Warna merah dapat menciptakan persepsi dan makna yang berbeda, bergantung industri dan variasi warnanya. Variasi warna merah gelap dan terang akan menciptakan karakter berbeda, kombinasi warna merah dan lainnya juga bisa memengaruhi karakter berbeda.
Warna merah terkenal dengan kesan mencolok sehingga mudah desain logo dikenali. Kombinasi warna merah dan warna lainnya harus dipilih yang harmonis agar membangun identitas yang sesuai. Merah termasuk warna populer dalam berbagai bisnis yang ingin berkesan energi, kuat, ambisi, dan hangat.
Studi Kasus Kombinasi Warna Merah dalam Beberapa Desain Logo
Untuk membangun karakter brand, tak hanya butuh ikon dan tipografi saja, tetapi juga warna yang relevan seperti merah. Penggunaan warna merah dalam logo bisa meningkatkan daya tarik visual. Kombinasi warna merah dengan warna lainnya cukup bervariasi disesuaikan kebutuhan brand seperti:
Logo Ayamo Fried Chicken
Warna merah memang populer untuk logo kuliner seperti pada brand ayam goreng ini karena memberi kesan hangat dan menggugah selera. Logo memiliki ilustrasi ayam yang memegang ayam goreng berguna mencerminkan identitas brand. Logo ini memiliki kombinasi warna merah, kuning, putih, dan hitam sebagai outline.
Makna Kombinasi Warna:
Warna merah akan meningkatkan selera makan, kuning akan mewakili keceriaan dan kesan ramah. Sementara hitam dan putih dalam logo kuliner ini menciptakan keseimbangan sehingga memperjelas keterbacaan.
Kombinasi warna merah dan kuning yang paling dominan ini mencerminkan karakter yang menggugah selera, ceria, dan ramah.
Warna hangat ini akan menciptakan kesan fun dan mewakili brand cepat saji.
Kombinasi merah kuning yang kontras dan mencolok juga menstimulasi rasa lapar dan menarik perhatian dengan cepat.
Logo BKT Java Logistik
Desain logo logistik juga relevan menggunakan warna merah karena akan mencerminkan bisnis pengiriman yang cepat. Logo logistik ini mengkombinasikan warna merah dengan warna biru sehingga tampil kontras. Warna merah lebih dominan dari warna biru, biru digunakan untuk memberi aksen pada ikon garis tebal yang runcing.
Makna Kombinasi Warna:
Merah dalam konteks logistik akan melambangkan kekuatan dan kecepatan, biru akan berkesan profesional dan terpercaya.
Kombinasi warna biru dan merah dalam logo ini akan menciptakan kesan dinamis namun dapat diandalkan.
Warna merah akan memberi semangat dan energi pada brand logistik, sementara biru akan menjamin keamanan pengiriman.
Kombinasi warna ini akan membuat brand logistik atau pengiriman akan mencerminkan brand yang tegas, profesional, dan efisien.
Baca juga: Kesan Kombinasi Warna Merah dan Hitam dalam Desain Logo
Logo Bandar Gadai Perkasa
Desain logo perusahaan ini memiliki style ikon logo inisial dengan kombinasi warna merah dan hijau. Ikon huruf inisial memiliki warna hijau dan merah untuk membedakan bentuk huruf inisial. Kombinasi kontras tersebut membuat logo alan lebih menarik perhatian.
Makna Kombinasi Warna:
Merah dalam logo perusahaan ini akan mewakili karakter berani dan kuat, sementara hijau akan mewakili kesan stabil dan sejahtera.
Kombinasi warna merah dan hijau akan menciptakan kontras yang kuat, ini membuat logo menarik perhatian namun tetap berkesan profesional.
Hijau dalam konteks logo perusahaan akan mendukung citra keuangan yang aman dan stabil, sementara merah akan memberi energi kompetitif.
Kombinasi warna pada style logo inisial bergaya geometris ini akan mencerminkan brand keuangan yang berani, terpercaya, dan progresif.
Logo Pixelone Photography
Desain logo untuk bisnis fotografi ini memiliki gaya desain minimalis dan bentuk geometris. Logo wordmark ini menggunakan gaya font geometris, kombinasi warna dalam logo berguna menciptakan visual menarik. Warna merah digunakan sebagai aksen pada beberapa huruf sehingga kontras dengan warna hitam pada huruf lainnya.
Makna Kombinasi Warna:
Merah juga bisa mencerminkan kreativitas dan gairah dalam berkarya, contohnya pada penggunaan logo fotografi ini. Sementara hitam pada desain minimalis ini akan menciptakan elegansi dan profesionalisme.
Kombinasi warna merah dan hitam yang kontras ini akan menciptakan kesan brand modern, tegas, dan berkarakter premium.
Warna merah akan memberi kesan energik dan menarik perhatian, sementara hitam akan memperkuat kesan profesional dan keterbacaan tipografi.
Kombinasi warna merah dengan warna netral seperti hitam yang lebih dominan cocok untuk mencerminkan brand fotografi.
Baca juga: Style Logo Wordmark dengan Ikon untuk Brand Makanan
Industri yang Relevan dengan Warna Merah Lainnya
Tak hanya untuk beberapa brand seperti kuliner, logistik, atau keuangan, warna merah juga populer untuk berbagai industri. Warna merah yang mencolok harus dipilih variasinya yang sesuai karakter brand agar membangun identitas yang kuat. Berikut persepsi warna merah dalam berbagai industri lainnya:
Kesehatan dan Farmasi
Industri ini terkenal dengan penggunaan warna biru dan hijau pada desain logonya, namun penggunaan warna merah juga akan relevan. Warna merah dalam industri kesehatan akan mewakili pertolongan pertama atau keadaan darurat.
Merah dalam logo kesehatan sering diasosiasikan dengan darah, vitalitas, dan keberanian menghadapi bahaya. Untuk itu warna merah cocok untuk brand yang menekankan kesigapan dan penanganan cepat.
Biasanya agar lebih seimbang dan tidak berlebihan biasanya dikombinasikan dengan warna putih atau biru muda.
Perbankan dan Keuangan
Desain logo untuk perbankan atau keuangan juga relevan memiliki warna merah agar mencerminkan karakter berani, tekad, dan ambisi.
Warna merah dalam dunia keuangan akan melambangkan keberanian dalam berinvestasi, energi kompetitif, dan semangat meraih keuntungan.
Dalam brand keuangan warna merah biasanya dikombinasikan dengan warna oranye atau kuning, agar lebih harmonis.
Baca juga: Perbedaan Gaya Font Script dalam Logo Brand Berbeda
Kecantikan dan Kosmetik
Desain logo untuk brand kosmetik dan kecantikan biasanya memiliki desain minimalis agar berkesan elegan dan anggun, sehingga relevan dengan warna merah.
Logo kosmetik akan cocok menggunakan variasi warna merah gelap untuk menonjolkan kesan elegan dan anggun. Untuk warna merah tua atau burgundy, logo kecantikan akan memiliki kesan mewah dan feminim.
Dalam konteks brand kecantikan warna merah juga berguna menggambarkan gairah dan kesan percaya diri.
Minuman dan Alkohol
Variasi warna merah tua atau merah gelap akan relevan mencerminkan identitas brand minuman atau alkohol.
Warna merah pada desain logo wine atau alkohol yang minimalis akan mencerminkan gairah, kemewahan, dan kenikmatan. Merah juga sering dipakai untuk menunjukkan rasa yang kuat dan penuh karakter.
Otomotif
Brand otomotif biasanya memiliki gaya desain geometris yang tebal, tegas, dan tajam, untuk itu relevan dengan warna merah yang kuat dan energik. Dalam logo otomotif, warna merah akan relevan dikombinasikan dengan warna hitam. Variasi warna merah gelap akan lebih cocok untuk mencerminkan kecepatan, kekuatan, dan performa tinggi.
Merah juga membuat brand kendaraan tampak cepat, berani, dan sporty. Logo otomotif dengan warna merah akan ditemui pada brand yang ingin menunjukkan jiwa kompetitif dan inovatif.
Kesimpulan
Setiap kombinasi warna merah dengan warna lainnya akan menciptakan kesan berbeda, seperti dengan hijau, hitam, hingga kuning. Kombinasikan warna merah sesuai kebutuhan brand agar membangun identitas yang relevan dengan karakter brand. Pemilihan warna merah biasanya karena mampu menarik perhatian dengan cepat serta memberi kesan energik dan kuat.
Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.