Mengenal Desain Doodle: Kreativitas yang Abstrak dan Unik

Dalam dunia desain ada banyak sekali jenis karya seni yang dibuat terkadang ada beberapa karya yang tidak memiliki tujuan khusus. Pernahkah kamu mendengar istilah gambar doodle, ini adalah salah satu karya desain yang cukup unik. Desain doodle adalah karya seni yang merupakan bentuk kreativitas spontan tanpa perencanaan.

Doodle seringkali dibuat hanya untuk menciptakan karya dengan tampilan menarik dan unik. Tidak ada aturan khusus dalam pembuatan doodle. Pada awalnya doodle dibuat tanpa sengaja dengan coretan-coretan yang dibentuk berbagai bentuk. Seiring berjalannya waktu doodle ini terus berkembang dan sekedar coretan menjadi karya seni yang menarik.

Desain doodle mulai dikembangkan dan diakui untuk diterapkan dalam berbagai konteks. Mulai dari untuk sekedar dekorasi, poster hingga berbagai kebutuhan lainnya. Banyak orang mulai ingin menciptakan doodle untuk membuat karya desain yang unik dan berbeda.

Read More

Untuk mengenal lebih jauh tentang Doodle beberapa hal penting yang akan dibahas dalam artikel ini. Mulai dari definisi, sifat desain, hingga penggunaan desainnya pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Desain Doodle?

Nama doodle ini mungkin sudah tidak asing, Doodle sendiri merupakan gambar atau coretan yang dibuat tanpa perencanaan atau berdasarkan aturan tertentu. Dalam pembuatannya ini melibatkan garis-garis acak, bentuk sederhana bahkan terkadang menggunakan kata atau tulisan. Penggunaan tulisan pada desain doodle dibuat dengan menarik diberi hiasan dan dekorasi.

Desain doodle memang tidak dibuat dengan tujuan khusu yang terencana, tetapi biasanya menggambarkan pemikiran, suasana atau perasaan pada saat itu. Doodle lebih kepada menunjukkan kebebasan berekspresi pembuatnya yang dituangkan kedalam seni doodle.

Sifat Khas Desain Doodle

Desain doodle meskipun tidak memiliki tujuan atau perencanaan yang jelas ketika membuatnya, namun memiliki beberapa ciri dan sifat yang khas. Karakteristik yang khas pada doodle ini membuat desainnya menjadi berbeda dan unik.

Spontan: Desain doodle ini seringkali dibuat dengan spontan tanpa adanya perencanaan sebelumnya. Bagi yang menciptakan doodle terkadang tidak berencana membuat doodle. Doodle dibuat tanpa merencanakan bagaimana model gambarnya akan dibuat atau pesan yang ingin disampaikan.

Proses pembuatan desainnya mengalir begitu saja, tanpa ada paksaan tujuan dan bentuknya. Desain yang dibuat tanpa perencanaan biasanya akan menghasilkan bentuk yang kreatif dan unik tanpa memiliki batasan aturan.

Sederhana: Desain Doodle dibuat tanpa rencana dan cenderung menghasilkan desain yang sederhana. Meskipun doodle dalam penggunaan elemen seperti garis, bentuk dan lainnya tidak membuat desainnya menjadi rumit. Desainnya yang sederhana mungkin banyak terperangah karena pembuatannya yang spontan tanpa rencana. Hasil desain doodle mungkin sederhana tetapi tetap memiliki desain yang menarik perhatian.

Penggunaan dan Manfaat Desain Doodle

Pada awalnya doodle memang hanya untuk dijadikan karya seni tanpa memiliki tujuan tertentu. Kemudian seiring waktu doodle terus meraih popularitas kemudian mulai dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Meningkatkan Kreativitas Pribadi

Salah satu manfaat dari membuat desain doodle adalah untuk meningkatkan kualitas desain pribadi. Ketika seorang desainer sering membuat doodle ini akan membantunya melatih kreativitas, sehingga memungkinkan ketika membuat desain lain menjadi lebih mudah. Hal ini karena membuat desain doodle membutuhkan kreativitas yang tinggi.

Ada banyak manfaat dari berlatih menggambar doodle selain untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas desain. Membuat desain doodle juga membantu untuk meredakan stress, menjernihkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

Seni pada Catatan

Desain doodle juga kerap dibuat untuk menciptakan seni yang unik pada catatn atau sketsa. Doodle saat ini banyak digunakan untuk menghias catatan agar tidak memberikan kesan yang membosankan. Ini akan memberikan kesan yang kreatif dan memberikan sentuhan persona pada suatu karya.

Doodle pada era mulai banyak digunakan pula untuk menghias berbagai hal termasuk planner atau cover dari buku catatan. Desainnya yang unik dan memiliki kesan artistik sangat cocok untuk digunakan sebagai hiasan untuk buku.

Elemen Desain Grafis

Pada era ini desain terus dikembangkan untuk digunakan menghias berbagai hal, termasuk doodle. Desain doodle banyak digunakan untuk menghiasi berbagai barang pada era ini. Doodle telah diadopsi sebagai elemen dekoratif dalam desain grafis, ini memungkinkan desain diterapkan pada berbagai aspek.

Bentuk desainnya yang memberikan kesan kreatif membuat doodle kemudian diterapkan pada banyak hal. Mulai dari untuk menghias kartu ucapan, merchandise, poster, bahkan ada yang dibuat untuk menghias barang seperti case untuk smartphone. Doodle era ini telah diterapkan pada berbagai hal untuk memberikan sentuhan artistik.

Media Sosial dan Ilustrasi Digital

Doodle yang terus digemari oleh banyak orang membuatnya banyak dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Ini termasuk digunakan untuk membuat konten kreatif di media sosial dan platform online lainnya. Banyak ditemui doodle di media sosial dalam bentuk ilustrasi untuk menarik perhatian audiens.

Desain doodle kerap dipilih untuk digunakan sebagai konten, karena memberikan kesan ramah dan menghibur. Banyak orang di media sosial menggunakan doodle untuk beragam hal mulai hiburan, pemasaran atau konten kreatif.

Merchandise dan Produk Kreatif

Bentuk doodle yang ramah dan menghibur terkadang juga memberikan kesan estetika ini cocok digunakan untuk desain merchandise. Desain doodle dapat memberikan nuansa yang unik pada desain barang. Penerapan desain doodle untuk dekorasi barang banyak dijadikan pilihan untuk memberikan tampilan menarik.

Banyak orang suka dengan penggunaan desain doodle untuk menghias barang seperti gantungan kunci, tas totebag, gelas hingga kaos dan barang-barang kreatif lainnya. Desain doodle yang unik dan cenderung abstrak ini bisa menarik perhatian dan minat orang pada barang tersebut.

KESIMPULAN

Doodle adalah wujud dari seni yang sederhana namun dapat menarik perhatian karena bentuknya yang terkesan kreatif. Meskipun sederhana desainnya bisa memiliki daya tarik yang unik. Dalam pembuatannya doodle tidak dibatasi aturan dan terkadang tanpa perencanaan yang jelas. Pada era doodle sudah mulai banyak digunakan sebagai hiasan pada berbagai barang untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts