Mengapa Simbol Makanan penting dalam Logo Usaha Kuliner?

Dalam logo brand makanan, simbol makanan menjadi elemen penting yang berguna merepresentasikan produk dan menarik perhatian konsumen. Simbol makanan yang dibuat menggugah selera akan menyampaikan karakter, kualitas, dan rasa dari produk yang ditawarkan. Penggunaan simbol makanan dalam logo kuliner bukan strategi tanpa alasan melainkan karena efektif mewakili makanan dan mudah dikenali.

Simbol dalam brand makanan banyak menggunakan simbol yang mewakili secara langsung seperti ikon sendok, garpu, roti, atau burger. Namun daripada menggunakan alat makan atau alat masak, simbol makanan akan lebih efektif menggugah selera konsumen. Simbol makanan dalam logo kuliner dapat memiliki berbagai style desain dari yang minimalis hingga yang detail.

Makna dan Tujuan Memilih Simbol dalam Logo Kuliner

Simbol dalam desain logo makanan bukan sekedar identitas visual tetapi alat komunikasi yang mewakili identitas produk dan karakter brand. Kombinasi simbol dan warna yang tepat dapat menggugah selera konsumen. Berikut tujuan dan kesan yang ingin diciptakan logo kuliner yang memiliki simbol makanan, seperti:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Langsung Mewakili Produk Makanan

Daripada menggunakan simbol alat makan dan alat masak, simbol makanan lebih efektif mengkomunikasikan produk makanan. Dengan simbol makanan, konsumen akan langsung tahu produk makanan yang dijual oleh bisnis. Simbol makanan cocok digunakan bagi bisnis kecil dan pemula agar lebih mudah dikenal.

Menggugah Selera dan Rasa Lapar

Gambar makanan dalam logo makanan akan berguna menggugah selera makanan konsumen. Terutama beberapa brand sering menciptakan detail simbol makanan agar terlihat lezat. Visualisasi makan dengan lelehan keju, sup yang mengepul, hingga potongan roti yang empuk.

Mewakili Spesialisasi Menu

Brand makanan bisa saja memiliki spesialisasi menu diantara produk makanan yang mereka jual. Biasanya simbol makanan dengan spesialisasi menu ditemui dalam desain logo restoran. Contohnya simbol makanan sushi akan mewakili spesialisasi restoran dengan makanan jepang.

Menciptakan Brand Ramah dan Akrab

Dengan memiliki simbol makanan yang mewakili produk brand akan menciptakan kesan yang ramah dan akrab. Biasanya ikon logo makanan dibuat menyenangkan, terkadang memiliki karakter dan ekspresif sehingga akan berkesan hangat. Style simbol makanan yang sederhana akan merepresentasikan brand makanan rumahan yang cocok untuk keluarga dan anak.

Baca juga: Desain Logo Islami: Makna Simbol Qur’an dan Kubah dalam Berbagai Logo

Studi Kasus Kesan Simbol Makanan dalam Berbagai Brand Makanan

Dalam banyak logo makanan, simbol makanan digunakan sebagai elemen utama untuk mewakili produk makanan secara langsung. Style simbol makanan yang mudah dikenali serta dibuat menggugah selera akan menarik perhatian. Setiap brand makanan dapat memiliki simbol makanan yang menjadi menu utama mereka agar membangun identitas yang kuat.

Logo Nochi Donut

Mengapa Simbol Makanan penting dalam Logo Usaha Kuliner?

Style logo bisnis makanan ini memiliki ikon donut karena mewakili produk makanan mereka dengan gaya minimalis. Simbol donat bergaya line art memiliki detail titik-titik dan coklat meleleh sederhana agar meski style minimalis, simbol makanan tetap menggugah selera. Logo memiliki ciri simbol donat line art berwarna pink pastel dengan dekorasi mata dan senyum. Style simbol makanan ini menciptakan kesan brand seperti:

Imut dan Menggemaskan

Ikon donut memiliki style desain minimalis, dengan ekspresi senyum lucu menciptakan kesan brand yang ceria. Style simbol logo yang tampak bersahabat akan cocok untuk target pasar anak muda dan remaja.

Lembut dan Manis

Warna pink pastel dalam logo makanan tersebut membuat brand donut memiliki kesan manis. Simbol minimalis dengan warna pink lembut akan relevan merepresentasikan kesan feminim dan ringan.

Brand Positioning

Style logo makanan dengan gaya minimalis dengan simbol donut, warna pink, serta font elegan mengkomunikasikan produk yang manis, ringan, dan bisa menjadi comfort food. Dengan donut yang jelas, logo akan langsung menunjukkan toko donat tanpa membaca teksnya.

Logo Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaihan

Logo Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaihan

Berbeda dengan toko donut, logo brand makanan ini tampak menonjol, berani dan kuat, dari segi visualnya. Logo memiliki simbol makanan berupa ikan bakar dengan detail warna yang membuatnya terlihat menggugah selera. Selain desain simbolnya yang jelas, pemilihan warna untuk logo makanan memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan daya tarik visualnya.

