Tips Membuat Poster yang Responsif dan Mudah Dibaca

0
(0)

Poster adalah salah satu jenis desain grafis yang banyak digunakan untuk memberikan informasi penting. Desain poster sendiri memiliki banyak ragamnya baik yang digunakan untuk keperluan digital atau cetak. Untuk membuat poster yang menarik penting memperhatikan beberapa tips agar desain responsif dan mudah dibaca.

Desain poster yang responsif harus memerhatikan beberapa aspek seperti keterbacaan informasi, tampilan visual menarik, ukuran poster, dan lainnya. Poster sendiri banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti menyampaikan kampanye, pengadaan acara, penawaran produk khusus dan masih banyak lagi.

Desain poster memiliki tujuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan informasi penting pada audiens. Untuk itu penting memerhatikan tampilan poster yang menarik perhatian dengan memerhatikan penggunaan elemen yang tepat.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Terkadang poster juga harus bisa mencerminkan identitas merek dengan memanfaatkan elemen desain pada identitas merek. Ini dapat membangun identitas merek yang kuat misalkan dengan menggunakan logo, warna merek dan jenis tipografi yang sama dengan logo.

Setiap kebutuhan penggunaan yang berbeda, poster juga memiliki cirinya tersendiri. Untuk itu ketika ingin menciptakan desain poster yang menarik perhatikan beberapa tips membuat poster yang menarik.

TIPS MEMBUAT POSTER YANG RESPONSIF

Desain poster yang responsif akan mudah digunakan pada berbagai media dan perangkat tanpa kehilangan kualitas dan tingkat keterbatasan. Sehingga poster bisa menyampaikan informasi pada audiens dengan efektif. Berikut beberapa tips membuat protes responsif:

Tentukan Tujuan Poster yang Jelas

Sebelum mulai mendesain poster tentukan terlebih dahulu tujuan poster akan digunakan untuk apa. Tentukan tujuannya apakah untuk menyampaikan informasi tentang suatu acara atau memotivasi melalui kampanye tertentu.

Menentukan tujuan ini akan memudahkan untuk mendesain poster yang efektif sesuai tujuan. Tujuan poster untuk memberikan informasi harus bisa menciptakan desain yang bisa menonjolkan informasi penting dalam desain poster.

Gunakan elemen-elemen penting yang mewakili informasi yang akan disampaikan. Ini termasuk memberikan sorotan pada judul poster dan poin-poin penting. Penggunaan informasi harus singkat agar pesan tersampaikan dengan jelas.

Penataan Informasi yang Tepat

Agar poster mudah dipahami penting melakukan penataan informasi dengan logis. Mulai dari judul poster hingga ke berbagai informasi poin-poin penting. Penataan informasi juga mengarahkan pembacaan audiens.

Informasi utama atau titik fokus pesan harus diletakkan pada bagian atas atau tengah agar langsung dibaca oleh audiens. Berikan ukuran yang besar dan warna yang mencolok pada informasi utama. Selain itu berikan juga sorotan pada informasi pendukung yang penting.

Penempatan informasi penting akan mudah menarik perhatian audiens. Memberikan sorotan pada informasi penting ini dapat dilakukan dengan memberikan warna berbeda atau tipografi yang berbeda.

Gunakan Warna yang Menarik

Pemilihan warna ini cukup krusial pada desain poster karena dapat memengaruhi tampilan dan keterbacaan informasi. Jika poster mewakili suatu merek atau lembaga tertentu, penggunaan warna identitas merek bisa jadi pilihan. Ini berguna untuk membangun identitas merek yang konsisten.

Gunakan warna yang kontras antara teks dan latar belakang agar informasi terbaca dengan jelas. Warna pada desain poster juga disesuaikan dengan tema desain atau tujuannya.

Penggunaan warna harus berhati-hati agar tidak membuat desain terlihat berlebihan atau ada informasi yang tidak terlihat jelas. Disesuaikan dengan tema informasi akan membuat desain terlihat konsisten dan memiliki daya tarik tersendiri.

Tipografi yang Jelas

Tipografi yang digunakan dapat memengaruhi keterbacaan informasi pada poster. Untuk itu gunakan tipografi yang jelas sehingga pesan mudah dibaca oleh audiens. Ini karena sebagian poster berisi informasi penting untuk disampaikan pada audiens.

Penggunaan tipografi yang rumit mungkin akan terlihat unik tetapi akan membuat desain sulit dipahami. Pastikan juga gaya huruf sesuai dengan pesan, gunakan huruf tebal dan besar pada judul. Sementara informasi lainnya bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil, dan huruf yang sedikit tipis.

Visual yang Menarik

Elemen visual yang menarik akan membuat desain semakin memikat. Desain poster haruslah memiliki tampilan visual memikat untuk menarik perhatian audiens. Penggunaan elemen visual akan meningkatkan daya tarik desain poster.

Gunakan elemen menarik dan interaktif seperti ilustrasi, gambar, atau grafik. Pilih elemen yang mencerminkan nilai merek dengan baik. Atur penataannya elemen dengan tepat, penting juga memerhatikan warna dari elemen visual cocok dengan latar belakang atau warna elemen lainnya.

Kejelasan Pesan

Desain poster harus bisa menyampaikan pesan atau informasi poster dengan jelas dan singkat. Kejelasan pesan dapat dilakukan dengan menggunakan kalimat menarik dan sederhana.

Agar informasi tersampaikan dengan baik gunakan kalimat yang singkat. Kalimat yang terlalu panjang akan terlihat membosankan dan membuat audiens malas membaca. Gunakan poin-poin penting dan kunci Terkait dengan informasi yang disampaikan sehingga mudah dipahami dan dibaca audiens.

Spasi Negatif yang Bijak

Untuk membuat desain poster menarik dan mudah dibaca pastikan memberikan jarak antar elemen. Sisakan ruang negatif agar desain poster tidak terlalu penuh dan memudahkan pembacaan.

Berikan spasi yang jelas antar tulisan, atur tata letaknya dengan baik agar mudah dibaca. Begitupun dengan elemen lain beri jarak antar elemen untuk memberikan kejelasan antar elemen. Ruang negatif antar elemen akan memudahkan navigasi pembacaan audiens.

Konsistensi Desain

Untuk membuat desain terlihat jelas dan solid. Pertahankan konsistensi dalam penggunaan elemen, warna, dan tipografi pada desain. Ini akan meningkatkan daya tarik desain poster.

Atur tata letak dengan harmonis dan terlihat profesional. Gunakan elemen identitas merek pada desain untuk menciptakan konsistensi. Desain poster akan terlihat rapi sehingga mudah dibaca dan dipahami.

Uji Responsivitas

Lakukan pengecekan apakah desain poster responsif ini dilakukan untuk mengetahui apakah poster terlihat dari jarak jauh atau tenaga judul dan informasinya dari jarak jauh. Tidak hanya pada versi cetak, pastikan desain poster responsif pada media digital.

Pada media digital penting untuk menyesuaikan ukuran poster sesuai platform poster akan ditampilkan. Pastikan poster terlihat dan terbaca jelas pada ukuran layar ponsel atau komputer. Gunakan kualitas yang tinggi sehingga poster tidak kehilangan kualitasnya.

Pada versi cetak periksa juga apakah poster bisa terlihat jelas pada berbagai jarak dan sudut. Poster yang responsif akan efektif dalam menyampaikan pesan.

Cetak Berkualitas Tinggi

Jika poster akan dicetak gunakan kualitas yang tinggi pada desain. Termasuk jika alat cetak yang berkualitas tinggi, ini akan memengaruhi hasil desain seperti warna. Terkadang warna hasil cetak dan digital akan terlihat berbeda jika kualitasnya buruk.

KESIMPULAN

Desain poster banyak digunakan untuk berbagai keperluan untuk itu pastikan desain sesuai dengan kebutuhan. Biasanya desain poster digunakan untuk menyampaikan informasi, menginspirasi hingga menyampaikan kampanye tertentu. Desain haruslah responsif agar efektif menyampaikan informasi. Dengan memperhatikan penggunaan elemen, penataan informasi dan menentukan tujuan poster akan membantu menciptakan poster yang efektif.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts