Elemen Desain untuk Menyoroti Informasi Penting

Elemen dalam desain berperan penting dalam merepresentasikan pesan, tujuan dan hal lain yang ingin disampaikan oleh desain tersebut. Penggunaan berbagai elemen yang dipilih akan disesuaikan dengan kebutuhan yang bisa mendukung pesan tersampaikan dengan baik. Biasanya terdapat beberapa elemen yang dapat menyoroti informasi penting dalam desain untuk memudahkan pemahaman audiens.

Penggunaan elemen desain yang bisa menyoroti informasi penting akan membantu audiens memahami pesan desain. Beberapa elemen dipilih bukan hanya sesuai dengan tema atau tujuan desainnya tetapi juga yang bisa mendukung pesan desain terfokus. Desain yang bisa menyoroti penting akan efektif untuk berbagai kebutuhan.

Perlu diingat jika desain grafis pada era ini berperan penting untuk menyampaikan pesan, gagasan hingga tujuan dari merek atau personal. Desainnya akan memanfaatkan berbagai elemen desain yang bisa mendukung pesan agar mudah dipahami oleh audiens. Ketika desain tidak bisa menonjolkan informasi penting maka ini bisa membingungkan audiens dan mengurangi daya tarik desain.

Read More

Jika ingin menggunakan desain grafis untuk membantu promosi merek, bisnis, hingga produk maka penting untuk mengetahui strategi desain yang efektif. Desain yang efektif akan menarik perhatian audiens seperti membeli produk atau berlangganan layanan. Untuk itu simak artikel ini yang akan membahas beberapa elemen desain yang bisa menyoroti informasi penting dalam desain.

Elemen Desain yang Digunakan untuk Menyoroti Informasi Penting

Penggunaan elemen desain pada sebuah desain harus bisa menyoroti informasi penting, namun perlu digunakan secara bijak agar tidak berlebihan. Berikut beberapa elemen desain yang bisa memberikan sorotan informasi penting:

Warna Kontras dan Cerah

Untuk menyoroti informasi penting dalam sebuah desain, pemilihan warna dapat membantu memberikan fokus pada informasi penting. Gunakan warna kontras atau cerah pada informasi yang penting untuk membuat elemen tersebut mencolok dan menarik perhatian. Warna yang cerah atau berbeda sendiri akan memudahkan audiens untuk fokus pada elemen dan tulisan tersebut.

Misalnya jika warna teks lainnya berwarna hitam, maka kalimat atau kata yang penting dapat diberi warna yang berbeda seperti warna cerah. Bisa juga dengan memberikan warna stabilo atau highlight pada tulisan atau kata yang penting. Audiens bisa fokus pada informasi penting tersebut karena menclok dan berbeda dengan elemen lainnya.

Efek Cahaya atau Neon

Penggunaan efek ini tidak hanya digunakan untuk memberikan dimensi visual pada elemen desain atau objek 3D. Efek ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyoroti informasi penting dalam desain. Pemberian efek cahaya akan membuat elemen tersebut terlihat berbeda dan menarik perhatian mata audiens.

Biasanya efek cahaya ini digunakan pada beberapa konsep desain yang menggunakan objek 3D. Tetapi bisa juga digunakan pada gaya desain yang datar untuk memberikan sentuhan cahaya alami. Penggunaan lampu neon juga sering digunakan untuk memberikan sorotan pada teks tertentu, biasanya untuk menyoroti judul.

Efek Bayangan

Penggunaan efek bayangan pada objek tertentu dapat memberikan objek terlihat nyata atau realis. Efek ini dapat digunakan untuk ikon ataupun teks, yang mengikuti bentuk elemennya. Efek bayangan yang diterapkan pada elemen tertentu dapat menghasilkan efek yang unik dan menarik perhatian.

Ketika melihat desain audiens akan cenderung fokus melihat elemen yang tampak nyata dari yang datar. Penggunaan efek bayangan akan cocok digunakan untuk menyoroti informasi penting seperti judul, ikon penting dan gambar. Gunakan efek bayangan secukupnya saja dan tidak berlebihan. Penggunaan yang berlebihan bisa membuat desain berantakan dan malah sulit untuk fokus pada informasi penting.

Element 3D

Dalam desain grafis biasanya terdapat banyak fitur atau elemen 3D yang siap digunakan, ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan sorotan informasi penting. Elemen 3D juga dapat membuat desain lebih berdimensi dan menarik perhatian. Pilih elemen 3D yang sesuai kebutuhan dan bisa mendukung pesan dari desain.

Akhir-akhir ini elemen 3D berkonsep metalik dan holografik banyak yang populer dan memberikan kesan futuristik. Menggunakan elemen ini untuk menyoroti informasi penting akan menarik perhatian dan desain terkesan relevan. Penting untuk menggunakan elemen 3D secukunya saja pada informasi penting, hindari penggunaan pada elemen pendukung.

Bentuk Panah dan Lingkaran

Biasanya untuk memebrikan sorotan pada informasi penting dalam desain bisa dengan memanfaatkan elemen sederhana dalam desain. Penggunaan elemen seperti garis lingkaran dan garis panah dapat digunakan untuk membantu audiens fokus pada informasi penting. Kedua elemen ini banyak digunakan untuk menyoroti teks, ikon, atau gambar tertentu yang perlu dilihat lebih dekat agar terlihat.

Penggunaan elemen untuk melingkari gambar penting akan memudahkan audiens melihat dengan jelas informasi yang berusaha disampaikan desain. Elemen panah untuk menunjukkan ikon dan teks penting akan membantu audiens melihat informasi penting terlebih dahulu daripada lainnya. Kedua elemen tersebut dapat memberikan penekanan pada elemen yang membawa informasi penting.

Animasi Bergerak seperti GIF

Pada desain yang akan digunakan pada platform digital atau videotron dapat menambahkan elemen ikon yang bisa bergerak seperti GIF. Penggunaan animasi atau GIF ini akan membuat audiens fokus untuk melihat elemen tersebut. Gunakan animasi bergerak dengan bijak agar bisa menyoroti informasi penting yang membawa pesan desain.

Efek animasi atau transisi pada ikon dan teks akan berguna untuk membantu audiens fokus. Usahakan jangan berlebihan karena dapat mengganggu efektivitas dalam penyampaian pesan. Biasanya ada beberapa elemen GIF yang bisa mendukung elemen penting semakin menonjol, seperti GIF panah.

Teks Berukuran Besar dan Outline

Pada beberapa desain yang menggunakan banyak teks dan elemen lainnya akan terlihat kompleks. Untuk itu penting memberikan sorotan pada informasi penting seperti judul dan sub teks yang penting. Gunakan teks berukuran besar untuk menyoroti teks yang penting seperti judul.

Ukuran tulisan yang besar akan membantu audiens bisa membaca judul sebagai informasi yang utama. Selain teks yang berukuran besar penting untuk memberikan kemudahan teks untuk dibaca. Pemberian outline juga dapat membuat desain terlihat menonjol dan bisa menarik perhatian audiens.

Gambar atau Ilustrasi Menarik

Beberapa jenis desain dapat menggunakan gambar atau ilustrasi untuk mendukung pesan desain. Ilustrasi yang menarik dan bisa menyampaikan pesan akan mendukung efektivitas desain tersebut. Biasanya ilustrasi dan gambar akan ditempatkan pada bagian tengah desain agar bisa langsung terlihat oleh audiens.

Penggunaan ilustrasi menarik pada bagian tengah desain akan memudahkan fokus audiens pada elemen tersebut. Pastikan ilustrasi dan gambar mendukung pesan desain bukan hanya dijadikan hiasan saja.

KESIMPULAN

Dalam sebuah desain untuk berbagai kebutuhan dalam era modern ini berguna untuk menarik perhatian. Agar bisa menyampaikan pesan desain dengan efektif, untuk itu penting memilih elemen desain yang bisa menyoroti informasi penting. Pilih dan terapkan elemen desain untuk menyoroti informasi penting yang ingin disampaikan desain.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts