Dalam menciptakan desain logo yang menarik perhatian dengan cepat, selain bentuk ikon pemilihan warnanya juga berperan penting. Warna dengan kombinasi yang tepat akan efektif membuat logo semakin menarik dan efektif untuk membangun brand dengan cepat. Banyak desain logo yang menggunakan warna biru dan oranye untuk membuat tampilan logo menarik perhatian dan mencolok.
Kombinasi dua warna yang berlawanan dalam roda warna ini bisa meningkatkan daya tarik visual logo di keramaian. Meski sudah banyak brand yang menggunakan warna ini namun nyatanya banyak brand yang memilih warna ini karena tampil menarik. Logo tidak hanya mudah menonjol tetapi juga memiliki visual yang tidak membosankan seperti kebanyakan logo modern.
MENGAPA BANYAK LOGO MENGGUNAKAN KOMBINASI ORANYE DAN BIRU?
Penggunaan logo dengan warna biru dan oranye banyak ditemui dalam warna desain logo. Kombinasi dua warna berlawanan dalam roda warna ini menciptakan kontras satu sama lain, bahkan bisa membuat kombinasi warna terlihat buruk. Ada beberapa alasan yang menjadikan kombinasi warna logo ini cukup populer:
Warna bisa membuat desain logo tampil mencolok
Perhatikan bagaimana kedua warna saling kontras satu sama lain karena keduanya warna yang cukup berbeda dan berlawanan. Kombinasi keduanya menciptakan kontras yang mana bisa menarik perhatian audiens karena logo tampil mencolok. Hal ini akan berbeda jika warna biru dikombinasikan dengan warna hitam maka logo tampil sederhana. Berbeda jika dikombinasikan dengan warna oranye yang bisa membuat logo lebih mencolok karena warna oranye yang cerah.
Meningkatkan Daya Tarik Visual
Kombinasi dua warna memang populer untuk meningkatkan daya tarik visual logo agar bisa membangun identitas merek dengan cepat. Penggunaan kombinasi warna netral dengan warna cerah mungkin tampil harmonis, tapi daya tarik logo akan kurang. Desain logo dengan warna biru dan oranye ketika disandingkan bisa tampil semakin menonjol. Logo ini bila disandingkan dengan logo berwarna solid, maka otomatis logo akan lebih menarik perhatian daripada logo lainnya.
Mengkomunikasikan Pesan Lebih Baik
Logo dengan warna solid atau warna netral akan terlihat biasanya saja dan cenderung memiliki makna psikologi yang sama. Desain logo warna hitam hanya bisa mencerminkan brand yang sederhana dan elegan. Namun kombinasi warna biru dan oranye bisa mencerminkan beragam pesan brand seperti kepercayaan, profesional, ramah dan bahagia. Warna logo bisa membantu menyampaikan pesan dan tujuan brand yang berbeda dari brand lainnya.
Fleksibel untuk Berbagai Jenis Brand
Meski ada banyak pilihan warna yang berlawanan dalam roda warna, seperti merah dan hijau atau kuning ungu, namun nyatanya warna oranye dan biru yang menjadi favorit. Hal ini karena warna memiliki makna yang bisa relevan dengan semua brand sehingga mencerminkan identitas brand dengan baik. Penggunaan warna biru dan oranye yang juga kombinasi warna hangat dan dingin juga relevan dengan banyak jenis produk.
Untuk brand minuman kombinasi bisa merepresentasikan kesegaran karena orange bisa mewakili buah segar sementara biru mewakili air. Sementara itu untuk logo perusahaan, kombinasi ini bisa mencerminkan kesan terpercaya dari warna biru dan kesan optimis dari warna oranye. Pada brand makanan pun kedua kombinasi warna ini juga relevan dan bisa membuat logo makanan tampil mencolok.
5 DESAIN LOGO WARNA ORANYE DAN BIRU
Kombinasi warna logo oranye dan biru bisa digunakan oleh berbagai jenis brand dalam berbagai bidang bisnis. Kedua warna harus diatur saturasinya agar bisa tampil harmonisa satu sama lain dan membuat logo menarik. Berikut beberapa contoh logo warna oranye dan biru dalam berbagai bidang bisnis:
Desain Logo Bisnis Stationery Serba-Serbu

Pada logo untuk bisnis alat tulis tersebut memiliki desain logo berupa ikon logo yang sudah dimodifikasi dari huruf S. Logo tersebut memiliki warna oranye dan biru yang dibuat gradasi sehingga menciptakan visual yang menarik. Kombinasi warna tersebut terlihat harmonis karena dibuat gradasi pada dua bentuk ikon yang berbeda.
Ikon logo tersebut meski berbentuk sederhana terlihat unik berkat dua warna kontras ini dibuat gradasi. Bentuk ikon logo juga terlihat jelas berkat warna yang kontras dengan latar belakang putih. Kombinasi dua warna yang kontras ini membantu logo untuk bisnis stationery tersebut tampil mencolok.
Desain Logo Bisnis Kecantikan CV.OVOPLAST

Logo untuk bisnis kecantikan tersebut menggunakan ikon logo inisial dengan bentuk yang sama dan simetris. Bentuk inisial yang dibentuk geometris lingkaran tersebut tampil unik dengan dua bentuk yang berbeda. Kedua bentuk ikon diberi warna yang berbeda agar bisa menunjukkan jika logo memiliki dua bentuk inisial huruf.
Warna oranye dan biru tampak harmonis karena digunakan dalam bentuk ikon yang berbeda, sehingga tampil menarik. Saturasi warna oranye dan biru dalam logo tersebut juga menggunakan kecerahan yang tidak mencolok sehingga harmonis. Logo bisnis kecantikan cocok dengan kombinasi tersebut karena keduanya bisa mencerminkan kesan brand yang fresh dan terpercaya.
Desain Logo Kubiq Creative

Logo tersebut memiliki bentuk ikon geometris kotak, kotak yang simetris dan sederhana. Bentuk logo simetris tersebut juga diikuti dengan penempatan warna yang simetris pula sehingga tampak harmonis. Warna oranye dan biru pada logo tersebut juga digunakan dalam bentuk kombinasi visual menarik.
Warna birunya menggunakan variasi warna gelap dan biru muda untuk menunjukkan kontras yang jelas antar garis. Kombinasi warna biru muda, biru gelap dan oranye disusun setiap garis-garis logo. Kombinasi warna yang disusun dalam bentuk kotak menarik tersebut menciptakan tampilan yang seperti gradasi.
Desain Logo Rajasa

Logo perusahaan tersebut hanya menggunakan teks nama merek, namun bisa tampil menarik berkat mengkombinasikan dua warna kontras. Font dalam logo tersebut tampil futuristik dan modern, yang dimodiifikasi dengan unik. Meski font nama merek sederhana, tetapi warnanya dibuat berselang-seling sehingga logo terlihat unik.
Logo tersebut menciptakan tampilan visual menarik dengan mengatur dua huruf pertama berwarna biru, sementara sisanya oranye. Untuk menciptakan aksen, warna biru ditempatkan di tengah bulatan huruf. Pengaturan warna yang menarik pada logo wordmark tersebut berhasil meningkatkan daya tarik logo.
Desain Logo Dua Putra Jaya

Logo perusahaan memang termasuk banyak yang menggunakan kombinasi dua warna kontras agar terlihat menarik. Kombinasi dua warna ini juga bisa menciptakan kesan profesional, terpercaya dan formal. Kesan formal tercipta berkat bentuk logonya yang juga sederhana dan tampil profesional.
Logo memiliki ikon berupa inisial yang dibentuk geometris kotak sehingga tampil bersih dan bentuk huruf terbaca dengan baik. Garis logo yang tidak begitu tebal juga menciptakan kesan elegan dengan warna yang tidak begitu mencolok. Warna oranye yang digunakan sebagai warna huruf P tersebut tampil lebih pucat.
Hal tersebut bertujuan agar warna oranye bisa harmonis dengan warna biru yang juga tidak mencolok. Warna logo pada ikon digunakan untuk membedakan inisial nama merek, sehingga inisial nama bisnis terbaca dengan mudah. Bentuk logo yang dibuat simetris membuat warnanya juga tampil simetris, logo pun merepresentasikan kesan profesional.
KESIMPULAN
Logo yang memiliki kombinasi dua warna atau lebih biasanya akan mengkombinasikan warna yang bisa tampil harmonis dan sesuai dengan identitas merek. Kombinasi warna yang mencolok seperti warna komplementer juga banyak digunakan dalam desain logo seperti warna oranye dan biru tersebut. Penggunaan warna yang tampil kontras tersebut dapat menciptakan logo lebih menarik perhatian. Pemilihan kombinasi warna tersebut juga biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jenis bisnis, tujuan desain dan identitas karakter brand.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.