Motion Grafik: Ciri dan Contoh Desain yang Menginspirasi

Desain grafis ini kerap digunakan untuk proses pemasaran. Motion grafis membuat desain lebih menarik dan interaktif. Motion grafik tidak sama dengan animasi, motion grafik memiliki ciri yang membedakan dari desain grafis yang lain.

Sebagai seni yang menciptakan desain gambar bergerak, motion grafik terus mengalami perkembangan di era digital ini. Teknologi yang terus dikembangkan membantu penciptaan motion grafik yang semakin bagus. Dalam era modern ini motion grafik adalah kunci yang digunakan dalam berbagai media.

Motion grafik ini biasanya digunakan untuk penyampaian informasi, mulai dari iklan, konten sosial media, presentasi hingga untuk menjelaskan materi pelajaran sekolah. Desain ini berperan penting untuk menyampaikan pesan dan informasi.

Read More

Dalam era digital ini penggunaan motion grafik semakin digemari karena efektif dan efisien. Untuk mengetahui ciri dan contoh desain motion grafik, simak penjelasan artikel ini yang membahasnya.

CIRI-CIRI DESAIN MOTION GRAFIK

Motion grafik memiliki ciri tersendiri, yang tidak sama dengan animasi atau jenis desain grafis. Desainnya sebatas pada ilustrasi, tetapi lebih kompleks dan bermacam-macam.

Pergerakan yang Dinamis

Desain motion grafik ini memiliki gerakan yang dinamis untuk menarik perhatian. Gerakannya disesuaikan dengan kebutuhan elemen.

Gerakannya memiliki biasanya berupa transisi halus, animasi karakter, atau gerakan elemen lainnya. Terkadang ada juga gerakan teks atau bikin tersentuh. Gerakan-gerakan dalam motion grafik akan menciptakan dinamika visual yang halus.

Keterpaduan Audio-Visual

Dalam desain motion grafik, tidak hanya ada gerakan gambar melainkan juga terdapat audio visual. Suara dan gambar yang bergerak dalam desa motion grafik dikombinasikan untuk menyampaikan pesan dengan lebih baik.

Tidak seperti animasi yang dimana audionya memiliki karakter atau alur cerita, dalam motion grafik tidak begitu. Audio visual hanya menerangkan pesan atau informasi dan tidak selalu memiliki cerita.

Biasanya juga audio dalam motion grafik disesuaikan dengan pergerakan elemen visual, ini untuk membantu menjelaskan pesan dan meningkatkan daya tarik.

Komposisi Visual yang Dinamis

Untuk ciri yang satu ini, biasanya desain grafis memiliki komposisi visual yang menarik dan dinamis. Penting untuk mengatur tata letak elemen desain seperti teks, warna dan bentuk-bentuk agar tercipta desain memiliki tatanan visual dinamis.

Mengatur tatanan visual yang sesuai tempatnya akan mendukung dalam penciptaan narasi visual. Sehingga dapat memberikan fokus atau sorotan pada bagian yang penting.

Motion grafik harus memiliki komposisi visual dengan pergerakan yang sesuai agar pesan tersampaikan dengan dan dapat menarik perhatian.

Kecepatan dan Ritme

Dalam mengatur gerakan dalam motion grafik penting untuk mengatur kecepatan dan ritme. Sesuaikan kecepatan dan ritme dan setiap elemen, agar tidak berlebihan atau terlalu cepat.

Mengatur kecepatan slide atau pergerakan tulisan sangatlah penting agar tulisan dapat terbaca dengan jelas. Kecepatan pergerakan juga bisa mempengaruhi nuansa dalam desain.

Desain motion grafik yang memiliki gerakan cepat akan memberikan kesan energik. Sementara pergerakan yang lebih tenang akan memberikan efek dramatis dan tenang pada desain.

Kreativitas dalam Transisi

Untuk menciptakan desain motion grafik yang menarik, penting untuk berani berkreasi dalam transisi. Penggunaan transisi yang unik akan membuat desain motion grafik semakin unik.

Kreasikan transisi antar adegan atau perubahan elemen dan teks, gunakan transisi yang lancar dan sekreatif mungkin. Jenis dan kecepatan transisi dapat memberikan efek tertentu seperti dramatis.

Efek transisi juga memberikan nilai tambah pada estetika, yang mungkin dapat menarik perhatian audiens.

Animasi Karakter yang Ekspresif

Citi lain dari desain motion grafik adalah penggunaan animasi atau karakteristik yang ekspresif. Menggunakan karakter yang ekspresif dapat menyampaikan pesan dengan cara lebih baik.

Animasi juga akan memudahkan memberikan penjelasan tentang pesan dan informasi yang perlu disampaikan. Jika desain memiliki gerakan karakter yang ekspresif ini dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat antara audiens dan konten.

Teknik 3D dan Efek Visual Lanjutan

Desain motion grafik juga menggunakan efek tiga dimensi untuk menciptakan tampilan visual interaktif dan menarik. Biasanya akan ada beberapa elemen yang berupa teks, karakter atau bentuk dengan efek tiga dimensi, ini akan memberikan elemen lebih terasa hidup.

Penggunaan elemen 3D pada desain motion grafik, akan membuat desain semakin unik. Sekian efek tiga dimensi, biasanya juga diberi efek visual untuk mempercantik desain seperti penambahan efek partikel, cahaya dan perubahan perspektif.

CONTOH PENGGUNAAN DESAIN MOTION GRAFIK

Title Sequence Film

Desain motion grafik juga kerap digunakan untuk membuat judul pembukaan dalam sebuah film. Ini digunakan untuk menciptakan judul yang menarik dan memberikan kesan mencolok.

Contohnya pada title sequence film dari “Guardians of the Galaxy,” Dalam film ini motion grafiknya menggunakan animasi dinamis dan warna-warna yang memberikan kesan sci-fi sesuai dengan genre film tersebut.

Iklan Televisi

Iklan televisi juga banyak yang menggunakan motion grafik, untuk menyampaikan pesan merek dengan baik. Penggunaan desain motion grafik akan membantu menarik perhatian audiens.

Contohnya pada Telkomsel “Digital Lifestyle” Campaign. Kampanye milik Telkomsel ini menggunakan animasi yang inovatif dan desain grafik maupun menyampaikan pesan merek dengan baik. Iklan ini berfokus memberikan sorotan pada kehidupan digital di Indonesia.

Video Musik

Video musik termasuk sering membuat motion grafik untuk menyampaikan pesan dari lirik lagu. Pesan lagu dapat tersampaikan dengan baik melalui tampilan visual yang menarik. Contohnya “Cerita Tentang Gunung dan Laut” dari efek rumah kaca dan “IDOL” dari BTS

Logo Animasi

Logo merek biasanya juga banyak yang menggunakan motion grafik, untuk memberikan efek dinamis yang menjadi ciri khas merek. Contohnya pada logo perusahaan SM entertainment.

Infografis Bergerak

Untuk memberikan tampilan infografis yang lebih menarik, terkadang infografis juga menggunakan motion grafik. Ini akan memberikan tampilan yang menarik saat menyajikan data dan statistik sehingga lebih mudah dipahami.

Contoh Desain Motion Grafik Lainnya

Motion grafik pada pembukaan Asian Games 2018 di Indonesia menunjukan keindahan motion grafik yang memadukan elemen tradisional dan modern. Perpaduan tersebut menghasilkan visualisasi yang indah.

KESIMPULAN

Desain motion grafik ini memiliki keunikan tersendiri yang mampu memberikan daya tarik visual serta menyampaikan informasi secara efektif. Motion grafik dapat memberikan pengalaman visual dari suatu informasi mulai dari iklan, konten sosial media, logo hingga video musik. Desain ini kian digemari di era digital karena cukup efisien dan efektif dalam menerangkan sesuatu. Penting memahami ciri-ciri desain motion grafik sebelum menciptakannya. Ini akan membantu mengeksplorasi gaya desain motion grafik yang lebih unik dan kreatif.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts