Tips Menciptakan Hirarki Informasi Pada Infografik Piramida

Dalam menyampaikan informasi dengan efektif, desain bisa dimanfaatkan untuk meringkas informasi dalam bentuk visual menarik. Salah satu dengan infografik, dimana desainnya dibuat untuk menyampaikan informasi komplek dengan menarik. Dalam desain infografik ada beberapa tips untuk menciptakan hirarki informasi terutama dalam jenis piramida.

Tips Menciptakan Hirarki Informasi Pada Infografik Piramida

Infografik piramida ini menampilkan informasi dalam bentuk piramida atau segitiga. Informasi disusun mengikuti bentuk piramida. Penyusunan informasi dalam infografik ini dapat memengaruhi hirarki informasi.

Hal tersebut karena informasi dalam bentuk piramida disusun dari yang paling penting atau sebaliknya. Semakin runcing maka informasinya akan semakin penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun informasi pada infografik piramida.

Read More

Simak pembahasan artikel ini tentang tips menciptakan hirarki informasi dalam infografik piramida. Proses penyusunan informasi dan elemen untuk mendesain infografik ini melibatkan beberapa elemen urutan berjenjang, menekankan tingkatan penting.

Baca juga: Jenis-jenis Infografik dalam Desain Sesuai Tujuan

Tips Menciptakan Hirarki Informasi pada Infografik Piramida

Untuk menyusun desain infografik piramida hirarki informasi cukup penting daripada jenis lainnya. Hal ini karena infografik ini memiliki tujuan utama untuk menunjukkan hirarki informasi. Berikut beberapa tipsnya:

Pahami Tingkatan Informasi

Dalam desain yang akan dibuat pahami tingkatan informasinya. Dari informasi yang akan ditampilkan pada desain infografik biasanya terdapat susun informasi dari yang terpenting ketidak. Penting memahami tingkat kepentingan informasi sebelum menyusunnya dalam bentuk infografik.

Tips Menciptakan Hirarki Informasi Pada Infografik Piramida

Mengidentifikasi urutan informasi dari paling penting hingga paling spesifik akan memudahkan proses penciptaan infografik. Pembuatan infografik piramida dilakukan agar audiens lebih mudah memahami informasi yang kompleks. Terutama informasi yang memiliki susunan tingkat kepentingan.

Tempatkan Elemen Paling Penting di Puncak Segitiga

Dalam menyusun infografik bentuk piramida yang bertujuan menunjukkan hirarki informasi. Penting untuk menempatkan elemen paling penting pada desain puncak. Pada bagian puncak atau yang paling runcing disitulah tempat informasi paling penting.

Penempatan ini memudahkan audiens memahami mana informasi yang paling penting. Ujung segitiga yang runcing pada bagian ataupun segitiga terbalik menjadi fokus utama dalam desain infografik ini. Audiens cenderung fokus melihat bagian runcing terlebih dahulu.

Gunakan Ukuran Besar untuk Menyoroti Hierarki

Dalam mendesain infografik yang bisa menyoroti informasi penting, dapat dengan memanfaatkan ukuran font dan elemen. Ukuran elemen desain yang besar tentunya akan mudah terlihat audiens. Penting untuk menggunakan ukuran elemen yang lebih besar pada elemen puncak dimana informasi penting berada.

Selain urutannya pada infografik piramida ini menciptakan hirarki informasi bisa dari ukurannya. Gunakan ukuran yang besar pada bagian puncak dan semakin ke bawah semakin mengecil. Termasuk pada segitiga terbalik, tinggal dibalik saja ukurannya, dari kecil ke besar.

Gradasi Warna

Pemberian warna gradasi juga bisa meningkatkan hirarki informasi. Warna gradasi cenderung menarik perhatian karen mencolok dan cerah. Warna ini memberikan efek visual yang menarik jika diterapkan pada informasi penting dengan bijak.

Tips Menciptakan Hirarki Informasi Pada Infografik Piramida

Biasanya piramida akan dibagi dalam beberapa agiah hingga puncak. Berikan warna gradasi pada elemen puncak agar menonjol. Buat warnanya semakin kebawah semakin gelap. Hal ini akan memudahkan audiens untuk fokus.

Gunakan Panah atau Garis Penghubung

Meskipun bentuk segitiga dalam infografik sudah membantu navigasi audiens dalam membaca informasi. Penggunaan tanda panah atau garis penghubung bisa membantu audiens melihat aliran informasi dalam infografik. Termasuk juga menunjukkan aliran hirarki informasi dalam desain infografik piramida tersebut.

Ikon atau Simbol yang Relevan

Gunakan ikon atau simbol yang relevan dengan informasi yang disampaikan. Misalnya infografik menjelaskan kekerabatan hewan, gunakan gambar hewan. Atau jika infografik berisi tentang informasi kesehatan gunakan simbol-simbol dalam dunia kesehatan.

Tips Menciptakan Hirarki Informasi Pada Infografik Piramida

Manfaatkan gambar, ikon dan simbol sederhana untuk mendukung informasi. Penggunaan ini juga memudahkan untuk memvisualisasikan informasi atau konsep.

Susun informasi dengan Berjenjang

Untuk memberikan tampilan desain infografik menarik dan memudahkan keterbacaan. Susun elemen-elemen informasi secara berjenjang mulai dari puncak hingga kebawah. Pastikan jarak dan ruang yang memudahkan keterbacaan. Hal ini agar ikon maupun tulisan terlihat jelas dan tidak terlalu penuh.

Konsistensi dalam Gaya dan Font

Untuk menyusun desain infografik piramida dengan menarik pastikan juga untuk konsisten. Gunakan font, warna, ikon dan gaya desain konsisten agar desainnya tampak profesional dan rapi. Hal ini berguna untuk memudahkan desain dibaca dan memberikan tampilan menarik.

Atur Jumlah Tingkatan

Perlu diingat bahwa dalam desain infografik ini tingkatan perlu dibatasi. Hal ini karena terlalu banyak tingkatan akan membuat desain tidak terlihat jelas. Terlalu banyak jumlah tingkatan juga dapat membuat bingung audiens.

Untuk membatasi jumlah tingkatan gunakan informasi yang paling penting dan relevan. Pastikan jumlah tingkatan cukup menjelaskan susunan informasi tanpa melupakan hal-hal yang penting.

Gunakan Teks Sederhana

Infografik dirancang untuk memudahkan audiens memahami informasi yang kompleks. Untuk itu penting menggunakan teks dengan bahasa yang sederhana. Hal ini agar informasi mudah dipahami. Terutama pada desain infografik untuk piramida ini gunakan teks yang singkat karena keterbatasan ukuran tingkatan.

Teks yang singkat dan bahasa yang sederhana harus bisa mewakili informasi yang kompleks. Penggunaan teks yang sederhana akan memudahkan audiens membaca informasinya.

Kontras Warna untuk Memfokuskan

Penting untuk memastikan adanya kontras warna pada elemen paling penting seperti puncak. Untuk membuat informasi penting dapat menarik perhatian. Penggunaan warna yang kontras atau berbeda akan menonjolkan tingkatan yang lebih penting.

Penerapan kontras warna bisa pada tingkatan font ataupun elemennya. Ini akan membantu audiens menemukan informasi penting.

Baca juga: Kombinasi Warna: Tujuan Kombinasi Warna Kontras pada Desain

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain infografik yang memuat informasi kompleks penting memerhatikan beberapa hal untuk menunjukkan hirarki informasi. Terutama pada desain infografik piramida yang memiliki tujuan utama menunjukkan hirarki informasi. Infografik bentuk segitiga dan segitiga terbalik ini efektif untuk menunjukkan hirarki informasi dengan jelas.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts