Susunan Elemen yang Menarik untuk Desain Banner Online

Dalam era digital pemasaran atau promosi merek atau bisnis banyak dilakuakn secara online. Hal ini mengingat tingginya aktivitas online masyarakat era modern ini dalam berbagai platform online. Penggunaan pemasaran seperti menggunakan banner yang dipasang secara online merap menjadi pilihan. Desain banner online memiliki susunan elemen yang menarik agar memikat pelanggan.

Susunan Elemen yang Menarik untuk Desain Banner Online

Susunan struktur informasi dalam banner online harus jelas, singkat dan dapat agar mudah untuk dipahami oleh audiens. Elemen yang digunakan juga harus mencerminkan merek dengan baik, baik logo, warna, teks hingga brand voice. Konsisten elemen branding dalam desain banner akan memudahkan audiens mengenali dan mengidentifikasi merek.

Isi informasi dalam banner juga harus jelas agar bisa membangun menyampaikan pesan dengan efektif. Dalam mendesain banner penting untuk tidak menggunakan elemen yang berlebihan, seperti tulisan yang panjang atau terlalu banyak warna.

Read More

Penting untuk memastikan konsisten visual, identitas merek hingga elemen lain agar banner mudah dikenali. Untuk mendesain banner dengan efektif perhatikan elemen dan penyusunan seperti apa yang efektif. Artikel ini akan membahas susunan elemen dalam desain banner untuk platform online.

Susunan Elemen dalam Desain Banner Online

Dalam menyusun desain untuk banner ads online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar desainnya menarik dan efektif. Berikut beberapa susunan atau strukur desain banner untuk ada onlineonline yang menarik:

Headline Berukuran Besar Mudah Dibaca

Susunan Elemen yang Menarik untuk Desain Banner Online

Desain banner harus menggunakan headline yang menarik dan jelas. Headline atau judul harus mencolok dan menjadi pusat perhatian pertama audiens ketika melihat desain banner. Gunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca agar audiens mudah memahami judul dalam hitungan detik.

Pastikan teks berukuran besar, paling besar diantara teks lainnya agar menciptakan hirarki informasi. Tempatkan teks atau headline di titik fokus dalam ruang desain yang akan pertama kali dilihat oleh audiens. Biasanya audiens akan melihat bagian tengah sebelah kanan atau bagian atas.

Gunakan judul headline yang singkat namun berdampak. Kalimat judul sangat berpengaruh apakah audiens akan lanjuta melihat dan membaca desain atau tidak. Untuk itu kalimatnya tidak boleh terlalu panjang, karena menggunakan ukuran yang besar. Sehingga tidak memakan banyak ruang atau area.

Logo Merek atau Bisnis

Susunan Elemen yang Menarik untuk Desain Banner Online

Desain banner yang mewakili merek atau bisnis harus menempatkan logo dalam desain banner sebagai identitas. Logo akan membantu audiens mengenali merek atau bisnis yang memiliki banner ads tersebut. Penggunaan elemen identitas merek atau bisnis akan membangun kepercayaan audiens pada iklan.

Logo harus di tempatkan dengan jelas dalam desain agar mudah dilihat. Pastikan ukurannya pas tidak terlalu besar atau kecil. Biasanya logo dalam desain banner akan diletakkan pada bagian atas dan bawah dengan ukuran lebih kecil.

Gambar atau Grafis yang Relevan

Gunakan gambar atau elemen grafis yang sesuai dengan apa pesan atau isi banner online. Biasanya banner akan digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Jika untuk mempromosikan produk, gunakan gambar produknya dengan jelas dan berkualitas tinggi.

Sementara layanan, juga bisa menggunakan gambar atau ilustrasi menarik yang relevan dengan isi atau pesan banner ada. Gunakan ilustrasi yang mencerminkan layanan dengan baik dan mudah dipahami oleh audiens. .

Penggunaan gambar akan membuat desain semakin menarik perhatian. Biasanya gambar akan diletakkan pada bagian tengah atau pusat ruang. Untuk ukurannya bisa disesuaikan untuk menciptakan proporsi yang tepat.

Deskripsi Pendek Dibawah Headline Berukuran Kecil

Susunan Elemen yang Menarik untuk Desain Banner Online

Untuk menjelaskan produk atau layanan yang dipromosikan gunakan deskripsi singkat yang menarik. Pastikan kalimat tidak terlalu panjang dan berlebihan. Kalimat yang singkat namun memikat akan efektif meningkatkan daya tarik visual dan menyampaikan informasi dengan efektif.

Terkadang deskripsi berupa frasa singkat yang mengelilingi gambar untuk menjelaskan produk dengan bantuan panah. Deskripsi singkat tidak boleh terlalu panjang, agar desainnya tidak terlalu ramai atau penuh. Terlalu banyak tulisan akan membuat desain terlihat membosankan.

Baca juga: Headline dalam Desain: Peran dan Penerapannya

Layout yang Seimbang atau Sesuai

Dalam mendesain banner untuk ads online pastikan desainnya menggunakan layout yang menarik. Pahami tata letak elemen dan gunakan layout yang menarik agar desain efektif menyampaikan pesan. Pastikan layout atau tata letak elemen dapat menyoroti elemen penting.

Penataan elemen harus terlihat seimbang dan sesuai dengan tema atau tujuan pemasaran. Tata letak harus bisa memberikan fokus pada informasi penting dengan menciptakan hirarki visual. Penting untuk memastikan tata letak terlihat seimbang dan memudahkan pembacaan audiens.

Psikologi Warna yang Memikat dan Sesuai Desain

Ketika ingin mendesain banner ads online yang bisa memikat dan menciptakan kesan tertentu, penting untuk memahami psikologi warna. Setiap warna dalam desain grafis memiliki makna atau kesan tertentu yang dapat diciptakan. Penting untuk memilih warna sesuai desain identitas merek dan kesan yang ingin ditampilkan pada publik.

Warna tertentu mungkin menarik perhatian mata atau pandangan audiens dibandingkan dengan warna lainnya. Selain itu biasanya merek akan memiliki karakter tertentu yang dibangun sebagai branding. Misalnya warna tertentu dapat berkesan serius seperti warna biru, sementara warna cerah seperti kuning akan berkesan menyenangkan.

Ukuran Banner Menyesuaikan

Banner untuk ads online ukurannya bermacam-macam disesuaikan tempat platform online yang menyediakan slot iklan. Terkadang ada yang berukuran persegi, persegi panjang, vertikal da horizontal. Jika banner akan digunakan pada berbagai platform online, ukurannya harus disesuaikan dengan ukuran ads pada platform tersebut.

Biasanya banner akan memiliki beberapa ukuran banner untuk semua kebutuhan iklan pada berberapa platform. Desain yang sama namun berbeda ukuran masih menciptakan konsistensi visual yang menarik.

CTA

Dalam desain banner online Call to Action atau tombol tindakan tidak boleh dilewatkan, karena ini memudahkan audiens untuk segera melakukan tindakan tertentu. CTA untuk banner online biasanya akan dibuat bisa diklik langsung dan diarahkan ke website atau aplikasi. Ini akan membantu audiens yang tertarik dengan promosi bisa langsung membeli atau berlangganan.

Pada tombol CTA untuk menarik perhatian biasanya menggunakan kata-kata persuasif atau ajakan. Biasanya seperti, klik sekarang, beli disini, atau kunjungi disini. Terkadang juga berupa kontak seperti nomor telepon, email hingga akun media sosial.

Baca juga: Tips Menyusun Desain Konten Media Sosial

KESIMPULAN

Desain banner harus memiliki struktur yang jelas agar pesan tersampaikan dengan efektif. Pastikan tampilan visual menarik dan berisi informasi penting yang bisa menjelaskan produk atau layanan dengan singkat. Tata letak dan pemilihan penting dalam mencipt desain banner ads online yang menarik perhatian.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts