Tips Membangun Desain Branding yang Efektif

Branding dalam dunia bisnis berperan untuk memastikan merek mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Dalam rangka membangun branding yang efektif untuk merek ada beberapa yang terkait. Penting memahami cara membangun desain branding yang efektif serta memahami elemen apa saja yang terlibat. 

Tips Membangun Desain Branding yang Efektif

Branding sendiri biasanya didukung dengan desain yang menarik agar berhasil menarik perhatian. Desain branding merupakan proses untuk menciptakan identitas merek dalam bentuk visual menarik, konsisten dan kuat dalam ingatan. Desain yang termasuk branding ini biasanya berupa logo, elemen visual, kemasan hingga materi pemasaran. 

Elemen visual yang merupakan bagian dari elemen branding adalah warna, tipografi dan gambar. Penggunaan elemen visual yang konsisten pada desain-desain terkait merek akan menciptakan kehadiran visual merek yang kuat. Untuk membangun branding yang efektif, desain perlu dibuat dengan memperhatikan beberapa faktor dan tipe penting dalam artikel ini. 

Read More

TIPS MEMBANGUN DESAIN BRANDING YANG EFEKTIF

Dalam membangun branding yang efektif, ini biasanya melibatkan beberapa elemen desain dan identitas merek. Branding dilakukan untuk membedakan merek dari pesaing, mengenalkan nilai dan karakter merek. Perhatikan beberapa tips membangun branding yang efektif berikut ini:

Kenali Identitas Merek yang Ingin Disampaikan

Untuk membangun branding yang efektif penting untuk memahami terlebih dahulu identitas merek. Pahami nilai, visi, misi kepribadian merek yang ingin disampaikan pada audiens. Branding yang dilakukan harus bisa menyampaikan hal-hal tersebut, agar branding dapat membangun kehadiran merek yang kuat. 

Elemen-elemen identitas merek harus tercermin dengan baik pada desain yang digunakan untuk branding. Ada banyak desain grafis yang terlibat atau digunakan untuk membangun branding. Nilai, visi dan kepribadian merek akan diwakili oleh elemen-elemen visual. 

Identitas merek akan digambarkan dengan visual secara tersirat seperti melalui makna warna, simbol atau gaya visual. Dengan memahami dengan baik identitas merek tersebut ini membantu menggambarkan visual pada desain yang menarik. 

Baca juga: Komponen Umum Brand Guideline untuk Pedoman Merek

Pilih Elemen Visual yang Sesuai

Tips Membangun Desain Branding yang Efektif

Elemen visual yang digunakan dalam desain untuk kebutuhan branding harus sesuai dengan identitas merek. Untuk itu elemen-elemen visual yang harus mencerminkan nilai, karakter dan visual merek. Biasanya elemen visual akan memiliki makna dan kesan tersendiri ketika digunakan, sehingga harus dipilih sesuai dengan citra yang ingin di bangun. 

Misalnya warna-warna yang digunakan dalam desain memiliki makna yang berbeda. Termasuk juga penggunan jenis tipografi tertentu bisa memberikan citra yang berbeda. Ada yang memberikan kesan ambisius, tenang dan elegan. 

Pemilihan elemen visual yang bisa menciptakan kesan dan citra  tertentu agar bisa mencerminkan identitas merek dengan baik. Pastikan elemen visual yang terpilih digunakan dengan bijak pada berbagai kebutuhan desain merek. 

Buat Logo yang Memorable

Elemen utama dalam branding yang efektif adalah desain logo. Untuk itu desain logo harus dibuat unik memorable dan mudah diingat oleh audiens. Gunakan jenis logo yang bisa mencerminkan nilai dan karakter dengan baik. 

Terkadang model jenis logo harus disesuaikan dengan jenis industri atau bisnis. Jika bisnis bergerak dalam bidang profesional, logo biasanya akan memiliki tampilan kaku dan tegas. Desain logo juga harus efektif untuk bisa tetap terlihat jelas ketika digunakan pada berbagai media dan platform. 

Baca juga: Branding Era Modern: Elemen Utama yang Berperan Penting

Tentukan Palet Warna

Tips Membangun Desain Branding yang Efektif

Palet warna untuk membangun branding adalah elemen yang penting untuk itu harus dipilih dengan bijak. Untuk itu penting memahami makna psikologi warna sebelum memilih untuk desain. Palet warna yang dipilih tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mencerminkan identitas merek dengan baik. 

Pilih palet warna yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik apakah warna buang berkesan energik, tenang, atau elegan. Dalam palet warna pilih warna utama, sekunder, base dan warna aksen untuk memberikan variasi warna. Pastikan warna-warna dalam palet warna menciptakan keseimbangan visual. 

Pilih Tipografi yang Sesuai

Untuk membangun branding elemen tipografi juga memiliki peran penting. Jenis font yang digunakan untuk membangun identitas merek harus disesuaikan gaya font dengan kepribadian merek. Biasanya setiap gaya atau jenis font memiliki kesan tersendiri.

Misalnya jika merek ingin menggunakan branding elegan bisa menggunakan font serif, sementara kesan profesional bisa menggunakan font sans serif. Setiap gaya font dapat memberikan kesan dan citra yang berbeda. Untuk itu penting memilih jenis font yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik. 

Buat Panduan Branding

Dalam membangun branding yang efektif ciptakan panduan elemen-elemen visual yang digunakan untuk branding. Elemen-elemen visual dalam identitas merek harus digunakan secara konsisten agar bisa membangun identitas merek yang kuat. Biasanya panduan branding akan dijadikan panduan dalam menciptakan desain-desain yang juga bagian dari branding. 

Panduan branding akan berisi palet warna merek, tipografi, gaya visual, logo, slogan dan lainnya. Elemen-elemen branding tersebut akan digunakan untuk menciptakan desain grafis yang terkait merek. Biasanya seperti desain kemasan, pemasaran, website, media sosial hingga produk fisik. Penggunaan yang konsisten akan efektif membangun identitas yang kuat. 

Baca juga: Sebelum Rebranding Logo, Perhatikan Beberapa Aspek Penting Ini

Terapkan Elemen Branding pada Semua Konteks Desain

Umumnya merek akan memiliki berbagai kebutuhan desain selain logo, untuk membangun visual merek yang kuat. Penggunaan elemen visual merek pada semua aspek desain akan memudahkan audiens mengidentifikasi merek. Biasanya elemen visual akan digunakan untuk desain kemasan, website, media sosial dan materi pemasaran. 

Hal tersebut akan menciptakan konsistensi visual merek, ini juga memudahkan audiens mengenali dan mengidentifikasi merek. Jika elemen visual berbeda-beda pada setiap jenis desain yang dibutuhkan merek, ini akan menyulitkan dalam membangun brand awareness. 

KESIMPULAN

Dalam membangun identitas merek yang kuat penting untuk memahami tips membangun branding yang efektif. Gunakan elemen-elemen branding secara konsisten dalam semua desain grafis merek untuk membangun branding yang kuat. Elemen-elemen visual branding seperti warna tipografi, elemen visual dan gaya visual dipilih berdasarkan nilai dan karakter merek. Membangun branding untuk merek sangatlah penting untuk membedakan merek dengan pesaing. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts