Meski setiap tahunnya tren warna berganti, namun ada beberapa penggunaan warna yang terus populer. Tren warna bisa dimanfaatkan sekaligus dihindari untuk menciptakan brand yang unik sekaligus menarik perhatian. Tren warna desain brand tahun ini mungkin akan didominasi oleh warna gelap dan warna lembut yang digunakan dengan solid.
Desain branding dengan warna lembut akan menciptakan kesan brand yang elegan, mewah dan premium. Penggunaan warna lembut baik yang gelap dan terang masih populer terutama untuk brand fashion, kosmetik dan bakery. Warna lembut akan lebih efektif menciptakan kesan mewah dan terpercaya daripada warna terang yang mencolok.
TIPS MENGGUNAKAN TREN WARNA BRAND
Untuk menciptakan desain relevan, warna yang tren seringkali dipilih. Namun terlalu sering menggunakan warna tren, desain akan kurang unik. Agar warna yang populer tidak menciptakan desain branding yang pasaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Hindari Menggunakan Warna yang Terlalu Sering Digunakan
Meski ada warna yang populer, gunakan warna yang tidak terlalu sering digunakan agar desain tidak sama dengan yang lain. Diantara beberapa tren warna, pasti ada warna yang jarang digunakan. Gunakan warna itu agar desain tidak terlalu pasaran dan tetapi memiliki keunikan tersendiri.
Gunakan Variasi Warna Lainnya
Jika warna tren adalah warna ungu gelap misalnya, variasikan kecerahannya agar tidak sama dengan warna yang trending. Memilih warna yang sama tetapi dengan variasi kecerahan berbeda akan menciptakan perbedaan. Ini berguna menghindari semua brand memiliki warna yang mirip atau sama.
Kombinasikan Warna Tren dengan Warna Lain
<span;>Untuk meningkatkan daya tarik desain, kombinasikan warna tren dengan warna lainnya. Sehingga brand tidak hanya memiliki satu warna tren saja tetapi ada warna lainnya yang menciptakan perbedaan. Kombinasikan warna tren dengan warna yang harmonis seperti warna netral agar menciptakan desain yang tetap profesional.
TREN WARNA DESAIN BRAND
Warna-warna yang diprediksi akan populer pada tahun 2025 kebanyakan akan memiliki warna kalem, warna gelap serta warna yang berkesan mewah. Tren warna yang tidak mencolok tetapi lebih kalem akan mempresentasikan desain brand yang profesional. Warna brand perlu dipilih sesuai dengan jenis brandnya sehingga efektif mencerminkan identitas merek.
Encore
Warna biru gelap tersebut dapat menciptakan kesan canggih, handal dan profesional sebagai warna branding. Untuk digunakan sebagai warna brand, warna biru gelap ini akan cocok untuk jenis brand seperti:
- Hotel dan Touris
- Events Wedding Planning
- Beauty & Wellness
- Fitness dan Sport
Untuk branding hotel dan turis, desain brand akan tampak mewah, profesional dan handal. Sementara untuk kesehatan dan kecantikan, warna biru bisa merepresentasikan kesan tenang dan damai. Warna biru gelap ini juga akan relevan untuk branding bisnis fitness dan sport, yang mana akan tampil tegas dan kuat.
Purple Basil
Warna kalem seperti pastel juga masih diprediksi akan menjadi tren untuk desain brand yang elegan. Gunakan warna ungu pastel yang gelap ini untuk menciptakan desain brand yang elegan, mewah dan feminim. Tidak heran bila warna ini akan sering digunakan untuk jenis brand fashion, seni dan kesehatan.
- Fashion & Style
- Creative dan Artistik Bisnis
- Health & Nutrition
- Teknologi & Inovasi
Branding agensi kreatif juga bisa menggunakan warna ungu pastel untuk merepresentasikan bisnis kreatif dan inovatif. Sementara brand fashion dengan warna ini akan menciptakan kesan mewah dan elegan. Warna pastel juga bisa digunakan untuk branding bisnis kreatif seperti kerajinan tangan atau brand teknologi.
Baca juga: 7 Desain Logo Kombinasi Warna Biru yang Harmonis
Caramel
Variasi warna krem yang terang ini akan menciptakan desain yang lembut dan elegan sehingga banyak pula digunakan untuk kecantikan dan fashion. Tren warna lembut akan merepresentasikan desain brand elegan dan mewah. Desain brand juga akan tampak minimalis, sederhana dan bersih dengan warna krem yang lembut ini.
- Luxury Good
- Artifisial Craft & Heritage Brand
- Fashion & Aksesoris
- Real Estate & Penginapan
<span;>Warna krem yang berkesan mewah ini akan cocok digunakan untuk desain brand mewah sehingga tampak berkilau. Warna yang lembut ini juga akan cocok untuk desain brand tradisional, karena warna krem bisa menciptakan nostalgia dan kesan klasik. Gunakan juga warna krem untuk branding fashion dan real estate sehingga membangun kepercayaan publik.
Rumors
Warna coklat gelap yang lembut tersebut akan menciptakan kesan elegan, handal dan mewah. Tren warna berbagai variasi warna coklat memang diprediksi akan populer untuk digunakan pada desain brand. Desain brand dengan warna coklat seringkali digunakan untuk brand bakery, tetapi variasi yang lembut ini bisa digunakan untuk brand:
- Fashion Apparel
- Event Planning & Social Gathering
- Beauty & Kosmetik.
- Parfum
Pada desain brand fashion, warna coklat lembut akan menciptakan kesan fashion yang mewah dan elegan. Warna coklat gelap lembut ini akan relevan pula untuk branding bisnis kecantikan dan kosmetik. Desain brand parfum dengan warna coklat gelap akan berkesan mewah dan premium.
Cinnamon Slate
Tren warna abu-abu juga akan menjadi populer digunakan pada desain brand yang minimalis, sederhana dan bergaya modern. Warna abu-abu akan membantu menciptakan desain brand yang minimalis tetapi juga tampil lebih lembut daripada warna hitam. Penggunaan warna abu-abu lembut ini juga bisa menciptakan kesan mewah dan elegan.
- Cafe & Restaurant
- Handcrafted & Artisan Produk
- Natural Skincare
- Real Estate
Pada desain brand cafe dan restoran yang sederhana akan menciptakan kesan minimalis dan premium. Branding bisnis produk rumahan atau seni akan cocok juga dengan warna abu-abu untuk tampil minimalis. Warna abu-abu juga sering digunakan pula branding skincare mewah dan modern.
Baca juga: 7 Rekomendasi Palet Warna Cerah Dan Ceria untuk Desain Brand
TIPS KOMBINASI WARNA GELAP DAN LEMBUT
<span;>Tren warna gelap dan lembut tersebut akan digunakan pada desain brand untuk menciptakan brand profesional. Untuk menggunakan beberapa warna tersebut, perhatikan pemilihan dan kombinasi warnanya agar harmonis. Hindari mengkombinasikan warna gelap dengan warna mencolok jika ingin menciptakan brand yang elegan.
Kombinasikan Warna Gelap dan Warna Lembut
Untuk menggunakan tren warna gelap dan warna lembut terang sebagai desain brand, pastikan mengkombinasikan warna yang kontras. Kombinasikan warna gelap yang lembut dengan warna terang lembut untuk menciptakan desain yang elegan. Warna terang lembut akan terlihat buruk jika dikombinasikan dengan warna cerah. Kombinasi sesama warna lembut akan menciptakan desain brand yang elegan dan feminim.
Atur Kecerahan Warna
Gunakan warna gelap tetapi atur kegelapannya agar lebih lembut dan harmonis dengan warna yang lebih terang. Mengatur kecerahan dan saturasi akan membantu menciptakan kontras dan kejelasan desain. Kecerahan yang terlalu mirip akan kurang jelas dan tidak memiliki kontras. Pastikan dalam desain brand memiliki warna gelap dan warna terang yang kontras sehingga membantu meningkatkan keterbacaan.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna Alam dalam Desain Logo
Pilih Warna Mirip agar Lebih Harmonis
Gunakan warna yang mirip untuk memastikan kombinasi warna lebih harmonis. Kombinasi warna monokrom akan lebih efektif menciptakan visual lembut dan halus. Jika menggunakan warna pastel yang terang dan gelap monokrom akan tampil lembut. Misalnya kombinasi warna ungu gelap, warna ungu, dan warna ungu pastel akan menciptakan tampilan yang profesional.
KESIMPULAN
Tren warna untuk digunakan pada desain brand tahun 2025 didominasi warna lembut dan warna gelap yang lembut sehingga tampil elegan dan minimalis. Warna brand tersebut bisa merepresentasikan kesan brand profesional, handal dan terpercaya. Beberapa warna populer seperti ungu pastel, biru gelap, hingga krem. Warna tersebut dapat digunakan untuk desain branding fashion, skincare, cafe dan real estate.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.