desain dengan kesan tertentu. Jenis tipografi terkadang dapat mempengaruhi tampilan desain dan keterbacaan informasi pada teks. Teks dengan model huruf elegan akan menunjukkan kemewahan, sementara teks sederhana akan lebih mudah dibaca.

Penggunaan Software Desain Grafis

Dalam proses penciptaan desain biasanya menggunakan perangkat lunak, untuk memudahkan mendesain dengan efisien. Beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mendesain pada komputer atau laptop adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Coreldraw. Aplikasi ini digunakan untuk mendesain banyak hal mulai dari desain logo, ilustrasi, poster dan sebagainya.

Sementara untuk mendesain menggunakan smartphone bisa memanfaatkan aplikasi seperti Canva dan Ibis paint. Pada era teknologi ada banyak platform dan aplikasi untuk menciptakan desain dengan efisien untuk berbagai kebutuhan. Kemudahan memungkinkan mendesain untuk keperluan cetak maupun digital bisa dilakukan dengan mudah, termasuk dalam membuat, mengedit dan mendistribusikan desain.

Pengujian dan Revisi

Dalam metode pembuatan desain, ini juga melibatkan proses untuk menguji desain dan melakukan revisi apabila ada kesalahan. Menguji desain ini penting untuk memastikan jika desain bisa responsif dalam berbagai penggunaan. Desain yang responsif apabila tetap berkualitas tinggi dan terlihat jelas dalam penggunaan untuk berbagai media dan platform.

Pengujian desain juga berguna untuk melihat reaksi klien atau audiens terhadap desain, jika sekiranya klien belum merasa puas bisa dilakukan perbaikan. Audiens bisa memberikan saran yang bisa digunakan untuk penyempurnaan desain.

KESIMPULAN

Dalam merancang desain grafis yang efektif menyampaikan pesan sesuai tujuannya perlu memperhatikan metode atau langkah mendesain. Perlu dipahami juga metode umum ini akan perlu dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan desain. Sehingga akan tercapai desain yang efektif sesuai kebutuhan. Penting untuk selalu melakukan modifikasi metode dan mencari pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan desain.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts