Dalam bidang kesehatan terdapat pula penggunaan elemen-elemen yang khas seperti simbol plus atau warna hijau dan biru. Warna yang khas pada logo brand kesehatan biasanya memiliki kesan yang tenang, aman dan sehat. Warna logo kesehatan seringkali populer dengan warna hijau, biru dan putih, kombinasi warna tersebut bisa menciptakan kesan tenang dan aman.
Berbagai logo kesehatan untuk rumah sakit, apotek, dan klinik kesehatan memiliki ciri desain yang khas. Penggunaan simbol-simbol terkait kesehatan akan mudah dikenali serta menjadi identitas yang kuat. Termasuk juga dalam menggunakan lambang kesehatan dapat menggunakan warna yang relevan.
WARNA LOGO KESEHATAN
Logo kesehatan banyak menggunakan warna seperti hijau, biru dan putih, kombinasi ketiga warnanya pun banyak digunakan. Pemilihan warna biru dan hijau dalam brand kesehatan karena warna memiliki kesan yang terpercaya, tenang dan bersih. Variasi warna hijau dan biru dari yang terang hingga gelap banyak ditemui dalam logo kesehatan.
Pastikan memilih warna yang tepat untuk logo kesehatan sehingga menciptakan desain logo yang mudah dikenali. Branding kesehatan identik dengan kesan terpercaya, sederhana dan simbolik. Penggunaan simbol dan warna yang populer dalam logo brand kesehatan akan efektif.
MAKNA SIMBOLIK WARNA LOGO KESEHATAN
Ada beberapa warna yang bisa digunakan sebagai simbol logo kesehatan dengan berbagai makna dan nuansa. Penting juga memilih warna yang tepat dengan makna yang simbolik seperti:
Biru
Warna ini termasuk yang populer digunakan pada berbagai logo untuk brand kesehatan, tak hanya rumah sakit, tetapi logo apotek juga hingga perusahaan obat-obatan. Biru bisa melambangkan kepercayaan, keamanan dan kesan brand profesional. Biasanya logo rumah sakit, perusahaan farmasi hingga layanan asuransi kesehatan sering menggunakan warna biru.
Hijau
Warna hijau juga termasuk warna simbolik untuk logo kesehatan, penggunaan warna hijau cukup populer bersama warna biru. Hijau umumnya identik dengan kesegaran, pertumbuhan dan penyembuhan. Bisnis kesehatan yang berfokus pada kesehatan alami seperti terapi alternatif atau produk obat organik akan relevan. Hal ini karena hijau memiliki koneksi dengan warna alam dan kesejahteraan.
Putih
Selain menggunakan warna dingin, brand kesehatan juga sering menggunakan warna netral seperti putih. Warna putih akan menciptakan desain yang bersih, minimalis dan lembut. Warna putih akan memberi makna kemurnian, kebersihan dan kesederhanaan dalam logo kesehatan. Kebanyakan klinik dan fasilitas medis menggunakan warna putih sebagai warna logo atau latar belakang yang dominan.
Merah
Tak hanya warna dingin, penggunaan warna hangat seperti merah juga bisa digunakan dalam logo brand kesehatan. Warna merah dalam logo kesehatan berguna merepresentasikan energi, urgensi dan perhatian.
Dalam logo kesehatan gunakan warna merah dengan hati-hati sehingga efektif. Biasanya akan digunakan sebagai warna aksen dengan warna biru atau hijau, maka akan kontras. Penggunaan warna merah dalam branding kesehatan bisa berfokus pada pelayanan darurat atau kampanye kesehatan.
Oranye
Sementara warna hangat seperti oranye bisa memberi kesan hangat, optimis dan vitalitas. Penggunaan warna akan memberi kesan brand yang ingin tampil ramah dan mudah diakses, contohnya untuk logo rumah sakit dan apotik. Warna oranye bisa dikombinasikan dengan warna biru atau hijau sebagai aksen untuk memberi kesan ramah.
Baca juga: 5 Kombinasi Dua Warna Monokrom dalam Desain Logo
CONTOH WARNA POPULER DALAM LOGO KESEHATAN
Branding kesehatan dalam desain logo kesehatan harus tampil menarik dan memberi kesan tenang dan terpercaya. Kombinasi beberapa warna populer seperti hijau, biru dan putih akan menciptakan desain yang menarik. Berikut beberapa contoh logo kesehatan dengan penggunaan warna populer tersebut.
Logo Senyum Dental
Variasi warna biru cerah dalam logo klinik kesehatan gigi tersebut menciptakan kesan terpercaya, aman dan sehat. Warna biru real membuat logo mencolok tetapi juga menciptakan kesan tenang.
Warna solid pada logo dan tipografi nama brand menciptakan desain yang sederhana. Kombinasi warna biru teal dan hitam menciptakan kontras, sementara warna putih membuat desain tampak bersih. Simbol ikon dengan gambar gigi tersebut tampil sederhana dengan style garis-garis geometris sehingga mudah dikenali.
Logo Pharmaholic
Dalam bidang farmasi warna hijau dan biru juga populer dan menciptakan desain yang elegan. Warna hijau dalam logo tersebut merepresentasikan kesan brand yang aman, sehat dan segar. Simbol siluet wajah dan tanda plus efektif mencerminkan logo kesehatan.
Logo memiliki kombinasi warna hijau dan merah yang kontras, sehingga membuat logo tampil mencolok. Warna hijau pada logo tampil lebih lembut, sementara warna merah memiliki variasi warna yang lebih gelap. Kombinasi warna kontras menciptakan bentuk simbol yang terlihat jelas.
Baca juga: 5 Rekomendasi Kombinasi Dua Warna Mewah untuk Logo Brand
Logo Apotek Multi Family
Dalam bidang kesehatan logo apotek juga menggunakan warna simbolik populer seperti hijau. Pada logo tersebut warna hijau digunakan dengan efek gradasi sehingga menciptakan efek nyata. Kombinasi hijau gelap dan hijau cerah terlihat kontras sehingga tampil menarik.
Warna hijau pada logo apotek berguna menciptakan kesan aman, sehat dan terpercaya. Simbol logonya juga memiliki tanda plus sehingga bisa merepresentasikan bisnis terkait kesehatan. Font sans serif dengan gaya huruf kapital pada logo membuat nama brand mudah dibaca.
Logo Apotek Mifta Farma
Simbol logo plus dalam logo tersebut dikombinasikan dengan logo farmasi yang khas. Untuk itu bentuk logo tersebut mudah dikenali sebagai logo apotek karena memiliki simbol yang khas. Kombinasi warna biru cerah dan biru cerah agak gelap terlihat harmonis dan menciptakan kontras.
Warna biru muda cerah dalam logo berguna menciptakan kesan tenang, terpercaya dan profesional. Logo hanya menggunakan warna biru sehingga menciptakan kesan yang solid. Selain itu latar belakang putih membuat logo bersih dan sehat.
Baca juga: 7 Desain Logo Kombinasi Warna Biru yang Harmonis
KOMBINASI WARNA EFEKTIF LOGO KESEHATAN
Dalam desain logo kesehatan menggunakan satu warna saja mungkin akan kurang menarik. Untuk itu bisa menggunakan kombinasi setidaknya dua warna agar lebih menarik tetapi tetap sederhana. Contohnya seperti:
Biru dan Putih
Kombinasi warna cukup populer untuk logo kesehatan karena akan menciptakan kesan yang bersih, profesional dan memenangkan. Seringkali menggunakan variasi warna biru muda atau cerah, sehingga tampil bersih dan sederhana. Cocok untuk logo rumah sakit, klinik umum, dan layanan medis.
Hijau dan Biru
Kombinasi dua warna dingin ini akan menciptakan nuansa alami, terpercaya dan sehat. Kombinasi warna juga akan menciptakan desain yang harmonis, cocok untuk logo rumah sakit atau apotik.
Putih dan Hijau Pastel
Kombinasi warna juga akan menciptakan desain yang bersih dan sederhana. Warna hijau pastel akan menciptakan desain yang lembut dan berkesan ramah. Kombinasi dapat memberi kesan logo kesehatan yang segar, ringan dan ramah.
Merah aksen Biru atau Hijau
Warna merah sebagai warna utama akan berguna menciptakan kesan urgensi dan penting, contohnya logo palang merah. Sementara sebagai warna aksen pada logo warna hijau dan biru akan menciptakan desain yang menarik. Pastikan mengatur kecerahan logo sehingga menciptakan kombinasi yang harmonis.
KESIMPULAN
Warna yang populer digunakan dalam desain logo brand kesehatan yaitu biru, hijau, hingga putih. Kombinasi warna tersebut akan menciptakan logo yang berkesan sehat, aman dan terpercaya. Biasanya logo kesehatan akan menggunakan simbol seperti simbol plus, simbol farmasi dan simbol tangan. Kombinasi simbol yang khas dan warna yang khas akan menciptakan logo yang efektif.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.