Pentingnya Titik Fokus dalam Desain Grafis

Dunia desain memiliki cakupan yang luas ketika berbicara mengenai menciptakan desain yang menarik. Desain grafis tidak hanya tentang menciptakan tampilan visual yang menarik tetapi juga penting untuk menciptakan titik fokus dalam desain.

Titik fokus dalam desain grafis ini berguna memberikan sorotan pada elemen penting yang membawa pesan dari desain. Dengan mengatur titik fokus yang tepat, desain akan efektif dalam mengkomunikasikan pesan dengan jelas dan memikat.

Desain grafis bukan hanya tentang estetika namun penting untuk menyampaikan pesan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur titik fokus pada desain dengan mempertimbangkan beberapa hal. Termasuk warna, ukuran, bentuk dan tata letak.

Read More

Titik fokus tidak hanya berguna untuk menarik perhatian tetapi juga untuk mengarahkan mata audiens saat melihat desain. Untuk mengetahui tentang pentingnya titik fokus pada desain dan tips menciptakannya simak penjelasan dalam artikel ini.

PENTINGNYA TITIK FOKUS PADA DESAIN

Ada beberapa alasan penting untuk memberikan titik fokus pada desain seperti membantu menyampaikan pesan dan menciptakan tampilan visual yang menarik.

Komunikasi Efektif

Menciptakan titik fokus pada desain akan memudahkah dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi desain. Memberikan titik fokus pada elemen-elemen penting akan mengarahkan perhatian audiens saat melihat desain.

Titik fokus akan memudahkan pesan tersampaikan dengan baik, karena saat pertama kali melihat desain audiens bisa langsung fokus pada elemen penting.

Memandu Penggunaan Antarmuka Pengguna

Titik fokus ini juga dipakai dalam mendesain antarmuka pengguna (UI), agar nyaman saat digunakan. Adanya titik fokus pada desain antar muka pengguna akan memandu pengguna melalui elemen-elemen penting. Ini akan memudahkan pengguna saat menggunakannya serta memberi kejelasan.

Membangun Hirarki Visual

Titik fokus pada desain juga membantu menciptakan hirarki visual. Dalam desain biasanya ada elemen yang lebih penting dari yang lain. Biasanya elemen ini membawa pesan penting sehingga perlu ditonjolkan.

Memberikan titik fokus pada elemen tersebut akn menciptakan hirarki visual, sehingga elemen penting dapat terlihat jelas dan menyampaikan informasi dengan baik.

Meningkatkan Ingatan Visual

Adanya titik fokus memudahkan manusia untuk mengingat tampilan visual desain. Biasanya audiens akan mudah mengingat pesan yang berada di dalam titik fokus daripada yang lain.

Maka dari itu penting menciptakan titik fokus yang kuat pada elemen yang memiliki informasi penting. Ini dapat meningkatkan daya ingat audiens pada titik fokus tersebut.

Menciptakan Keseimbangan Visual

Memberikan titik fokus pada elemen tertentu akan membantu memberikan keseimbangan visual pada desain. Desain dengan visual yang seimbang akan memberikan tampilan menarik.

Titik fokus akan memberikan keseimbangan pada desain, sehingga tidak ada desain yang terlalu padat.

TIPS UNTUK MENCIPTAKAN TITIK FOKUS PADA DESAIN GRAFIS

Simak beberapa tips berikut ini untuk menciptakan titik fokus pada desain, agar desain memiliki tampilan visual menarik dan dapat menyampaikan pesan dengan baik:

Warna Kontras

Untuk menciptakan titik fokus salah satunya dapat dilakukan dengan memberikan warna kontras. Warna kontras akan memberikan sorotan pada teks atau elemen tertentu.

Gunakan warna kontras dan berbeda dari latar belakang untuk menonjolkan elemen penting. Penggunaan warna kontras dapat menarik perhatian pada titik fokus. Namun perlu berhati-hati saat menggunakan warna kontras.

Pastikan warnanya sesuai dan tidak membuat desain menjadi terlihat aneh. Untuk memadukan warna kontras pelajari cara memadukan warna yang tepat, agar bisa memberikan sorotan pada elemen.

Ukuran yang Berbeda

Ukuran yang berbeda pada berbagai elemen desain akan memberikan titik fokus. Biasanya elemen-elemen pada desain memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Elemen dengan ukuran yang besar cenderung lebih menonjol dan menarik perhatian. Biasanya elemen yang penting akan diberi ukuran lebih besar dari elemen yang lainnya. Audiens akan cenderung melihat yang lebih besar terlebih dahulu.

Ketajaman (Sharpness) dan Kecerahan

Untuk menciptakan titik fokus biasanya juga diberikan kecerahan dan ketajaman pada elemen desain tertentu. Elemen dengan warna yang lebih cerah dan tajam akan menonjol di antara elemen yang lainnya. Ini juga akan memberikan perbedaan visual dari elemen visual sehingga menciptakan titik fokus pada elemen tersebut.

Posisi Strategis

Penting untuk menempatkan elemen pada posisi yang strategis untuk menciptakan titik fokus. Biasanya elemen yang diberikan titik fokus akan diletakkan di tengah atau diatas.

Selain itu terkadang titik fokus ditempatkan didekatkan pusat desain. Terkadang juga ditempatkan pada garis pertigaan untuk menciptakan keseimbangan visual pada desain.

Kontras dalam Tipografi

Kontras tidak hanya ditempatkan pada warna tetapi juga pada tipografi untuk menciptakan titik fokus. Untuk memberikan kontras pada tipografi bisa dengan memberikan perbedaan pada jenis huruf, ukuran dan warna.

Biasanya keseluruhan desain menggunakan font yang sama, nah untuk menciptakan titik fokus pada teks gunakan gaya tipografi berbeda. Selain itu pada titik fokus berupa teks berikan ukuran berbeda atau lebih besar. Hal-hal ini akan menciptakan titik fokus pada teks yang memiliki informasi penting.

Penggunaan Gambar

Titik fokus pada desain juga dapat diciptakan dengan menggunakan gambar atau ilustrasi yang menarik perhatian. Atur tata letak dan ukuran gambar, tempatkan pada posisi strategi ini akan menciptakan titik fokus yang kuat.

Ruang Putih (Whitespace)

Mengatur jarak antar elemen dan memberikan ruang putih antar elemen akan membantu menciptakan titik fokus. Jarak elemen terlalu padat akan membuat elemen kehilangan titik fokus dan dapat membingungkan audiens. Penggunaan ruang putih dapat mengarahkan fokus pandangan audiens pada elemen-elemen tertentu.

Gerakan (Motion)

Untuk membuat titik fokus bisa juga memanfaatkan desain animasi atau motion. Adanya gerakan pada desain biasanya akan menarik perhatian mata audiens. Efek gerakan animasi dapat menarik perhatian dan memberikan titik fokus pada elemen tersebut.

Tekstur yang Berbeda

Tekstur pada elemen desain juga dapat memberikan titik fokus. Berikan tekstur pada elemen tertentu ini akan membuat elemen memberikan tampilan visual yang unik dan menarik perhatian.

KESIMPULAN

Titik fokus pada desain memiliki peran penting untuk memberikan tampilan visual yang kuat serta dapat mengkomunikasikan pesan lebih baik. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas akan membantu menciptakan titik fokus pada desain. Menciptakan titik fokus dapat dilakukan dengan mengatur warna, ukuran hingga tata letak elemen pada desain. Titik fokus yang kuat akan menciptakan kesan dan ingatan pada audiens.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts