8 Tips Meraih Sukses dalam Bisnis Katering

Bisnis Katering adalah bisnis makanan yang menyediakan berbagai makanan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Usaha ini menerima pemesanan makanan untuk berbagai acara seperti pernikahan, pengajian hingga acara seminar atau lainnya. Bisnis Katering telah berkembang cukup pesat, tidak heran banyak orang yang juga tertarik memulai bisnis ini.

8 Tips Meraih Sukses dalam Bisnis Katering
Desain logo Bisnis Katering Putrisekar

Skala dalam usaha makanan ini juga bergantung pada pemesanan, biasanya untuk usaha yang baru merintis ada batasan jumlah pemesanan. Bagi usaha yang sudah besar skala pemesanan makanannya sudah banyak dan lebih beragam jenis makanan yang dijadikan isi katering.

Bisnis makanan ini ada banyak jenisnya, mulai dari isi katering hingga model bisnisnya. Ada bisnis katering yang hanya menyediakan jasa untuk makanan ringan, ada yang khusus minuman, dan ada juga yang khusus makanan berat seperti paket nasi. Semakin banyak varian isi katering yang bisa dipilih, akan menyediakan pelanggan banyak pilihan.

Read More

Bisnis ini bisa menjadi peluang yang menarik, melihat ada banyaknya peluang dari berbagai acara yang biasa diadakan masyarakat. Acara yang melibatkan banyak orang, biasanya akan membutuhkan jasa katering untuk menyediakan makanan dalam jumlah yang banyak. Ada beberapa tips penting yang perlu diketahui bila ingin berhasil dalam menjalankan bisnis katering.

8 TIPS MERAIH SUKSES BISNIS KATERING

Riset Pasar dan Tentukan Target Konsumen

Sebelum terjun ke bisnis katering, alangkah baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Dengan melakukan riset bisnis bisa lebih terarah dan bisa direncanakan lebih baik. Lakukan riset mengenai bisnis katering, mulai dari kebutuhan pasar, tren pasar hingga minat masyarakat pada bisnis ini seperti apa.

Lakukan riset untuk mengetahui menu apa saja yang biasa disukai orang untuk bisnis katering, serta pengemasan seperti apa yang mereka kehendaki. Terkadang dalam bisnis katering sekalipun juga ada yang namanya tren makanan dan minuman. Pantau tren pasar di dunia katering, cari tahu bagaimana bisnis katering saat ini berjalan.

Melakukan riset akan membantu untuk merencanakan bisnis katering lebih baik dan tertata. Selain itu juga bermanfaat untuk menentukan target pasar, sehingga bisa merencanakan strategi yang tepat untuk menjangkau target pasar tersebut. Riset juga berguna agar bisnis bisa bersaing dengan bisnis lain.

Menentukan Jenis Katering

Langkah selanjutnya setelah melakukan riset adalah menentukan jenis katering. Ini cukup krusial karena beda jenis katering maka beda model bisnis yang dijalankan. Selain itu bisnis katering yang memiliki variasi jenis makanan butuh lebih banyak modal.
Tentukan apakah bisnis katering milikmu adalah bisnis rumahan yang melayani pesanan dengan jumlah terbatas dan untuk acara skala kecil. Usaha katering rumahan biasanya menyediakan pemesanan untuk hajatan kecil seperti tahlilan, ulang tahun, hingga arisan.

Untuk target pasar usaha katering rumahan biasanya adalah warga sekitar yang memiliki acara. Sementara untuk target pasar dengan skala besar biasanya untuk acara berskala besar seperti seminar kampus, pengajian akbar, hingga pernikahan dengan banyak undangan. Model bisnis biasanya ditentukan seberapa besar modal dan jumlah karyawan yang membantu memasak.

Untuk katering prasmanan pernikahan, biasanya menyediakan jasa pemesanan makanan untuk tamu undangan. Biasanya mereka menyediakan berbagai pilihan lauk, sehingga pelanggan bisa memilih sesuai preferensi. Untuk katering prasmanan terkadang ada pihak katering yang berjaga di meja turut membantu menyediakan makanan.

Siapkan Modal Usaha Katering

Modal usaha dalam usaha katering cukup penting, karena ini adalah modal awal agar bisa menjalankan bisnis. Biasanya pihak pemesan jasa ini terkadang membayar DP saja untuk awal, sehingga penting untuk menyiapkan modal untuk membuat pesanan. Apalagi jika pemesanan dalam jumlah yang banyak akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Buatlah perkiraan modal yang dibutuhkan dengan menghitung semua bahan dan alat yang dibutuhkan, kemudian siapkan modal sesuai kebutuhan. Dengan memperkirakan biaya yang dibutuhkan akan mencegah resiko kekurangan biaya untuk beroperasi.

Modal yang dibutuhkan ini akan digunakan untuk berbelanja bahan baku dan semua peralatan termasuk untuk kemasan, membeli bahan baku biasanya menelan banyak biaya. .

Buatlah Resep Makanan yang Lezat

Rasa masakan salh satu hal utama dalam bisnis makanan. Memiliki resep dan rasa yang lezat pada makanan akan membantu bisnis disukai konsumen, sehingga bisnis pun bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pilih resep-resep makanan yang disukai oleh sebagian besar orang dalam jenis makanan katering milikmu.

Kamu juga bisa menciptakan resep makananmu sendiri. Ciptakan resep dengan rasa yang berkualitas dan unik, ini akan memberikan usahamu memiliki nilai lebih di antara bisnis yang lain.

Sediakan Berbagai Variasi Menu

Sediakan berbagai pilihan menu untuk katering untuk memberikan lebih banyak pilihan pada pelanggan. Jika memungkinkan hadirkan berbagai pilihan dari yang berminyak,berkuah, kering atau bakar sekalipun. Menyediakan menu makanan khas daerah Indonesia juga akan memiliki daya tarik tersendiri.

Menyediakan berbagai pilihan bertujuan agar pelanggan tidak bosan dengan pilihan menu dan pelanggan dapat lebih puas dengan pelayanan. Tawarkan pula berbagai rasa dan tampilan masakan, tampilan masaan juga penting untuk menggugah selera makan.

Rekrut Karyawan yang Pandai Memasak

Dalam bisnis makanan ini penting untuk merekrut karyawan yang pandai memasak, ini penting untuk memudahkan membantu saat membuat pesanan. Untuk bisnis pemula bisa meminta bantuan kerabat dan teman. Jika bisnis sudah makin besar dapat mulai merekrut juru masak yang ahli.

Memiliki juru masak yang ahli akan membantu menjaga kualitas makanan dan proses membuat makanan juga akan lebih efisien. Jangan lupa untuk selalu memeriksa makanan sebelum dijual.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Bisnis makanan katering ini juga penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Saat melayani pelanggan gunakan bahasa yang sopan, ramah dan pastikan cepat menanggapi pertanyaan dan pesan. Selain itu penting untuk tepat waktu dalam pengiriman, jangan sampai terlambat karena bisa mengganggu acara dan membuat pelanggan kecewa.

Jika pelanggan memberikan saran atau umpan balik kepada bisnis, dengarkan dengan baik serta jawab dengan bahasa yang sopan. Jika ada pertanyaan dan pemesanan lewat sosial media balas dengan segera. Respon yang cepat akan membuat pelanggan puas.

Lakukan Promosi Bisnis

Lakukan promosi bisnis dengan berbagai cara mulai dari promosi ke tetangga sekitar dan kerabat serta teman, selain itu juga bisa memasang iklan di pinggir jalan bila memiliki modal yang besar. Saat ini bisnis katering juga sudah mulai banyak dipromosikan menggunakan sosial media.

Menggunakan sosial media dan iklan di sosial media akan lebih muda menggaet banyak orang. Buat juga membuat konten dan lakukan branding di sosial media, buat akun sosial media dan upload konten yang menarik.

KESIMPULAN

Bisnis yang menyediakan layanan pemesanan makanan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Mulai dari memahami target pasar, tren serta kebutuhan pasar. Termasuk juga dengan menyediakan berbagai pilihan menu yang menarik dan beragam. Untuk bisa bersaing dalam bisnis ini perlu memikirkan strategi promosi yang tepat.

Bagi kamu yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts