Aspek-aspek Penting Dalam Brand Awareness

0
(0)

Kesadaran merek atau brand awareness adalah untuk melihat seberapa paham konsumen pada merek. Penting untuk meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap merek, ini berguna membangun identitas yang kuat. Dalam brand awareness sendiri ada banyak aspek-aspek yang berkaitan tentang pandangan konsumen pada merek.

Kesadaran merek ini melibatkan banyak hal seperti seberapa baik konsumen memahami merek, serta seberapa baik merek diingat oleh konsumen. Ini berkaitan juga dengan merek apa yang terlintas di pikiran konsumen ketika melihat suatu produk.

Terkadang ketika merek begitu melekat pada benak konsumen saat ditanya produk tertentu atau dengan spesifikasi tertentu akan teringat merek tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa merek telah berhasil menanamkan kesan yang kuat pada pikiran konsumen.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Untuk bisa membangun kesadaran merek yang kuat penting untuk memperhatikan aspek-aspek penting dalam brand awareness. Selain itu perhatikan juga seperti desain logo, warna, tipografi hingga slogan merek.

BEBERAPA ASPEK-ASPEK PENTING DALAM BRAND AWARENESS

Dalam brand awareness ada beberapa aspek-aspek penting yang perlu dipahami para pelaku bisnis, agar bisa membangun kesadaran merek yang kuat terhadap konsumen. Simak beberapa aspek-aspek berikut ini:

Brand Recognition

Brand Recognition ini berkaitan dengan seberapa paham atau kenal konsumen pada merek. Misalnya ketika diberi pertanyaan tentang produk skincare dengan warna ungu, merek apa yang pertama kali teringat oleh konsumen.

Bisa juga ketika konsumen melihat warna tertentu kemudian teringat suatu merek, misalnya warna merah dan putih mengingatkan pada brand coca-cola. Misalkan juga warna biru dan kuning yang langsung mengingatkan pada merek Ikea.

Brand recognition ini berkaitan dengan elemen-elemen seperti logo, warna atau desain produk. Ketika merek berhasil membangun kesadaran merek yang kuat ini akan mempengaruhi bagaimana konsumen melihat desain logo akan langsung tahu produk atau layanan merek tersebut.

Brand Recall

Sementara brand recall adalah kemampuan konsumen dalam mengingat merek tanpa diberi spesifikasi tertentu. Misalnya ketika konsumen menyebutkan merek minuman cepat saji akan langsung teringat merek tertentu.

Ini menunjukkan bahwa merek cukup populer dan masyarakat memiliki kesadaran terhadap merek. Meski tidak diberi spesifikasi khusus merek tersebut berhasil meninggalkan kesan kuat untuk konsumen.

Top of Mind Awareness (TOMA)

Jika brand recall kemampuan mengingat berdasarkan jenis merek secara umum, maka ini adalah kemampuan konsumen mengingat merek dengan kategori produk atau layanan. Misalnya konsumen diminta menyebutkan merek makanan pedas konsumen akan teringat bon cabe.

Hal ini menunjukkan bahwa merek berhasil meninggalkan kesan kuat pada kategori makanan pedas. Merek berhasil dikenal banyak orang sehingga langsung terpikirkan ketika diminta menyebutkan produk kategori tertentu.

Jika merek berhasil menonjol pada kategori tertentu, ini akan memberikan nilai tambah yang bisa dikenalkan pada khalayak umum.

Spontaneous Awareness

Kesadaran pada merek yang ini muncul tanpa ada stimulasi apapun, ini berarti produk telah berhasil membangun kesadaran merek dengan kuat. Bahkan tanpa ditanya atau diberi stimulasi logon atau warna, konsumen dapat mengingat.

Biasanya merek yang diingat secara spontan oleh konsumen ini telah menjadi merek yang besar dan dikenal oleh semua orang. Konsumen dapat mengingat merek tanpa diberi pertanyaan, ini menunjukkan merek memiliki identitas yang kuat dibenak konsumen.

Aided Awareness

Kesadaran merek ini diukur dari apakah konsumen dapat mengingat merek ketika diberi pertanyaan atau pilihan terkait merek. Misalkan konsumen diberikan beberapa petunjuk seperti merek minuman, bersoda dan berwarna merah, ini merujuk pada merek Coca-Cola ketika disebutkan beberapa pilihan maka konsumen bisa mengingat merek tersebut.

Tingkat kesadaran merek ini dipengaruhi oleh beberapa ciri khas yang mewakili merek tersebut, berhasil membekas diingatan konsumen. Ini membuktikan bahwa nilai-nilai merek tertanam kuat pada konsumen.

Unaided Awareness

Istilah ini mengukur kesadaran merek dengan melihat apakah konsumen dapat mengenali merek tanpa bantuan atau petunjuk. Mirip dengan spontaneous awareness dimana konsumen dapat menyebutkan merek tanpa diberi petunjuk.

Misalnya ketika konsumen memikirkan makanan cepat saji lalu terpikirkan merek Richeese ini menunjukkan merek tersebut terkenal dalam bidang makanan cepat. Merek berhasil membangun ingatan yang kuat pada pikiran konsumen.

Kesesuaian dan Kesesuaian Merek (Brand Fit and Relevance)

Jika yang lainnya berkaitan dengan kemampuan konsumen mengingat merek, maka istilah ini mengacu pada bagaimana merek dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Merek yang bisa menyediakan produk atau layanan sesuai kebutuhan pasar akan meningkatkan kesadaran merek.

Kesesuaian produk atau layanan merek pada kebutuhan audiens juga berperan meningkatkan kesadaran merek.

Kepentingan Produk atau Layanan

Dalam membangun kesadaran merek penting untuk mengetahui kepentingan konsumen pada produk atau layanan. Jika produk berhasil membangun merek yang relevan dan penting untuk konsumen, hal ini membantu meningkatkan kesadaran merek.

Untuk membuat produk dianggap penting oleh konsumen, dapat dilakukan dengan menonjolkan keunggulan produk dari pesaing. Produk yang berkualitas dan unggul dalam banyak hal akan dianggap penting oleh konsumen.

Persepsi Kualitas dan Citra Merek

Persepsi dan citra merek adalah aspek-aspek penting dalam membangun kesadaran merek. Membangun kesadaran merek akan menciptakan persepsi tertentu oleh konsumen, seperti kualitas, karakter dan nilai merek.

Penting untuk mengetahui bagaimana pandangan konsumen terhadap merek, seperti apa citra merek dimata konsumen. Untuk itu penting membangun citra yang positif agar bisa membangun brand awareness yang kuat.

Paparan Media

Kesadaran merek juga dapat diciptakan dari sebanyak merek tampil di media baik cetak maupun digital. Semakin banyak merek tampil di media akan semakin tinggi kesadaran konsumen terhadap merek.

Pastikan merek muncul sebanyak mungkin di televisi, sosial media, papan iklan pinggir jalan, hingga situs website. Semakin banyak merek muncul di media akan semakin baik.

KESIMPULAN

Dalam membangun kesadaran merek, penting untuk memahami dan mengukur aspek-aspek dalam brand awareness. Memebangun kesadaran merek yang kuat akan membantu perusahaan atau bisnis memasarkan produk atau layanan dengan lebih efektif. Kesadaran merek juga membantu memperkuat identitas merek dimata dan diingatan konsumen.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts