Tips Mendesain Stiker yang Menarik

Dalam dunia desain, menciptakan desain untuk stiker tidak jauh beda dengan membuat desain lainnya. Membuat desain stiker juga melibatkan beberapa elemen desain pada umumnya. Ada beberapa tips yang perlu dipahami untuk mendesain stiker yang menarik.

Stiker dapat didesain sesuai dengan tujuan penggunaannya, sehingga dapat terlihat jelas dan menarik. Dalam proses menciptakan desain stiker melibatkan elemen seperti warna, tipografi, efek visual dan lainnya. Untuk mendapatkan tampilan desain yang menawan penting untuk mengkombinasikan elemen dengan bijak.

Elemen desain tersebut akan dibuat kedalam gambar, tulisan, dan bentuk-bentuk yang unik, yang kemudian dicetak sesuai kebutuhan. Ada yang dicetak fisik tetapi ada juga stiker yang digunakan secara digital. Penggunaan stiker disesuaikan dengan kebutuhan yang mana desainnya pun akan berbeda.

Read More

Untuk ukuran stiker biasanya mulai dari yang kecil hingga sedang. Ukuran stiker disesuaikan dengan kebutuhan. Perlu diingat stiker tidak hanya untuk dekorasi tetapi juga sebagai penanda produk atau jenis produknya.

Untuk desain stiker ini memiliki beragam gaya dan tujuan, sehingga desainnya akan disesuaikan konteks dan tujuan penggunaan. Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mendesain stiker yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Beberapa Tips Mendesain Stiker yang Menarik

Dalam proses menciptakan desain stiker, perlu mempertimbangkan tujuan dan konteks penggunaan stiker. Berikut beberapa tipsnya:

Konsep Kreatif

Dalam mendesain stiker salah satu tips pentingnya adalah membuat konsep yang menarik. Biasanya desain memiliki konsep dalam satu tema tertentu. Konsep yang menarik akan menghasilkan desain stiker yang menarik.

Untuk menghasilkan desain stiker yang menarik, dapat dimulai dengan menentukan tujuan dan konteks penggunaan stiker. Buat konsep stiker yang menarik sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Misalnya untuk keperluan dekorasi bisa bebas mengkreasikan seunik mungkin. Sementara untuk memberikan tanda pada produk penting, stikernya bisa dibuat dengan kesan formal dan jelas. Penting memastikan konsep stiker yang digunakan sesuai dengan tujuan, produk hingga nilai merek.

Pemilihan Warna dan Gaya

Setiap desain stiker memiliki gaya desain tersendiri yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Terkadang gaya desain stiker mengikuti tema umum atau disesuaikan dengan identitas merek.

Gunakan palet warna yang disesuaikan dengan gaya desain stikernya. Untuk desain yang digunakan untuk dekorasi atau hiasan, biasanya menggunakan paket warna cerah, pastel dan warna-warni. Stiker untuk dekorasi mengutamakan tampilan yang memikat dengan warna cerah.

Penempatan Gambar dan Teks

Desain stiker biasanya menggunakan gambar, ikon hingga teks untuk stiker, yang mana gambar atau teks akan dikreasikan dengan unik. Tulisan pada stiker akan diberikan outline untuk memperjelas teks, dan juga ditata kedalam bentuk yang unik.

Sama halnya dengan gambar atau ikon akan dibuat kedalam desain yang bervariatif dan ditambahkan efek khusus. Pemberian efek seperti glitter akan memperindah tampilan stiker. Sementara untuk kebutuhan label pada produk, desain gambar dan teksnya akan berfokus meningkatkan keterbacaan.

Ukuran dan Bentuk

Untuk ukuran dan bentuknya desain stiker juga bervariasi sesuai kebutuhan. Untuk kebutuhan dekorasi juga bermacam-macam ada yang kecil hingga sedang. Ukuran stiker sebagian besar disesuaikan kebutuhan dan media tempat penggunaan stiker.

Bentuk stiker untuk label atau menandai paket banyak didesain dengan formal dan jelas. Sesuai dengan tujuannya untuk memberikan informasi pada audiens tentang produk. Sementara untuk kebutuhan souvenir dan dekorasi bisa lebih bebas bentuknya dan variatif.

Kesesuaian dengan Medium

Desain stiker juga perlu disesuaikan dengan media dimana stiker akan digunakan. Pastikan desain stiker akan tetap terlihat jelas ketika dicetak fisik atau ditempel pada media tertentu. Desain stiker harus mempertimbangkan media cetak dan penggunaan stikernya.

Ketika stiker akan ditempel pada produk atau paket pastikan desainnya bisa beradaptasi dengan desain kemasan. Sementara untuk dipakai menghias sesuatu seperti laptop atau botol minum, stiker bening bisa menjadi pilihan.

Resolusi dan Kualitas Gambar

Desain stiker juga harus mempertimbangkan resolusi gambar yang tinggi, untuk memastikan bahwa hasil cetak akan bagus. Gunakan gambar, ikon atau elemen desain lainnya dengan kualitas yang tinggi.

Sebelum mencetak pastikan agar desain stiker berkualitas tinggi. Gunakan warna yang tajam dan gambar yang jelas. Sesuaikan warna untuk kebutuhan cetak, agar desain masih memiliki tampilan yang sama.

Kreativitas dalam Detail

Penting juga memperhatikan detail pada desain stiker untuk menghasilkan desain yang menarik. Salah satu kunci utama untuk mendesain stiker yang menarik adalah menciptakan kreativitas. Kreasikan elemen kreatif yang ada kedalam bentuk atau desain yang lebih menarik.

Gunakan elemen seperti efek gradien, distorsi, tekstur, hingga elemen lainnya yang unik. Penggunaan detail untuk mengkreasikan desain stiker akan meningkatkan estetika desain.

Konsistensi Merek

Untuk desain stiker yang terkait dengan merek tertentu harus memiliki kesesuaian desain stiker dengan merek. Biasanya stiker seperti ini digunakan untuk merchandise merek atau souvenir dalam pembelian. Stiker untuk kebutuhan ini berguna membangun kesadaran merek pada audiens.

Untuk itu desainnya harus konsisten dengan merek, entah elemen desain, logo hingga slogan merek. Penggunaan identitas visual sebagai stiker dapat meningkatkan kesadaran merek yang kuat pada merek. Manfaatkan elemen identitas merek untuk mendesain stiker dengan menarik sesuai dengan karakteristik merek.

Sesuaikan Format untuk Percetakan

Ketika akan mencetak desain pastikan format desainnya disesuaikan untuk proses percetakan. Ini akan memudahkan dalam proses pencetak desain stiker. Termasuk memastikan desainnya tetap terlihat sama pada media cetak yang digunakan.

Gunakan format pewarnaan CMYK untuk menciptakan desain cetak yang sama dengan bentuk digitalnya. Pastikan juga resolusi gambar stiker tinggi agar hasil cetaknya sesuai harapan.

KESIMPULAN

Desain stiker ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari dekorasi hingga sebagai alat branding. Konsep atau tema desain stiker sendiri menyesuaikan dengan konteks penggunaan. Dengan memanfaatkan elemen desain seperti warna, topografi, bentuk ikon, efek tertentu dan lainnya, akan menciptakan desain stiker yang unik. Dalam mendesain stiker penting untuk menciptakan kreativitas. Desain stiker harus bisa menyampaikan pesan melalui tampilan visual yang memikat.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts