Palet warna umumnya terdiri dari beberapa warna bergantung kebutuhan penggunaan terkadang tiga sampai lima warna. Warna-warna dalam sebuah palet warna akan dipilih yang harmonis dan sesuai kebutuhan desain. Untuk desain branding suatu palet warna perlu menyesuaikan jenis brand dan makna psikologisnya, sehingga berguna membangun branding.
Dalam kebutuhan branding, palet warna akan digunakan untuk berbagai kebutuhan desain seperti logo, kemasan, desain konten hingga kemasan. Palet warna yang sudah disusun dengan harmonis dan sesuai identitas brand akan digunakan dengan konsisten. Warna brand yang konsisten akan membantu membangun identitas merek yang kuat. Ketika menyusun palet warna, perhatikan beberapa hal ini agar warna tampil menarik, seperti:
- Pastikan warna dalam palet warna terlihat harmonis.
- Batasi jumlah warna dan pilih satu atau dua warna utama yang menarik.
- Pastikan memiliki satu atau dua warna netral.
- Manfaatkan skema warna untuk menyusun warna yang harmonis dan menarik.
Terkadang warna dalam palet warna akan terlihat kurang menarik jika terlalu kontras satu sama lain. Untuk itu meski warna disesuaikan kebutuhan brand tetap pastikan warna harmonis ketika dikombinasikan.
REKOMENDASI PALET WARNA DESAIN BRANDING
Warna untuk kebutuhan desain branding pada setiap brand akan berbeda menyesuaikan identitas merek serta jenis brand sehingga relevan. Palet warna desain branding perlu mencerminkan identitas brand sehingga semua desain dapat merepresentasikan pesan merek. Berikut beberapa rekomendasi palet warna desain branding sesuai jenis brand dan makna psikologi:
Palet Warna Brand Fitness

Warna untuk brand Fitness biasanya menggunakan warna yang dapat mencerminkan kesan sporty, semangat dan memotivasinya. Palet warna tersebut dapat digunakan untuk mencerminkan brand Fitness terdiri dari warna royal blur, hijau tua, abu-abu dan pink. Kombinasi warna tampak harmonis karena dalam palet warna terdapat warna netral.
Penggunaan palet warna yang memiliki warna cerah dan warna gelap tersebut dapat menciptakan kesan tenang dan profesional. Untuk brand fitness warna tersebut dapat menciptakan makna motivasi, perubahan dan kekuatan. Palet warna tersebut akan cocok untuk merepresentasikan brand fitness dengan baik.
Aplikasi Kesehatan

Jika palet warna akan digunakan untuk kebutuhan desain branding aplikasi kesehatan maka warna yang cocok seperti hijau gelap, kuning cerah, biru pastel dan ungu pastel. Kombinasi warna cerah yang lembut dan gelap akan menciptakan kontras yang cukup serta membuat desain lebih ramah. Warna pastel dan cerah akan mencerminkan kesan brand yang ramah.
Desain brand kesehatan sering menggunakan warna hijau untuk mencerminkan kesan aman dan terpercaya. Warna hijau gelap pada palet tersebut akan merepresentasikan pula pertumbuhan. Kombinasi warna tersebut bisa menciptakan kesan brand yang pemberdayaan, pertumbuhan dan aksesibilitas.
Baca juga: Inspirasi Kombinasi Warna dalam Logo Terkenal yang Menarik
Brand Produk yang Bergizi

Warna dalam desain branding juga bisa mewakili kualitas dan pesan dari brand itu sendiri. Palet warna bisa mencerminkan kualitas serta pesan tertentu melalui makna psikologi yang diciptakan warna. Kombinasi warna dalam palet tersebut terlihat harmonis karena menggunakan warna kalem.
Palet warna untuk digunakan pada produk yang bergizi tersebut memiliki warna abu-abu gelap, krem, oranye dan biru pastel. Semua warnanya muted dan tidak mencolok sehingga bisa mencerminkan visual yang seimbang. Palet warna muted tersebut juga menciptakan kesan brand yang energik dan sederhana sesuai karakter brand produk bergizi yang profesional.
Brand Kesenian dan Kreatif

Untuk jenis bisnis yang terkait dengan kesenian seperti museum, galeri atau pameran bisa menggunakan palet warna tersebut. Warna dalam palet kesenian bisa digunakan pula untuk brand yang bergerak dalam bidang kreatif. Warna brand tersebut terdiri dari kombinasi warna cerah hijau pastel, pink pastel, hitam dan merah.
Dua warna cerah pastel bisa mencerminkan brand kesenian yang berkesan kreatif dan inovatif, sementara warna merah dan hitam akan mencerminkan kesan profesional. Kombinasi warna brand akan semakin menarik jika proporsi warna diatur dengan baik, sehingga warna utama mewakili pesan utama. Warna pada palet brand kesenian tersebut menciptakan kesan ekspresif, bermain dan kreatif.
Brand Produk Hewan Peliharaan

Jika ingin mencerminkan bisnis yang menyediakan produk atau layanan terkait hewan peliharaan, sebaiknya gunakan warna relevan. Warna yang bisa merepresentasikan brand produk peliharaan seperti palet tersebut yang memiliki warna biru pastel, hijau muda, kuning tua, dan coklat gelap. Branding untuk desain logo hewan peliharaan seringkali menggunakan gaya ramah dan berkesan menyenangkan.
Untuk itu terkadang warnanya mengkombinasikan warna cerah dan penuh warna agar berkesan menyenangkan. Kombinasi warna palet tersebut bisa mencerminkan kesan bersahabat, terawat, dan menjaga. Kesan yang diciptakan dari palet warna tersebut akan membuat desain branding bisnis terkait hewan peliharaan relevan dan menarik.
Baca juga: 6 Palet Warna untuk Desain Brand Tour & Travel
TIPS MENGGUNAKAN PALET WARNA DESAIN BRANDING
Dalam menciptakan desain branding yang menarik, palet warna perlu disusun dengan harmonis dan sesuai kebutuhan. Dalam palet warna yang terdiri dari beberapa warna tersebut, terkadang tidak digunakan semua warnanya tetapi menyesuaikan. Berikut tips menggunakan palet warna dalam desain branding yang menarik:
Pilih Satu atau Dua Warna Utama
Jika palet warna terdiri dari empat atau lima warna, tentukan satu atau dua warna untuk digunakan sebagai warna utama. Terkadang beberapa desain memiliki gaya sederhana datau bentuk yang minimalis. Sehingga tidak membutuhkan banyak warna, untuk itu bisa menggunakan warna utama saja.
Warna utama akan digunakan paling dominan dalam desain sehingga dipilih warna yang paling mencerminkan identitas merek. Warna utama ini akan digunakan dengan konsisten sehingga mencerminkan identitas merek dengan baik.
Gunakan Warna dengan Konsisten pada Semua Desain dan Media
Palet warna yang berguna membangun branding harus digunakan secara konsisten pada semua jenis desain dan jenis media. Penggunaan warna yang konsisten akan membangun identitas yang kuat dan memudahkan desain visual diingat oleh audiens. Warna utama harus yang paling konsisten, sementara warna lainnya bisa menyesuaikan kebutuhan.
Pastikan warna diatur saturasi atau valuenya sehingga menciptakan desain yang menarik pada semua media. Terkadang untuk jenis desain berbeda akan membutuhkan jumlah warna yang berbeda. Biasanya warna utama yang paling diutamakan harus ada.
Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Logo Bisnis Makanan
Atur Saturasi Warna Sesuai Kebutuhan Desain
Desain branding untuk media cetak dan media digital akan memiliki kebutuhan warna berbeda sehingga tingkat kecerahannya akan diatur. Kecerahan warna desain mungkin berbeda, namun jika masih satu varian warna yang sama maka masih bisa mencerminkan identitas yang serupa. Mengatur saturasi juga berguna agar palet warna juga memiliki kontras yang jelas.
Untuk kebutuhan teks desain, warnanya akan menggunakan lebih gelap jika latarnya berwarna terang, begitupun sebaliknya. Perbedaan saturasi juga perlu disesuaikan untuk menciptakan mood tertentu sehingga bisa merepresentasikan pesan merek dengan baik.
Sesuaikan Proporsi Penggunaan Warna agar Konsisten
Atur proporsi ketika menggunakan beberapa warna dalam palet sehingga desain lebih menarik. Seringkali untuk desain logo biasanya menggunakan dua warna dengan 1:1. Sementara jika menggunakan tiga warna dalam desain grafis pemasaran bisa menggunakan perbandingan 6:3:1. Mengatur proporsi penggunaan warna, akan membantu menonjolkan warna utama yang dijadikan warna tema.
KESIMPULAN
Untuk menciptakan desain branding yang relevan dengan jenis bisnis dan identitas merek maka perlu menggunakan palet warna yang relevan. Warna-warna yang disusun dalam palet warna biasanya mempertimbangkan makna psikologi agar bisa mencerminkan karakter dan pesan merek dengan baik. Pilih palet warna yang sesuai dengan jenis brand, misalnya brand fitness memiliki warna elegan sementara brand pet shop akan menggunakan warna cerah akan tampil ramah. Pastikan menyusun warna dalam palet dengan bijak sehingga menciptakan kesan harmonis.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.