Menciptakan Sensasi Panas dan Lezat:

Simbol makanan berupa ikan dengan dekorasi api di belakangnya menciptakan sensasi makanan yang panas dan hangat. Kombinasi api dan ekspresi ikan memberikan kesan produk makanan bakaran yang nikmat, menggoda, dan lezat.

Menciptakan Fokus pada Produk:

Simbol ikan dengan api dalam logo brand makanan ini langsung menunjukkan menu utama bisnis makanan ini. Simbol makanan dengan warna oranye, merah, dan kuning terlihat menegaskan menu utama bisnis ini adalah ikan bakar.

Memberi Kesan Energik dan Berani:

Kombinasi warna merah dan oranye membuat brand tampak menonjol dan menarik perhatian. Warna membuat simbol makanan memiliki cita rasa yang kuat, khas makanan pedas, dan makanan yang memiliki rasa yang berani.

Mewakili Kesan Brand Lokal & Merakyat:

Nama “pondok” dalam nama bisnis makanan ini membuat brand terkesan lokal dan tradisional. Style simbol makanan, nama bisnis, hingga warnanya ini cocok untuk logo warung makan keluarga atau restoran untuk kuliner lokal.

Baca juga: Kombinasi Simbol Logo Brand Makanan yang Familiar

Logo My Classic Cakes

Mengapa Simbol Makanan penting dalam Logo Usaha Kuliner?

Desain logo makanan ini juga menggunakan simbol makanan sebagai produk utama brand. Simbol makanan memiliki gaya desain sederhana tetapi masih memiliki detail yang membuatnya terlihat lezat dan manis. Ikon potongan kue terlihat manis dan merepresentasikan identitas brand kue.

Tampil Klasik & Familiar:

Potongan kue dengan warna kuning dalam logo makanan ini tampak sederhana dan memiliki visual yang nikmat. Brand kue ini terlihat klasik dan familiar karena memiliki ikon potongan kue yang menunjukkan produk yang timeless serta dapat dinikmati segala usia.

Berkesan Santai & Cozy:

Simbol potongan kue ditempatkan diatas piring sederhana sehingga memberi kesan hangat. Ikon potongan kue digunakan untuk menunjukkan jika produk kue dapat dinikmati sebagai camilan sore dengan teh atau kopi.

Ramah dan Bersih:

Warna kuning pada simbol potongan kue dalam logo ini memberikan nuansa positif, bersih, dan lembut. Simbol logo memiliki warna kuning yang lembut sehingga berkesan manis, sementara font bold yang bulat membuat nama brand lebih mudah dibaca dan berkesan ramah.

Logo Cireng Cingire

Logo Cireng Cingire

Brand makanan cireng ini memiliki ikon logo cireng yang sederhana agar mudah dikenali dan diingat. Bentuk cireng yang sederhana terlihat memiliki latar berwarna merah dan efek mengepul agar terkesan hangat. Font display yang bulat menciptakan kesan brand makanan terlihat menyenangkan dan ramah.

Hangat & Menggugah Selera:

Logo makanan dengan simbol cireng memiliki dekorasi uap panas yang mengepul agar menggugah selera. Uap panas akan membuat makanan berkesan hangat dan lezat, dapat diartikan juga jika produk makan disajikan dengan hangat.

Merepresentasikan Makanan Tradisional dan Jalanan:

Gaya visual logo dengan simbol makanan sederhana dan warna terang ini khas logo makanan street food Indonesia. Simbol gorengan mencerminkan kesan tradisional dengan style logo yang sederhana tersebut.

Enerjik dan Fun:

Selain simbol cireng gorengan yang khas, logo makanan memiliki font bulat dan tebal yang memberi kesan menyenangkan. Gaya huruf yang tidak sama dan permainan kapitalisasi menambah karakter yang menyenangkan dan berani.

Warna Merah Dominan:

Simbol cireng memiliki warna krem seperti warna cireng sungguhan, namun cukup kontras dengan warna merah sebagai latar belakang. Warna merah dalam simbol makanan tersebut akan menciptakan rasa gurih-pedas dan harga terjangkau.

Baca juga: 6 Kombinasi Warna Kuning dalam Desain Logo

Kesimpulan

Desain logo untuk brand makanan kebanyakan memiliki simbol makanan agar mengasosiasikan langsung dengan produk makanan dan mudah untuk dikenali. Simbol makanan yang sederhana atau mendetail akan memperjelas produk utama, menggugah selera, dan mewakili rasa yang kuat. Logo brand makanan akan lebih efektif dengan simbol makanan daripada menggunakan simbol lainnya.

Cek portofolio kami di Instagram @jasalogoid, atau langsung hubungi kami via WhatsApp di 087784907560. Kamu juga bisa cek konten kreatif kami di TikTok @jasalogo.id.

Related posts