Desain branding untuk suatu bisnis harus menggunakan elemen visual yang relevan dan digunakan secara konsisten. Hal ini berguna untuk memastikan desain grafis milik brand mencerminkan identitas merek dengan baik. Untuk desain brand coffee, biasanya ada beberapa rekomendasi warna yang khas untuk mencerminkan brand tersebut.
Elemen visual berupa warna yang digunakan dalam brand coffee biasanya mencerminkan jenis bisnis yaitu coffee dan citra yang ingin dibangun merek tersebut. Warna-warna brand coffee akan tampil harmonis dan kontras jika dikombinasikan dengan warna netral. Penting untuk memahami apa yang ingin diciptakan dalam desain brand coffee agar desain grafisnya relevan dan menarik perhatian.
8 REKOMENDASI WARNA BRAND COFFEE
Warna-warna yang bisa mencerminkan brand coffee biasanya seputaran warna krem, coklat dan warna netral. Brand coffee biasanya akan memiliki warna yang bisa mencerminkan warna kopi dan menciptakan visual yang sederhana. Agar brand coffee tampil dengan menarik, berikut beberapa warna menarik yang cocok untuk citra brand coffee, yaitu:
Papaya Whip
Warna yang krem ini termasuk variasi warna yang banyak digunakan oleh desainer karena warnanya yang netral dan sederhana. Penggunaan warna ini bisa efektif untuk berbagai kebutuhan termasuk sering digunakan sebagai warna background. Dalam desain brand coffee warna ini akan berguna mencerminkan bisnis kopi dan warna cream.
Bisnis kopi dengan menggunakan warna ini dapat tampil relevan dan cocok dengan jenis bisnis. Biasanya warna krem jenis ini bisa dikombinasikan dengan warna lainnya agar tampil semakin menarik. Sebagai warna utama, kombinasi warna papaya whip dan hitam akan menciptakan kontras yang jelas dan cocok untuk bisnis kopi.
Wheat
Warna ini merupakan variasi warna kuning keju yang berwarna kuning terang yang dicampurkan dengan warna putih. Warna wheat juga sering disebut sebagai warna pastel dari kuning terang. Penggunaan warna ini juga bisa mencerminkan brand coffee terutama untuk bisnis cafe.
Agar menciptakan visual menarik dan harmonis, penggunaan warna ini tidak disarankan dengan warna terang seperti warna krem atau putih. Untuk menciptakan kontras dalam brand coffee, kombinasikan warna ini dengan warna abu-abu atau hitam. Wheat color ini juga bisa dikombinasikan dengan sesama warna pastel untuk bisnis kopi seperti pink, oxford blue, pale cornflower blue, dan dark green.
Pecan Brown atau Brown Sugar
Biasanya desain untuk brand coffee banyak menggunakan variasi dari warna hangat seperti orange dan coklat. Pada warna Brown sugar ini terdapat kombinasi warna orange yang kecoklatan. Penggunaan warna Brown Sugar ini dapat menciptakan kesan brand coffee yang hangat.
Warna orange kecoklatan dapat mencerminkan dengan baik jenis bisnis dalam bidang, baik untuk brand coffee atau tema cafe. Untuk menciptakan desain logo brand coffee yang menarik, gunakan warna ini untuk dikombinasikan dengan warna cerah seperti krem dan putih. Kombinasi dengan variasi warna coklat yang terang juga cocok merepresentasikan brand coffee.
Chestnut
Warna yang tampil kecoklatan ini sebenarnya termasuk dalam family warna merah gelap yang memiliki aksen orange. Penggunaan warna ini bisa mencerminkan brand coffee karena memiliki warna yang agak kecoklatan. Penggunaan warna gelap akan tampil elegan jika dikombinasikan dengan warna krem atau putih untuk brand coffee.
Agar menciptakan kontras teks dan gambar yang jelas, sebaiknya menggunakan latar belakang putih. Untuk warna bisnis kopi, warna ini bisa merepresentasikan merek yang bergaya elegan dan manis.
Baca juga: Inspirasi Palet Warna Retro untuk Desain Nostalgia Menarik
Dutch White
Variasi warna putih yang termasuk dalam kategori kuning ini tampil sederhana dan menciptakan kesan hangat. Untuk brand coffee akan cocok digunakan jika memiliki gaya desain minimalis atau sederhana. Beberapa warna yang mirip dengan warna dutch white ini seperti wheat dan pearl.
Untuk menciptakan tampilan warna yang harmonis, kombinasi dengan sesama warna pastel akan menarik, meski akan kurang kontras. Sementara untuk menciptakan kontras warna hitam adalah pilihan terbaik, kombinasi dengan abu-abu yang gelap juga bisa menjadi pilihan. Warna ini akan tampil menarik jika digunakan sebagai warna tema cafe buang minimalis dan modern.
Chamoisee
Warna hangat yang tampil kecoklatan ini dapat mencerminkan brand coffee dengan baik karena warnanya yang kecoklatan muda. Untuk menciptakan visual yang harmonis pada palet monokrom, warna bisa dikombinasikan dengan warna coklat gelap dan kuning. Untuk brand coffee, penggunaan warna coklat pucat ini bisa dikombinasikan pula dengan warna hitam atau putih.
Variasi warna coklat memang paling efektif untuk digunakan dalamnya desain bisnis terkait kopi karena mencerminkan warna kopi. Desain grafis dengan warna utama chamoisee ini akan tampil elegan dan mencerminkan jenis bisnis dengan baik. Untuk bisnis cafe, warna ini juga cocok merepresentasikan brand cafe dan dessert.
Baca juga: Rekomendasi Warna untuk Merepresentasikan Sesuai Jenis Bisnis
Coffee
Bisnis kopi akan paling relevan dan cocok jika menggunakan variasi warna coklat gelap seperti warna coffee ini. Warna ini termasuk dalam warna family coklat yang gelap sehingga efektif merepresentasikan warna kopi. Tidak heran jika warna ini bisa menjadi pilihan menarik untuk menciptakan desain brand coffee.
Warna lain yang mirip dengan warna coffee ini seperti warna Tuscan Brown dan otter Brown yang termasuk juga warna coklat gelap. Untuk menciptakan kontras, warna coffee bisa dikombinasikan dengan warna terang seperti krem, wheat, atau coklat muda. Hindari mengkombinasikan warna ini dengan warna hitam karena akan kurang kontras dan jelas untuk dibaca.
Bistre
Warna ini termasuk variasi warna coklat yang paling gelap sehingga efektif menciptakan kontras dengan warna coklat muda, putih hingga krem. Penggunaan warna ini untuk brand coffee bisa menciptakan brand yang elegan dan berkesan premium. Warna gelap efektif menciptakan brand yang ingin tampil premium dan terpercaya.
Desain logo coffee juga mudah tampil mencolok dengan latar belakang warna netral yang cerah seperti putih. Warna coklat gelap ini efektif mencerminkan jenis bisnis kopi sehingga menjadi pilihan warna yang paling menarik untuk menciptakan kesan mewah pada brand kopi.
Baca juga: 9 Font Terbaik untuk Desain Brand Minuman yang Menarik
JENIS DESAIN UNTUK BRAND COFFEE
Berbicara soal brand coffee, tidak hanya desain logo, elemen visual seperti warna akan digunakan dengan konsisten agar mencerminkan identitas brand dengan baik. Dalam bisnis kopi warna desain yang dipilih akan diterapkan untuk berbagai jenis desain yang termasuk bagian branding bisnis kopi, seperti:
Desain Menu
Pada bisnis kopi yang membuka cafe atau toko akan membutuhkan desain menu yang menarik dan relevan. Agar desain menu dapat membantu membangun branding gunakan warna yang tepat. Warna dalam desain menu sebaiknya memiliki warna utama desain logo sehingga mencerminkan brand dengan baik.
Cup Coffee
Bisnis kopi yang memiliki cafe juga memerlukan penggunaan elemen visual pada desain cup atau gelas. Ini bertujuan agar warna desain dan gaya desain tampil konsisten dan membangun identitas yang kuat. Penggunaan desain brand coffee untuk desain cup akan membantu menciptakan branding bisnis kopi yang semakin kuat dan menarik. Desain cup dan gelas dalam bisnis cafe juga perlu menyesuaikan dan tampil sesuai desain identitas merek agar semakin relevan dengan konsisten.
Display Menu
Biasanya bisnis kopi juga akan memiliki desain display untuk menu berukuran besar atau sebagai standing banner. Desain display ini juga harus tampil relevan dengan desain menu, sehingga perlu menggunakan elemen identitas merek yang sama. Elemen visual seperti warna, gaya font dan elemen dekorasi harus relevan dengan elemen identitas merek untuk membangun branding yang kuat.
Desain Logo
Tentu saja desain logo untuk brand coffee adakah salah satu desain branding yang utama. Dimana elemen desain dalam desain logo akan digunakan dalam berbagai desain brand coffee seperti desain menu, poster dan cup. Pastikan desain logo memiliki desain yang mencerminkan jenis bisnis dengan menggunakan ikon, warna dan gaya font yang relevan.
KESIMPULAN
Untuk membangun brand coffee elemen visual perlu dipilih dengan bijak agar relevan dan merepresentasikan brand dengan baik. Secara umum brand coffee akan memiliki gaya font elegan dan sederhana, yang dikombinasikan dengan warna yang elegan pula. Umumnya warna yang relevan dengan brand coffee seperti warna krem, coklat muda, merah kecoklatan dan coklat gelap. Warna perlu dikombinasikan dengan warna yang harmonis dan kontras agar menciptakan desain brand yang elegan dan mencerminkan bisnis kopi dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.