Fungsi Warna Oranye dalam Desain Logo Kuliner hingga Edukasi

Warna cerah akan membuat desain logo lebih mencolok dan efektif menarik perhatian, seperti warna oranye yang akan menciptakan kesan penuh energi dan semangat positif. Gaya desain logo modern yang minimalis dengan warna oranye akan membangun kesan ramah, kreatif, dan mudah diingat. Fungsi atau karakter yang diciptakan warna oranye dalam desain logo akan bergantung pada gambar, variasi warna, dan kontek bisnis untuk menghadirkan kesan yang berbeda.

Tak hanya style desain, bentuk ikon, namun variasi warna berbeda akan menciptakan kesan yang berbeda. Meski umumnya warna oranye akan berkesan energik dan hangat, namun dalam konteks bisnis tertentu mungkin akan memiliki makna berbeda. Warna cerah seperti oranye umumnya juga lebih efektif untuk digunakan dalam menarik perhatian dengan cepat.

Apa yang Dimaksud dengan Variasi Warna Oranye?

Warna oranye berada diantara warna merah dan kuning, serta termasuk warna hangat yang bisa tampil mencolok. Oranye termasuk warna yang memiliki spektrum yang luas, sehingga memiliki banyak variasi warna. Dari warna oranye terang menyala (vibrant orange) hingga warna oranye yang mendekati cokelat (burnt orange). Setiap variasi warna oranye akan memengaruhi persepsi terhadap brand:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Oranye terang: berkesan energik, ceria, dan playful
Warna oranye kemerahan: tampil aktif, ambisius, dan menarik perhatian
Oranye hangat atau kecoklatan: menciptakan kesan profesional, stabil, dan bersahabat
Oranye pastel: memberi kesan lembut, ramah anak, dan menyenangkan

Meski pada umumnya warna oranye cerah akan lebih menarik perhatian, namun untuk merepresentasikan karakter yang tepat, pilih variasi warna oranye yang sesuai. Kombinasikan warna oranye dengan harmonis, serta menciptakan kontras yang jelas.

Baca juga: 4 Desain Logo Warna Merah dan Biru yang Kontras

Analisis Logo dengan Warna Oranye dan Karakter Brand-nya

Desain logo dapat menggunakan berbagai warna cerah untuk mewakili karakter brand yang menyenangkan dan ramah. Contohnya warna oranye yang sering digunakan mewakili kesan positif dan energik. Setiap variasi warna oranye, dalam style logo dan konteks bisnis berbeda ini mewakili kesan berbeda:

Logo Kejora Furniture

Fungsi Warna Oranye dalam Desain Logo Kuliner hingga Edukasi

Desain logo untuk bisnis furniture ini memiliki style logo inisial dengan ikon huruf sederhana sehingga tampil minimalis. Bentuk ikon huruf memiliki style font sederhana, tebal, dan modifikasi terpotong yang unik. Warna oranye tua dalam logo menciptakan kesan dan karakter seperti:

Makna Warna:

Variasi warna oranye dalam logo ini memiliki visual oranye ke arah bata atau burnt orange, ini akan memberi kesan bisnis furnitur yang kokoh dan profesional. Oranye dalam logo juga menciptakan kesan hangat dan ramah.

Warna oranye dalam logo furnitur ini cocok untuk menekankan produk furnitur yang kuat dan nyaman.

Karakter Brand:

Dalam brand furnitur yang memiliki logo minimalis dan font tebal, oranye tua akan menciptakan karakter yang tangguh, berpengalaman, dan bersahabat.

Warna oranye akan menunjukkan produk furnitur yang memiliki kualitas dapat diandalkan namun tetap mengikuti gaya modern.

Logo Tan’s Anugerah Gemilang

Daya Tarik Logo Ruang Negatif yang Terlihat Cerdas

Desain logo memiliki warna oranye yang terang menyala dan digunakan dengan solid sehingga logo lebih menonjol. Style logo kombinasi inisial dan ikon pin tampil sederhana yang mana memperjelas identitas brand. Variasi warna terang untuk brand ini akan berkesan:

Makna Warna:

Warna oranye terang dalam logo bisnis ini memiliki latar belakang hitam sehingga kontras. Warna hitam yang gelap membuat simbol logo warna terang akan menonjol dan lebih mencolok. Kontras warna oranye dengan warna hitam ini mengkomunikasikan ambisi dan kepercayaan diri yang tinggi.

Karakter Brand:

Style logo minimalis dengan warna oranye ini menciptakan kesan brand dinamis, modern, dan tampil menonjol. Warna oranye cocok untuk bisnis industri, logistik, atau teknologi lokal yang tampil berani.

Logo Nochi Donut

Fungsi Warna Oranye dalam Desain Logo Kuliner hingga Edukasi

Brand makanan untuk donut ini memiliki gaya desain minimalis untuk membuat gambar donut jelas dan mudah dikenali. Logo wordmark ini memiliki gaya font bulat dengan dekorasi ikon donut yang sederhana. Garis luar atau kontur dalam tipografi bulat tersebut memiliki warna oranye muda yang kemerahan.

Makna Warna:

Warna oranye yang kemerahan ini akan memberi kesan manis, ramah, dan fun, warna cocok untuk bisnis makanan ringan. Oranye kemerahan cocok untuk brand makanan karena memberi kesan hangat. Desain logo ini menggunakan warna oranye dengan font bulat yang gemuk dan ilustrasi donut sederhana untuk menekankan daya tarik pada anak-anak dan remaja.

Karakter Brand:

Warna oranye kemerahan membuat brand donut memiliki kesan ceria, playful, dan menggugah selera. Oranye dalam brand makanan sering digunakan untuk memicu rasa lapar sekaligus berkesan menyenangkan. Karakter warna yang cerah cocok untuk membuat logo donut lebih menonjol di pasaran.

Baca juga: 7 Rekomendasi Palet Warna Cerah Dan Ceria untuk Desain Brand

Logo Srikandi Laundry

Logo Srikandi Laundry

Desain logo untuk bisnis laundry ini menggunakan warna oranye yang hangat dan cerah, dengan ikon logo yang simbolis. Logo memiliki simbol tokoh srikandi yang kuat dengan style siluet yang sederhana. Kombinasi warna oranye cerah dengan simbol srikandi dan font script tebal menciptakan kesan feminim, mandiri, dan ramah.

Makna Warna:

Variasi warna oranye cerah akan membuat logo laundry lebih mencolok dan tampil beda, karena biasanya bisnis ini menggunakan warna biru. Warna oranye cerah akan merepresentasikan kesan energik, bersih, dan kenyamanan. Simbol srikandi dan oranye akan mewakili kesan bersih, feminim, dan berdaya.

Karakter Brand:

Bisnis self service laundry dengan ikon srikandi akan mewakili karakter bisnis dengan layanan mandiri. Warna oranye dalam logo ini akan merepresentasikan layanan yang mudah diakses oleh pelanggan. Bisnis ini mengangkat semangat perempuan melalui warna cerah yang energik dan kuat.

Logo Buna Education

Logo Buna Education

Style logo line art ini menciptakan desain minimalis dengan simbol logo kombinasi lampu dan otak. Simbol logo ini mewakili bisnis pendidikan yang ingin merepresentasikan prestasi dan kecerdasan. Warna oranye kontras dengan warna biru sehingga lebih menonjol dan mewakili kesan energik dan optimisme.

Makna Warna:

Warna oranye keemasan dalam logo ini agak memiliki visual pastel sehingga dapat berkesan lembut. Oranye dikombinasikan dengan warna biru tua, sehingga menciptakan kontras. Kombinasi akan menciptakan keseimbangan antara semangat belajar dan kepercayaan.

Karakter Brand:

Warna oranye untuk bisnis pendidikan akan mewakili identitas brand edukatif, cerdas, dan mendorong berpikir keras. Simbol otak dengan gaya line art berwarna oranye cerah memperkuat kesan brand yang fokus mendukung pertumbuhan kecerdasan.

Baca juga: Kenapa Warna Cerah Efektif untuk Desain Logo Modern?

Kapan Saat yang Tepat Memilih Warna Oranye dalam Logo?

Warna oranye dalam desain logo adalah salah satu pilihan strategis untuk membuat brand berkesan energik, bersahabat, dan penuh semangat. Variasi warna oranye juga luas untuk menciptakan berbagai kesan dan karakter brand yang berbeda. Warna ini juga mampu menarik perhatian tanpa memberi kesan berlebihan. Untuk menggunakan warna oranye perhatikan saat yang tepat, seperti:

Ketika brand ingin tampak ceria dan mudah diakses: warna cerah ini cocok untuk brand yang ingin membangun kedekatan dengan konsumen, serta menyampaikan kesan terbuka, tidak kaku, dan mudah didekati.

Untuk membangun kesan energik dan aktif: logo dengan warna oranye akan mempresentasikan gerak, motivasi, dan kedekatan. Warna ini cocok untuk brand dengan semangat positif, penuh ide baru, dan ramah.

Gunakan saat ingin menciptakan nuansa hangat tetapi tetap profesional: variasi warna oranye tua akan memberi kesan brand yang dewasa dan profesional, cocok untuk memberi kesan hangat.

Kesimpulan

Dalam banyak desain logo warna oranye akan identik dengan kesan optimis dan ramah, tetapi ketika digunakan dalam variasi warna tertentu, sesuai konteks bisnisnya, dan target audiens, kesannya bisa berubah. Warna oranye dalam berbagai branding desain logo dapat digunakan sebagai senjata branding yang kuat. Biasanya oranye cukup populer digunakan dalam desain logo brand makanan, keuangan, hingga logistik.

Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.

Related posts