Warna merah digunakan pada berbagai jenis desain dengan mempertimbangkan makna psikologisnya agar relevan. Untuk kebutuhan desain logo penggunaan warna merah harus sesuai dengan karakter dan pesan merek. Untuk menciptakan desain visual yang harmonis, pilih rekomendasi warna merah yang tidak norak dan terlalu mencolok.
Terkadang beberapa warna merah bisa menciptakan tampilan yang mencolok dan kurang nyaman dilihat oleh mata audiens. Biasanya yang menggunakan warna merah terang, untuk disarankan untuk mengatur kecerahannya sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Pilihan saturasi warna merah juga perlu menyesuaikan dengan jenis bisnis dan tujuan desain, untuk logo perusahaan rekomendasi warna merah gelap yang paling disarankan.
REKOMENDASI WARNA MERAH YANG TIDAK NORAK
Saat ingin menggunakan warna merah jangan lupa untuk selalu memilih saturasi dan value warna sesuai kebutuhan. Gunakan warna merah yang memiliki variasi sesuai kebutuhan merek dan makna yang relevan. Berikut beberapa rekomendasi warna merah yang tidak norak sehingga desain akan tampil menarik:
Turkiye Red
Warna merah cerah ini tampil menawan karena tidak terlalu mencolok lebih elegan. Biasanya warna merah neon atau terang dihindari karena bisa membuat mata sakit serta terlihat norak dan kurang elegan. Setiap variasi warna merah yang memiliki kecerahan berbeda akan menciptakan kesan berbeda. sama halnya dengan warna ini.
Warna merah yang agak menyala ini bisa digunakan untuk mencerminkan bahaya dan dapat digunakan sebagai warna aksen yang menarik perhatian. Penggunaan jenis warna merah ini akan cocok digunakan untuk desain bertema natal atau peringatan.
Warna ini dalam desain konten bisa digunakan menyoroti informasi penting, terkadang juga digunakan pada warna papan peringatan bahaya. Untuk desain logo ini cocok digunakan untuk warna makanan arena efektif menarik perhatian dan menarik untuk dikombinasikan dengan warna hangat lainnya.
Light Carmine Pink
Warna merah ini termasuk kedalam warna merah muda yang tampil lembut karena sudah dicampurkan dengan warna putih. Saturasi warna ini yang rendah membuat warna merah muda ini agak pucat dan memiliki aksen keabu-abuan. Variasi warna merah yang muda ini bisa menciptakan kesan yang tenang dan feminim.
Dalam desain grafis warna merah muda sering dikaitkan dengan kesan romantis sehingga banyak digunakan untuk tema valentine dan anniversary. Untuk mencerminkan karakter suatu brand yang feminim dan elegan seperti untuk skincare dan kosmetik bisa menggunakan warna merah muda. Selain itu, warna merah muda ini juga akan cocok digunakan sebagai warna desain kemasan kosmetik.
Warna Prune atau Burgundy
Warna merah ini termasuk dalam variasi gelap karena tampil lebih gelap tetapi menarik karena bisa menciptakan kesan mewah. Penggunaan warna merah prune ini cocok untuk desain logo atau kemasan yang ingin tampil mewah. Warna merah gelap ini dapat digunakan untuk mencerminkan passion, love and aggression.
Penggunaan warna merah yang mewah ini cocok dikombinasikan dengan warna gelap lainnya seperti biru gelap atau hitam. Terkadang juga dikombinasikan dengan warna emas untuk membuat desain tampil semakin mewah dan elegan. Untuk desain logo warna ini cocok digunakan untuk logo perusahaan, logo kosmetik dan logo organisasi.
Warna Japanese Carmine
Jenis warna merah ini memiliki visual warna merah seperti yang khas pada desain yang berkaitan dengan jepang. Untuk jenis bisnis yang terkait dengan jepang seperti makanan atau les bahasa bisa menggunakan warna merah tersebut. Warna merah tua ini tidak cerah mencolok sehingga mudah untuk tampil harmonis dengan warna lainnya.
Selain itu, warna merah ini juga tidak terlalu gelap seperti warna burgundy sehingga tidak berkesan mewah tetapi lebih berkesan kuat dan excitement. Penggunaan warna ini juga bisa diterapkan pada desain logo makanan jepang, logo restoran jepang hingga logo perusahaan. Warna merah tua yang tidak terlalu gelap lebih mudah menarik perhatian dan bisa dikombinasikan dengan warna hangat lainnya agar menciptakan logo makanan yang menggugah selera.
Warna Light Pink
Untuk jenis warna merah muda yang cerah ini juga tidak berkesan norak, karena ada beberapa pink yang terlihat norak seperti hot pink. Warna merah muda tersebut terlihat lebih kalem dan lembut sehingga bisa mencerminkan kasih sayang, feminim dan elegan. Biasanya warna light pink kerap digunakan pada desain kemasan produk kecantikan karena menciptakan kesan feminim.
Warna light pink juga banyak digunakan pada jenis desain logo untuk fashion perempuan, logo skincare dan kosmetik. Pada desain grafis poster juga dikaitkan dengan tema kasih sayang seperti perayaan valentine. Warna light pink dapat digunakan juga untuk jenis desain website dan media sosial terkait bisnis kecantikan agar tampil elegan.
MAKNA PSIKOLOGI WARNA MERAH UNTUK SETIAP JENIS BRAND
Sama halnya dengan berbagai warna lainnya yang setiap tingkat kecerahan dan maknanya dapat merepresentasikan jenis bisnis yang berbeda. Untuk itu ketika memilih warna merah cari rekomendasi yang tepat, sehingga sesuai kebutuhan brand serta pilih saturasi yang tepat dan makna yang relevan dengan brand. Berikut beberapa makna warna merah untuk jenis brand yang berbeda:
Passion untuk Fashion dan Parfum
Warna merah dapat mencerminkan berbagai makna termasuk kesan passion. Makna passion ini akan cocok untuk mencerminkan jenis bisnis fashion dan parfum. Untuk jenis brand fashion dan parfum yang ingin mencerminkan passion bisa menggunakan variasi warna merah gelap atau merah tua.
Jenis brand fashion dan parfum yang menggunakan warna merah bisa menciptakan kesan elegan dan passion. Warna merah dapat dikombinasikan dengan warna hitam atau putih untuk menciptakan kesan passion pada bisnis fashion.
Hangat dan menggugah Selera untuk Makanan
Desain logo atau kemasan bisnis makanan hingga restoran banyak juga yang menggunakan warna merah. Warna merah memang cukup umum dalam logo makanan karena bisa menciptakan kesan yang menggugah selera.
Dalam bisnis makanan warna merah sering dikombinasikan dengan warna analognya seperti oranye dan kuning. Logo restoran dan makanan akan terlihat hangat dan menggugah selera jika diatur dengan bijak. Meski sama merah tua untuk brand fashion dan makanan bisa menciptakan kesan yang cukup berbeda.
Power and Strong untuk Logo Perusahaan
Warna merah juga bisa mencerminkan kesan power and strong pada suatu brand atau bisnis. Untuk logo perusahaan warna merah kerap kali dipilih untuk mencerminkan perusahaan yang kuat dan profesional. Biasanya jenis warna merah yang digunakan adalah warna merah gelap atau tua.
Pilih variasi merah gelap untuk menciptakan kesan strong dan powerful pada desain logo, warna merah terang akan kurang sesuai. Untuk logo perusahaan mana psikologi tersebut akan cocok jika disandingkan dengan warna gelap lainnya atau warna kontras seperti biru dan hijau.
Cinta dan Feminim untuk Kecantikan
Warna merah juga bisa mencerminkan kesan elegan dan feminim untuk desain logo kecantikan seperti skincare dan kosmetik. Kesan elegan dapat diciptakan dengan menggunakan variasi warna merah muda terang atau lembut dan juga warna merah gelap seperti burgundy. Jika menggunakan merah gelap desain brand bisanya juga tampil mewah tak hanya elegan.
Warna merah muda lembut sering digunakan sebagai warna logo skincare dan fashion yang mengagetkan perempuan. Namun agar elegan hindari menggunakan warna pink yang terlalu terang seperti hot pink. Daripada warna merah gelap untuk mencerminkan brand yang feminim lebih cocok menggunakan warna pink lembut.
KESIMPULAN
Penggunaan warna merah bisa membuat desain terlihat norak dan kurang nyaman untuk mata jika tidak memilih variasi warna yang tepat. Beberapa rekomendasi warna merah tersebut akan mencerminkan makna berbeda untuk setiap jenis brand yang berbeda. Penting untuk memilih variasi warna yang tepat dan mempertimbangkan makna yang diciptakan agar relevan dengan karakter brand.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.