Perbedaan Logomark dan Logotype: Mana yang Lebih Baik? 

Spread the love

Identitas visual merek direpresentasikan melalui desain logo yang efektif dan menarik agar membangun identitas yang kuat. Penting untuk memilih jenis logo yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik. Logomark dan logotype memiliki perbedaan yang signifikan sehingga perlu dipertimbangkan untuk memilih jenis gaya desain logo yang tepat. 

Ketika memilih jenis logo pertimbangkan tujuan brand ingin menonjolkan nama merek atau karakter merek yang unik. Pilih gaya desain logo yang paling sesuai dengan identitas merek sehingga mencerminkan brand dengan baik. Ada banyak hal yang bisa dipertimbangkan ketika akan memilih gaya desain logo. 

Ketika memilih gaya desain logo pastikan untuk memerhatikan beberapa hal ini agar jenis logo relevan. Setiap jenis brand dapat memiliki tujuan dan pesan yang berbeda. Jenis brand makanan seringkali ingin fokus menggugah selera. Berbeda dengan brand fashion yang sering menonjolkan nama merek. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi
  • Jenis Bisnis
  • Tujuan Merek
  • Karakter Merek
  • Pesan Merek

Gaya desain logo yang fokus tipografi biasanya ingin mencerminkan nama merek yang mudah diingat dan dibaca. Pesan merek juga bisa disampaikan melalui makna psikologi font dan gambar atau simbol yang relevan dengan bisnis. 

PERBEDAAN LOGOMARK DAN LOGOTYPE

Jenis logomark dan logotype memiliki perbedaan yang jelas karena satunya berfokus pada nama merek dan simbol yang menarik. Terkadang ada juga yang mengkombinasikan keduanya agar tampil lebih menarik dan semakin relevan mencerminkan identitas merek. 

Logomark: 

  • Jenis logo ini memiliki ikon dan simbol yang merepresentasikan pesan merek atau jenis bisnis dengan gambar yang relevan. 
  • Bisnis dapat direpresentasikan oleh gambar yang merepresentasikan bisnis, seperti gambar cangkir untuk logo cafe
  • Logo ini tidak menggunakan teks hanya berupa simbol atau gambar yang menarik. 

Logotype:

  • Desain logo ini fokus pada penggunaan tipografi yang menarik dan unik, untuk memudahkan nama merek diingat. 
  • Logo hanya menggunakan teks dengan tipografi yang unik tetapi harus mudah dibaca. 
  • Gaya huruf dipilih yang mencerminkan karakter merek dan dibuat agar lebih menarik. 

Beberapa desain logo mengkombinasikan logotype dan logomark agar tampil lebih menarik. Kombinasi tipografi dan simbol yang relevan akan mencerminkan identitas merek dengan baik. Logo juga mudah untuk diingat nama mereknya dan dikenali bidang bisnisnya memulai elemen visual yang relevan. 

LOGOMARK

Perbedaan Logomark dan Logotype: Mana yang Lebih Baik? 

Jenis desain logo ini untuk menggunakan logo berupa simbol dan ikon yang memiliki desain menarik. Simbol atau ikon akan dipilih yang merepresentasikan jenis brand atau karakter. Terkadang simbol memiliki bentuk abstrak yang tidak memiliki makna, namun unik dan mudah diingat seperti ikon logo Nike. 

Ada banyak brand yang menggunakan desain logomark agar mudah sederhana dan mencerminkan identitas brand dengan baik. Banyak logo terkenal menggunakan logomark dengan simbol yang unik seperti Android, Apple, Nike hingga YouTube. Terkadang variasi logomark ada yang memiliki teks nama merek sehingga lebih efektif. 

Baca juga: Inspirasi Gaya Desain Logo yang Unik

LOGOTYPE

Jenis logo ini juga dikenal dengan sebutan wordmark yang mana hanya menggunakan teks atau tipografi dari nama merek. Jenis logo ini hanya menggunakan teks sebagai desain logo yang dibuat lengkap dan menarik. Logotype yang terkenal contohnya pada logo Google dan Prada. 

Tipografi yang digunakan biasanya yang mudah dibaca tetapi memiliki gaya huruf yang unik. Style tipografi yang menarik akan membuat desain logo tetap unik tetapi tetap mudah untuk dibaca. Varian logo ini bisa dijadikan salah satu variasi logo kombinasi sehingga memiliki logo yang fokus pada nama bisnis. 

KOMBINASI LOGOMARK DAN LOGOTYPE

Perbedaan Logomark dan Logotype: Mana yang Lebih Baik? 

Desain logo juga ada yang mengkombinasikan style logomark dan logotype sehingga tampil lebih efektif. Gaya tipografi yang digunakan harus relevan dengan bentuk ikon logo sehingga harmonis dan menarik. Contohnya pada kombinasi tipografi gaya geometris dengan ikon logo bentuk segitiga pada logo Adidas. 

Biasanya jenis kombinasi keduanya digunakan sebagai logo utama untuk mencerminkan identitas yang efektif. Ikon simbol akan mencerminkan jenis bisnis, sementara font akan mencerminkan karakter merek. Terkadang tipografi dan simbol dibuat lebih menyatu tidak hanya disandingkan sehingga logo lebih unik. 

Baca juga: Variasi Desain Logo Kombinasi Modern dan Tips Menyusunnya

KENAPA MEMILIH LOGOMARK? 

Pemilihan jenis logomark yang hanya memiliki ikon atau simbol yang sederhana ini karena mudah dikenali. Bentuk simbol yang unik akan mudah diingat dan dikenali meski tanpa teks. Berikut beberapa alasan memilih jenis logomark:

Menciptakan Visual Brand yang Kuat

Logo ini akan berguna menciptakan visual yang kuat sehingga dapat membangun kehadiran yang kuat. Bentuk simbol yang unik akan membekas dalam ingatan terutama jika berbeda satu yang lainnya. 

Bentuk ikon logo biasanya menggunakan simbol gambar yang relevan dan dimodifikasi dengan unik. Selama bentuk logo unik, desain logo akan mudah membangun identitas visual yang kuat meski tanpa teks. 

Simbol Abstrak Mudah Digunakan

Desain logomark menggunakan simbol abstrak yang unik dan menarik tetapi biasanya sederhana agar mudah untuk diingat. Penggunaan simbol abstrak yang sederhana akan mudah digunakan pada berbagai kebutuhan termasuk pada berbagai jenis desain

Simbol sederhana akan mudah digunakan dan tetap jelas, untuk itu logomark bisa menjadi pilihan menarik. Bentuk simbol abstrak juga dipilih karena tidak terlalu spesifik pada jenis produk atau bisnis, karena bentuk abstrak bisa lebih umum. 

Mudah Dikenali

Desain logo yang hanya menggunakan simbol atau ikon logo juga efektif untuk dikenali dengan cepat. Bentuk ikon logo biasanya juga sederhana sehingga mudah diingat dan kenali dengan cepat. 

Pada desain logo ukuran kecil, logomark yang sederhana akan mudah terlihat, daripada logo kombinasi, logomark lebih mudah dikenali. Bentuk ikon sederhana dan unik bisa membekas dalam ingatan audiens. 

Kekurangan: 

  • Logo tidak memiliki teks nama merek atau bisnis sehingga bisa membuat audiens tidak tahu dan mengingat nama merek. Biasanya ini tidak efektif untuk brand baru yang ingin membangun identitas nama merek yang kuat. Logo baru sebaiknya menggunakan tipografi sehingga menjadi logo yang mudah dikenali. 

Baca juga: Aspek Penting dalam Memilih Jenis Desain Logo

KENAPA MEMILIH LOGOTYPE? 

Perbedaan logomark dan logotype ini bisa mencerminkan fokus identitas merek yang berbeda. Penggunaan logomark menggunakan simbol yang unik, sementara itu logotype berfokus menggunakan tipografi yang unik. Desain logotype memiliki beberapa kelebihan seperti: 

Memudahkan Mencerminkan Nama Merek

Salah satu alasan menggunakan jenis logotype adalah kemampuan logo dalam mencerminkan nama merek dengan baik. Nama merek akan mudah diingat, dibaca dan dikenali oleh audiens dengan cepat. 

Biasanya karena menggunakan font yang sederhana dan gaya tipografi yang bersih. Pemilihan gaya font biasanya juga disesuaikan dengan jenis brand atau karakter brand agar relevan. 

Cocok untuk Logo Bisnis Baru

Bagi bisnis baru disarankan untuk menggunakan jenis logotype atau kombinasi yang memiliki teks nama merek. Logo yang berfokus pada tipografi sederhana untuk memudahkan nama merek diingat ini akan membangun identitas yang kuat. 

Nama brand baru akan mudah diingat dan mencerminkan identitas yang kuat. Biasanya tipografi akan berfokus untuk dimodifikasi dengan unik. Gaya font yang mudah dibaca pun dapat tampil unik dan mencerminkan karakter brand. 

Tipografi Sederhana dan Mudah Dibaca

Penggunaan logotype akan memudahkan nama merek untuk diingat karena memiliki tipografi sederhana dan bersih. Kebanyakan logotype menggunakan gaya font sederhana agar nama merek mudah dibaca dan diingat. Logo akan mudah juga untuk digunakan pada berbagai kebutuhan seperti untuk foto profil, desain website dan kemasan. 

Kekurangan:

  • Kurang kreatif, karena hanya menggunakan teks nama merek tanpa dekorasi gambar atau simbol yang unik. 
  • Meski merepresentasikan merek dengan baik, tetapi kurang mencerminkan desain visual yang menarik. 
  • Terkadang logotype terlihat seperti gaya desain yang kuno atau tradisional. 

KESIMPULAN

Pilih jenis desain logo yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik, sesuaikan tujuan brand agar relevan. Logomark dan logotype memiliki perbedaan fokus untuk ditonjolkan dalam logo desain. Gunakan logomark jika ingin memiliki simbol unik dan beda dari yang lain. Untuk bisnis baru, logotype yang berfokus pada tipografi sebagai logo utama disarankan untuk membangun nama merek yang kuat. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.