Terkadang dari melihat warna yang digunakan suatu logo, audiens dapat berasumsi dengan jenis brand. Misalnya warna biru yang identik dengan brand air dan warna hijau yang khas dengan brand organik atau alami. Desain branding untuk logo dengan warna hijau digunakan untuk berbagai jenis brand tidak hanya organik atau alami.
Warna hijau seringkali mewakili warna daun atau alam, sehingga banyak digunakan untuk mencerminkan jenis brand organik atau alami. Namun warna hijau juga bisa digunakan bukan untuk branding logo perusahaan, kopi dan kecantikan. Variasi warna hijau untuk setiap desain branding bisnis yang berbeda akan memiliki jenis warna serta kombinasi warna yang bervariasi.
KELEBIHAN BRANDING WARNA HIJAU
Jika ingin menggunakan warna hijau tentunya perlu paham makna psikologi yang diciptakan serta kemampuan warna merepresentasikan identitas brand. Meski populer untuk menyimbolkan brand organik dan alami, tetapi hijau juga banyak digunakan sebagai branding logo berbagai perusahaan. Pada umumnya warna hijau dipilih untuk mencerminkan alam, tenang dan harmoni.
Menciptakan Kesan Tenang dan Damai
Warna alam seperti hijau ketika dilihat akan menciptakan sugesti yang menenangkan dan berkesan damai. Sama halnya dengan warna biru, berbagai warna hijau bisa menciptakan kesan tenang kecuali warna hijau neon. Hindari hijau neon jika ingin menciptakan nuansa desain branding yang tenang dan damai.
Merepresentasikan Brand Alami dan Organik
Tujuan utama dari branding dengan warna hijau, paling sering karena ingin merepresentasikan brand alami dan organik. Hijau adalah pilihan paling relevan untuk branding brand organik sehingga banyak digunakan. Warna hijau yang mendominasi akan menciptakan kesan alami, tenang dan segar. Pada brand organik, kombinasi warna hijau dengan sesama warna hijau agar semakin dominan.
Mencerminkan Brand yang Bertumbuh
Banyak juga logo perusahaan energi, pangan hingga konstruksi menggunakan warna hijau, biasanya variasi warna gelap. Tak hanya itu, logo firma hukum banyak yang juga menggunakan warna hijau gelap. Hal ini karena warna hijau juga merepresentasikan kesan perusahaan yang makmur dan bertumbuh.
Berkesan Makmur dan Harmonis
Branding perusahaan yang menggunakan warna hijau seperti untuk perusahaan pupuk dan pertanian juga akan tampil makmur. Warna hijau bisa memberikan kesan yang harmonis pada desain logo. Warna hijau cerah yang lembut akan membuat logo brand memberikan citra yang positif.
Baca juga: 5 Kombinasi Warna Minimalis untuk Desain Konten
HIJAU DALAM BERBAGAI LOGO BRAND
Dalam berbagai desain branding untuk berbagai brand, warna hijau akan memiliki variasi dan kombinasi yang beragam. Penggunaan warna gelap, hijau tua hingga hijau pastel akan menciptakan emosi dan nuansa yang berbeda. Kebanyakan warna hijau akan lebih menarik pada desain logo jika digunakan dengan warna solid.
Logo CV Lima Sekawan Gemilang
Dalam desain branding perusahaan ini penggunaan warna hijau tampil menawan dan harmonis. Warna hijau tua dikombinasikan dengan hijau muda sehingga harmonis. Warna hijau pada logo perusahaan tersebut berguna merepresentasikan perusahaan yang makmur, sejahtera dan bertumbuh.
Perbedaan jenis warna hijau dalam desain logo menciptakan kontras pada gambar ikon logonya. Ikon kombinasi angka 5 dan gambar grafik terlihat perbedaannya dengan jelas, berkat warna yang digunakan. Gambar grafik dengan panah ke atas tersebut mengisyaratkan pertumbuhan cocok dengan penggunaan warna hijau yang memiliki kesan yang sama.
Logo PT Ramanda Persada Energi
Banyak logo perusahaan yang menggunakan warna hijau gelap karena akan berkesan profesional dan minimalis. Logo perusahaan energi tersebut memiliki ikon gambar api tetapi tidak menggunakan warna merah. Warna hijau guna merepresentasikan perusahaan energi yang ramah lingkungan.
Desain logo tersebut hanya menggunakan warna hijau dan hitam pada style logo minimalis tersebut. Warna hijau dibuat memiliki efek tiga dimensi sehingga membuat logo tampil lebih menonjol. Efek gradasi tiga dimensi menciptakan desain logo lebih menarik meski hanya sederhana.
Baca juga: 5 Palet Warna Coklat untuk Desain Konten Brand
Logo Gaya Aki
Variasi warna hijau pada logo tersebut memiliki warna hijau muda yang lembut, warna hijau lembut akan merepresentasikan brand yang ramah. Jenis warna hijau muda tersebut bisa menciptakan kesan logo yang ramah dan menyenangkan. Cocok juga untuk digunakan pada brand yang ingin memberikan kesan masa muda.
Desain logo yang memiliki gambar mobil retro dengan style gambar siluet tampil sederhana. Warna hijau yang solid digunakan untuk mempertahankan kesederhanaan logo tersebut. Warna lembut tersebut membuat logo tak hanya berkesan tenang tetapi juga berkesan lembut.
Logo Kopi Beneran
Tentunya warna hijau memang populer juga untuk brand kopi, alasannya biasa karena bahan alami yang digunakan. Bagi brand coffee, branding alami akan menciptakan kesan positif. Desain branding dengan warna hijau gelap tersebut akan merepresentasikan kesan brand kopi organik, sehat dan dapat dipercaya.
Logo bisnis kopi tersebut menggunakan style logo minimalis dengan style logo line art. Ikon logo tersebut kombinasi huruf k daun dan bentuk geometris lingkaran. Warna hijau gelap yang menciptakan kesan profesional, sederhana dan minimalis.
Logo Sadana
Bisnis pegadaian juga akan relevan dengan warna hijau seperti pada logo pegadaian tersebut. Warna hijau bisa dipilih untuk memberikan kesan terpercaya dan profesional. Logo tersebut memiliki kombinasi warna hijau gelap dan warna oranye cerah.
Warna hijau lebih dominan dan oranye digunakan sebagai aksen yang membuat desain tampak lebih menarik. Warna gelap menciptakan kesan bisnis yang terpercaya dan profesional. Kontras warna hijau dan orange juga tampak harmonis yang meningkatkan visual logo.
Baca juga: 5 Kombinasi Warna Minimalis untuk Desain Konten
KOMBINASI WARNA YANG COCOK DENGAN HIJAU
Agar desain logo lebih menarik, seringkali akan mengkombinasikan warna hijau dengan warna lainnya. Pastikan kombinasi warna menciptakan desain logo menarik serta harmonis. Kombinasi warna harus menciptakan kesan yang sesuai dan merepresentasikan jenis bisnis.
Coklat untuk Tema Alam
Salah satu kombinasi yang harmonis dengan warna hijau adalah warna coklat, keduanya adalah warna yang merepresentasikan alam. Kombinasi keduanya dapat mewakili alam seperti pohon dan merepresentasikan brand yang alami. Biasanya cocok untuk branding bisnis pertanian, perkebunan hingga produk makanan organik.
Merah untuk Tema Musim Semi
Hijau yang dikombinasikan dengan warna merah akan tampil kontras dan dapat terlihat buruk. Perlu diatur saturasinya agar salah satu lebih gelap sehingga menciptakan kombinasi harmonis. Ada juga kombinasi warna merah muda lembut dan hijau lembut untuk digunakan pada brand skincare yang terinspirasi musim semi.
Biru untuk Brand Sehat dan Organik
Ada juga kombinasi dengan warna biru yang mirip, biasanya mudah dibuat gradasi agar lebih menarik. Kombinasi warna hijau dan biru termasuk banyak digunakan pada logo perusahaan dan kesehatan. Efek gradasi yang lembut akan membuat kombinasi warna ini menciptakan desain yang menarik.
Hitam dan Kuning untuk Brand Mewah
Ada juga variasi warna hijau yang bisa menciptakan kesan brand yang mewah dan elegan. Kombinasi warna hijau gelap dan kuning emas akan tampil berkilau menciptakan kesan mewah. Gunakan untuk merepresentasikan brand organik yang memiliki produk berkualitas atau premium.
Hijau untuk Brand Organik
Kombinasi sesama warna hijau akan menciptakan desain branding yang harmonis. Hijau juga akan tampil dominan dan membuat brand organik memiliki identitas yang kuat. Sesama warna hijau memang paling sering ditemui dalam desain logo brand organik atau brand alami.
KESIMPULAN
Warna hijau meski populer untuk branding logo perusahaan organik, namun bisa digunakan untuk jenis brand lainnya. Ada banyak variasi dan kombinasi warna hijau agar merepresentasikan berbagai jenis brand. Warna hijau bisa menciptakan kesan brand yang tenang, damai dan makmur, bukan hanya brand alami dan organik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.