Desain Logo Monogram: Kelebihan dan Kekurangan

Dalam desain untuk logo terdapat banyak sekali jenis dan gaya desainnya, ini mmeungkinkan suatu merek atau perusahaan memiliki banyak pilihan gaya desain. Penentuan tipe logo biasanya dipilih berdasarkan kebutuhan, tujuan dan visi seperti apa yang ingin dibangun oleh merek. Salah satu tipe logo yang banyak digunakan merek terkenal adalah desain logo monogram.

Logo Monogram: Kelebihan dan Kekurangan
Desain Logo Karaki Jaya Perkasa

Logo monogram ini merupakan tipe logo yang mengkombinasikan dua atau lebih huruf dari nama merek atau perusahaan. Bentuk visual dari karakter merek ini merepresentasikan merek dengan baik dan sederhana. Penggunaan logo monogram ini bisa dibilang cukup populer karena memudahkan untuk dikenali dan diingat oleh audiens.

Desain logo ini biasanya dibuat dari huruf-huruf yang merupakan inisial dari nama merek yang dikreasikan bentuknya seunik mungkin. Tanpa menghilangkan bentuk huruf dan masih terlihat jelas bentuk hurufnya untuk memudahkan proses identifikasi nama merek. Kombinasi huruf-huruf pada logo tipe monogram ini terkadang menggunakan gaya tipografi tertentu. Terkadang dalam proses penciptaan logonya melibatkan elemen grafis tertentu.

Read More

Logo ini memang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan dan tujuan merek dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Ketika memilih logo perlu mempertimbangkan kedua hal tersebut untuk melihat efektivitas logo dalam membangun identitas merek yang kuat. Untuk itu Artikel ini akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari logo monogram.

Kelebihan Logo Monogram

Untuk kelebihan dari logo monogram ini bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih jenis logo ini jika efektif dan cocok dengan tujuan merek. Jika logo monogram sesuai dengan tujuan dan karakter merek, ini akan efektif membangun identitas yang kuat. Berikut beberapa kelebihannya:

Sederhana dan Memorable

Salah satu kelebihan dari penggunaan logo monogram ini adalah bentuknya yang sederhana memudahkan untuk diingat oleh audiens. Penggunaan inisial huruf dengan bentuk yang unik akan mudah diingat dan dikenali diantara banyaknya pesaing. Logo inisial meski dikombinasikan ke dalam bentuk yang unik tidak lantas membuat logonya terlihat rumit atau sulit dikenali.

Logo monogram ini juga cenderung mudah diterapkan pada berbagai media tanpa mengalami perubahan bentuk. Sehingga memudahkan pelanggan bisa mengenali merek ini dengan mudah. Bentuk logo yang sederhana juga memungkinkan audiens bisa mengenali merek dengan cepat.

Fleksibel

Logo ini juga mudah untuk diterapkan pada berbagai media dan platform karena memiliki bentuk yang sederhana. Penerapan logo untuk berbagai konteks dan kebutuhan tidak akan mengurangi kualitas dan kejelasan dari bentuk desainnya. Perubahan ukuran untuk berbagai penggunaan tidak akan membuat logo kehilangan kualitas.

Elegan dan Tidak Mudah Ketinggalan Zaman

Alasan mengapa logo ini banyak digunakan oleh merek terkenal karena hasil dari logo ini menciptakan kesan yang elegan. Ini dapat memberikan logo memiliki kesan merek yang mewah. Bentuknya logo monogram sering kali menggunakan jenis tipografi sederhana yang dapat menciptakan kesan elegan.

Logo monogram yang sederhana membuat logo ini tidak akan mudah ketinggalan zaman, dan tetap relevan meski tren terus berubah. Untuk logo monogram yang menggunakan tipografi tebal dan tegas dapat memberikan kesan profesional dan formal. Desain dari logo ini juga memberikan kesan keberlanjutan dan bisa bertahan lama.

Identitas Personal

Logo monogram yang dibuat dari kombinasi inisial nama merek ini dapat memberikan sentuhan personal. Tipe logo ini banyak juga digunakan untuk kebutuhan logo personal karena bisa mencerminkan merek pribadi dengan inisial. Desain logo yang dibentuk dari huruf inisial ini memberikan kesan eksklusif terutama jika inisial dari nama pendiri atau sesuatu yang spesifik.

Kekurangan Logo Monogram

Logo tidak hanya memiliki kelebihan tetapi juga terdapat kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan. Kekurangan ini dapat digunakan untuk mengukur seberapa efektif penggunaan tipe logo ini untuk kebutuhan dan tujuan merek. Berikut beberapa kekurangan dari logo ini:

Kurang Mencerminkan Produk atau Layanan

Desain dari logo berfokus untuk mencerminkan nama merek atau perusahaan. Sehingga tidak efektif untuk mencerminkan jenis produk atau layanan yang ditawarkan. Penggunaan logo ini tidak akan bisa digunakan untuk merek yang ingin mencerminkan produk atau layanan pada logo.

Keterbatasan dalam mencerminkan produk dan layanan ini membuat logo tidak cocok dengan jenis merek tertentu. Logo monogram dapat membuat audiens kesulitan mengenali jenis usaha merek. Biasanya logo monogram akan cocok digunakan untuk merek yang memiliki produk yang universal atau banyak.

Ketidakjelasan Bentuk Inisial

Pada beberapa kasus logo monogram dibuat terlalu unik dan berbeda dari bentuk inisial yang ada, sehingga terkadang sulit dikenali. Bentuk logo monogram yang didesain dengan cukup unik atau rumit akan membuat bentuk inisial tidak terlihat jelas. Penting untuk berhati-hati ketika ingin mengkombinasikan dua huruf atau lebih agar tetap mudah untuk dikenali.

Kesulitan Menyampaikan Cerita atau Nilai Perusahaan

Desain logo monogram ini kurang bisa menyampaikan cerita atau nilai dari perusahaan. Hal ini karena bentuknya logonya hanya berupa inisial huruf dari nama merek atau perusahaan. Terkadang penggunaan warna dan jenis tipografi hanya mencerminkan karakter merek bukan pesan dan nilai merek.

Penggunaan logo monogram mungkin kurang efektif, jika merek ingin menyampaikan pesan merek melalui desain logo. Terkadang logo monogram bisa dikombinasikan dengan elemen atau ikon tertentu untuk menciptakan logo yang bisa menyampaikan pesan merek. Penambahan elemen perlu dilakukan agar logo efektif menyampaikan nilai dan pesan merek untuk membangun branding.

Risiko Kesamaan dengan Brand Lain

Logo monogram ini bisa dibilang cukup populer digunakan untuk desain logo yang bisa mencerminkan nama merek dengan baik. Bahkan sebagian besar merek terkenal dunia menggunakan logo monogram. Tidak heran jika logo ini populer karena memang sederhana dan fleksibel, namun hal ini menjadi kekurangan logo ini.

Penggunaan logo ini memiliki kemungkinan untuk mirip atau sama dengan merek lain, karena tipe logo ini sudah banyak digunakan oleh berbagai merek. Sehingga beresiko untuk sama dengan merek lain, terutama jika inisial dan bentuk tipografinya sudah umum digunakan untuk merek lain.

Kurang Fleksibel dalam Perubahan

Logo ini mungkin fleksibel dalam konteks berbagai penggunaan untuk media dan platform. Tetapi logo ini sebenarnya kurang fleksibel untuk dilakukan perubahan ketika melakukan perluasan produk. Jika merek ingin melakukan perluasan produk atau layanan logo monogram mungkin menghadapi kesulitan dalam penyesuaian dengan perubahan.

KESIMPULAN

Desain logo monogram banyak digunakan oleh merek terkenal karena cukup sederhana, fleksibel dan efektif membangun identitas merek yang kuat. Dalam proses penciptaan logo ini penting untuk memperhatikan jenis tipografi, komposisi huruf dan kombinasi yang menciptakan bentuk unik. Penggunaan logo ini dapat mencerminkan nama merek dengan baik meskipun kurang cocok untuk menggambarkan produk atau layanan dengan spesifik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts