Membongkar Kelebihan Logotype: Membuat Brand Lebih Berkesan

Secara umum logo memiliki dua jenis yaitu logotype atau logomark. Logotype ini merujuk pada bentuk logo yang berupa nama merek, baik nama lengkap atau inisialnya. Sebagai identitas merek, logo yang menggunakan nama bisa digunakan untuk membangun identitas merek yang kuat. Logotype ini kerap digunakan karena memiliki beberapa kelebihan dalam membangun merek yang sukses.

Desain logo ini bukan hanya sekedar tulisan atau inisial nama merek, tetapi logo ini merupakan esensi dari merek. Hal ini karena nama merek dibuat dan dipilih untuk bisa mencerminkan nilai dan karakter merek yang ingin disampaikan pada audiens. Menggunakan nama merek akan membantu merek mudah dikenali oleh audiens, karena langsung merujuk nama merek bukan hanya ikon logo saja.

Jenis logo ini sering dipilih karena bisa mengkomunikasikan pesan merek dengan lebih efektif. Logo yang berbentuk tulisan nama merek biasanya mudah beradaptasi karena sederhana. ada banyak alasan mengapa jenis logo ini kerap dipilih. Ada banyak kelebihan logotype dalam membangun identitas merek daripada menggunakan jenis logo lainnya.

Read More

Desain logo ini tidak hanya berupa nama merek, terkadang juga berupa singkatan atau inisial. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kelebihan logotype daripada logo yang lainnya, simak penjelasan artikel ini. Dimana kelebihan ini dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih jenis logo yang tepat untuk merek anda.

Beberapa Kelebihan Logotype

Desain logo yang berupa nama merek ini banyak digunakan karena berbagai alasan yang bisa membantu merek mudah dikenal dan diingat. Dalam membangun identitas merek logo memiliki peran penting, maka desain logonya harus dipikirkan dengan baik. Berikut beberapa kelebihan logotype:

Mewakili Identitas yang Kuat

Logotype banyak dipilih karena memiliki kelebihan dapat mencerminkan identitas merek yang kuat. Nama merek dipilih dengan banyak pertimbangan untuk bisa mencerminkan nilai, visi, misi hingga tujuan dari merek. Sehingga menggunakan nama merek akan membuat mengkomunikasikan pesan dari merek dengan baik.

Nama merek sebagai identitas juga seringkali mencerminkan karakter merek yang ingin dibangun. Ketika menggunakan nama merek ini akan membangun citra positif terhadap audiens.

Sebagai representasi visual dari identitas merek, logotype atau logo nama merek ini akan mudah diingat dengan pelanggan. Selain itu juga, penggunaan nama merek sebagai desain logo akan membuat merek mudah dikenali oleh audiens. Ini akan membangun identitas merek yang kuat. Hal ini karena tidak mungkin ada nama merek yang sama.

Mengkomunikasikan Pesan dengan Simbolis

Merek yang menggunakan logotype dapat menyampaikan pesan merek melalui nama merek atau inisialnya. Nama merek terkadang menyimbolkan pesan tertentu, karena nama merek dibuat dengan mempertimbangkan makna filosofi.

Ketika nama merek digunakan pada desain logo ini akan mempermudah dalam penyampaian pesan merek yang simbolis pada logo. Desain logo akan dibuat untuk bisa menonjolkan nilai dan visi merek, sehingga bisa dilihat oleh audiens.

Konsistensi Merek

Logotype ini membuat merek lebih konsisten karena bentuknya yang sederhana menggunakan nama merek yang dimodifikasi dengan tipografi. Desain logo nama merek cenderung sederhana dan minimalis sehingga bisa tetap terlihat konsisten jika ditempatkan pada berbagai media.

Tulisan nama merek pada logo biasanya menggunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan sederhana tanpa hiasan yang rumit. Ini bertujuan agar nama merek mudah dikenali. Logotype ini juga dapat terlihat konsisten pada tampilan visualnya ketika ditempatkan pada semua materi pemasaran.

Tampilan visual logo yang konsistensi pada semua aspek akan membangun identitas dan kesadaran merek yang kuat. Logo yang konsisten juga dapat menyampaikan pesan merek secara efektif dan konsisten. Sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan pada audiens.

Daya Tarik yang Kuat dan Mudah Diingat

Logotype yang sederhana berupa nama merek ini cenderung meninggalkan kesan yang kuat, karena berfokus pada jenis huruf yang digunakan. Logo nama merek cenderung memiliki daya tarik yang kuat dibenak pelanggan.

Desain logo yang berupa nama tulisan kebanyakan dibuat dengan sederhana dan minimalis agar mudah diingat dan dikenali. Audiens cenderung lebih mudah mengingat merek yang berupa tulisan sederhana daripada bentuk abstrak yang rumit.

Fleksibilitas dan Responsif

Desain logo nama merek banyak dibuat agar bisa fleksibel dan responsif pada semua media dan perangkat. Ketika nama merek mudah diingat dan dikenali ketika digunakan seperti pada kemasan, materi pemasaran hingga kebutuhan sosial media.

Tulisan nama merek akan mudah dibaca sehingga bisa membangun identitas merek kuat. Logotype biasanya akan disesuaikan dengan berbagai ukuran platform dan media tanpa kehilangan kejelasan desain. Penggunaan nama merek sebagai logo akan mudah bagi audiens menemukan produk dari merek tersebut.

Membuat Logotype yang Berkesan dan Unik

Untuk membuat logotype yang bisa meninggalkan kesan kuat dipikiran audiens, membutuhkan beberapa tips. Berikut ini beberapa tipsnya:

Pahami Merek dan Tentukan Nama yang Unik

Pahami hal-hal penting yang ingin disampaikan merek pada desain logo, mulai dari nilai hingga tujuan merek. Jika merek ingin mencerminkan inovasi dan kreativitas maka bisa memilih jenis huruf atau warna yang bisa mencerminkan hal tersebut. Tentukan nama merek yang unik sebagai desain logo agar melalui nama merek bisa membnagun identitas yang kuat.

Buat Desain Logo yang Sederhana

Salah satu kunci penting dalam membuat logotype yang mudah diingat dan dikenali adalah dengan membuat desain yang sederhana. Gunakan font yang sederhana namun masih sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan merek. Jenis huruf sederhana tanpa ornamen yang rumit akan jauh lebih efektif untuk diingat audiens.

Ciptakan Logo yang Orisinil

Jangan hanya menggunakan font yang sudah ada, tetapi modifikasi font tersebut untuk menciptakan logo yang unik. Ciptakan modifikasi nama merek yang unik agar merek mudah dibedakan. Hindari logo yang memiliki kemiripan dengan logo merek lain untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Font dan Warna yang Tepat

Warna font pada logotype juga dapat memengaruhi keunikan logo, gunakan warna yang bisa memperlihatkan pesan merek dan memudahkan keterbacaan logo. Perlu diingat jika warna font juga perlu menyesuaikan dengan jenis huruf. Jika logo menggunakan tipografi elegan, warna pastel atau warna netral akan cocok digunakan pada logo tersebut.

KESIMPULAN

Desain logo sebagai wajah dari merek haruslah bisa digunakan untuk membangun branding yang kuat. Penggunaan logotype dipilih biasanya karena bisa langsung mencerminkan nama merek. Ini akan membantu merek mudah dikenali dan diingat sehingga bisa membangun identitas merek yang kuat. Logotype dapat menjadi fondasi yang kuat dalam membangun identitas merek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts