Peran Tipografi dan Tips Memilih Tipografi yang Efektif

Dalam dunia ada banyak elemen yang digunakan untuk menciptakan desain identitas perusahaan. Ketika akan menciptakan audiens penting untuk mempertimbangkan penggunaan elemen seperti warna, bentuk dan tipografi. Tipografi ini sendiri memiliki peran penting dalam desain logo untuk menciptakan desain yang efektif.

Tipografi atau gaya tulisan ini memiliki banyak jenis dan bentuk desainnya, setiap jenis font dapat memberikan kesan tertentu. Penting untuk memilih jenis tipografi yang tepat untuk desain logo. Biasanya tipografi akan disesuaikan dengan simbol logo atau jenis usaha atau layanan.

Adanya keserasian antara tipografi dan jenis merek akan menciptakan desain yang seimbang, logo pun dapat mencerminkan merek dengan baik. Misalnya logo untuk merek teknologi menggunakan font yang tegas, tebal dan futuristik. Sementara font untuk merek fashion perempuan biasanya akan menggunakan jenis tipografi yang elegan.

Read More

Pemilihan tipografi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan agar dapat menyampaikan pesan dengan efektif. Ini ada hubungannya dengan peran tipografi dalam desain logo. Artikel ini akan membahas hal itu, untuk mengetahui peran penting tipografi untuk desain logo serta memberikan tips memilih tipografi efektif untuk brand.

PERAN TIPOGRAFI DALAM DESAIN LOGO

Gaya tulisan atau font memiliki banyak jenis dan model yang mana setiap jenis dapat menciptakan kesan yang berbeda. Tipografi dalam desain logo memiliki tiga peran utama yaitu:

Mengkomunikasikan Identitas Merek

Salah satu peran penting tipografi adalah untuk memudahkan dalam mengkomunikasikan pesan, nilai-nilai dan identitas merek. Huruf yang dipilih untuk desain logo dapat menciptakan kesan logo yang modern, elegan sederhana, tradisional hingga profesional.

Dengan memilih tipografi yang tepat untuk logo dapat mengkomunikasikan pesan merek melalui gaya tulisan. Misalnya font sans-serif penggunaannya memberikan kesan modern dan bersih, logo akan tampak profesional. Sementara font serif pada desain logo akan memberikan kesan klasik dan tradisional, ini dapat mencerminkan nilai-nilai merek.

Menciptakan Kesan Emosional

Tipografi dapat menciptakan kesan emosional pada desain logo jika dapat menyesuaikan jenis font dengan merek. Dalam tipografi bentuk font, ukuran, ornamen hingga ketebalan dapat memengaruhi persepsi audiens ketika font diterapkan pada logo. Sebagai identitas visual merek logo harus bisa mengekspresikan merek dengan baik.

Untuk mengekspresikan suatu emosi pada audiens dapat dilakukan dengan penggunaan tipografi desain logo. Misalnya sebuah bisnis yang bergerak pada bidang teknologi menggunakan font futuristik untuk menunjukkan bahwa merek terus berinovasi. Untuk bisnis industri kreatif pemilihan tipografi kreatif dapat memberikan kesan merek yang mengekspresikan kreativitas.

Memudahkan untuk Dikenali dan Diingat

Tipografi pada desain logo kerap digunakan agar nama merek mudah diidentifikasi dan diingat oleh audiens. Penggunaan tipografi yang jelas dan sederhana akan mudah dibaca, ini bisa membantu untuk meningkatkan kesadaran merek.

Penggunaan huruf yang rumit akan menyulitkan audiens untuk mengenali dan membaca mereknya sehingga mengurangi efektivitas desain logo. Pilih huruf yang jelas yang mencerminkan merek sehingga pelanggan dapat dengan mudah membaca dan mengenali merek. Tidak hanya mudah mengenali nama merek, tipografi yang jelas juga akan membuat audiens mengenali jenis bisnis atau layanan.

TIPS MEMILIH TIPOGRAFI YANG EFEKTIF UNTUK DESAIN

Saat memilih tipografi untuk desain penting memperhatikan tentang merek, agar dapat memilih jenis tipografi yang sesuai. Ini seperti tujuan merek, jenis usaha dan layanan serta kesan yang ingin disampaikan, karena jenis tipografi harus sesuai dengan merek. Berikut ini beberapa tips memilih jenis tipografi.

Konsistensi dengan Identitas Merek

Untuk memilih jenis tipografi, penting memastikan memastikan jenis tipografi sesuai dengan nilai dan identitas merek. Jenis dan gaya tipografi harus bisa mencerminkan dengan nilai dan identitas merek. Desain logo dengan tipografi yang sesuai karakter merek akan menciptakan konsistensi.

Pilih huruf yang mencerminkan karakter perusahaan, misalkan bisnis ingin memiliki karakter ramah, gunakan tipografi sederhana dan mudah dibaca. Tipografi pada desain logo yang mencerminkan karakter bisnis akan menciptakan konsistensi antara desain logo merek.

Mudah Dibaca dan Sesuai dengan Jenis Industri Bisnis

Desain logo haruslah jelas dan sederhana karena akan digunakan sebagai identitas merek di berbagai media dan perangkat. Saat memilih jenis tipografi yang mudah dibaca dan sederhana tetapi masih mewakili nilai merek.

Pilih tipografi yang sesuai dengan jenis industri atau layanan yang dihasilkan merek. Tipografi yang sesuai dengan jenis usaha dan layanan akan membuat orang mengenali merek dalam sekali lihat.

Agar mudah dibaca gunakan tipografi yang sederhana tanpa tambahan ornamen pada huruf. Usahakan tidak menggunakan tipografi yang rumit ini bisa membuat tipografi tidak cocok dengan karakter.

Keunikan

Memilih tipografi untuk desain logo haruslah unik agar mudah diingat dan bisa menjadi ikon yang unik dari merek. Tipografi yang berbeda dari jenis usaha yang sama akan membuat desain terlihat mencolok.

Meskipun ingin membuat logo unik, perhatikan pula tipografi tetap mudah dibaca. Memilih gaya tulisan logo yang unik akan membuat logo mudah diingat audiens dan tampak menonjol di antara logo merek lainnya.

Fleksibel

Pilih tipografi yang kemungkinan bisa stabil pada berbagai ukuran sosial media, perangkat dan media. Pastikan tipografi tetap terlihat jelas, stabil dan mudah diingat, ini akan membangun konsistensi dan kesadaran merek. Jika tipografi tetap konsisten maka ini akan membuat logo mudah dipahami oleh audiens.

Pertimbangkan Tren dan Waktu

Ketika memilih tipografi pertimbangkan juga jenis huruf yang relevan dengan waktu atau jenis huruf yang sedang tren. Dalam memilih tipografi untuk logo penting untuk memilih jenis huruf yang bersifat abadi. Ini berguna agar logo tidak perlu sering melakukan rebranding.

Pilih tipografi yang sederhana, jelas namun tetap berdampak, sesuaikan tipografi yang jelas dengan jenis usaha merek. Desain logo yang menggunakan tipografi sederhana cenderung bertahan lama karena tidak mudah digeser perubahan tren.

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain logo pemilihan tipografi itu penting dan krusial karena mewakili nama merek. Pemilihan jenis tipografi yang tepat akan menyampaikan pesan dan karakter merek dengan baik. Tipografi yang sederhana, mewakili identitas merek dan mudah dibaca dapat membangun kesadaran merek.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts