Inspirasi Kombinasi Warna dalam Logo Terkenal yang Menarik

Logo dari merek terkenal berhasil membangun identitas merek yang kuat melalui pemilihan warna yang tepat. Warna berguna mencerminkan identitas merek sekaligus merepresentasikan jenis bisnis. Kombinasi warna yang sering digunakan oleh logo terkenal seringkali mirip karena menyesuaikan jenis bisnis.

Kombinasi warna logo dalam brand terkenal kebanyakan kontras dengan latar belakang agar mudah dikenali dan diingat. Warna brand dipilih dan dikombinasikan dengan mempertimbangkan bidang bisnis dan identitas merek. Beberapa brand terkenal kerap menggunakan warna yang sama sehingga terkadang sulit dibedakan.

Ketika ingin memilih kombinasi warna untuk desain logo ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Warna yang Kontras dengan Latar

Ketika memilih kombinasi warna untuk desain logo perhatian juga kontras yang diciptakan. Pilih warna latar belakang logo yang bisa menciptakan kontras dengan warna logo sehingga logo terbaca dengan baik. Dalam format JPG logo perlu memiliki background agar bisa digunakan untuk foto profil atau logo aplikasi.

Umumnya latar belakang yang umum adalah warna hitam atau putih. Namun jika logo memiliki ikon putih maka latar belakang akan menggunakan warna identitas merek seperti pada logo Facebook. Pastikan warna latar memiliki kontras yang cukup untuk meningkatkan keterbacaan logo.

Dua atau Tiga Warna Kontras Satu Sama Lain

Seringkali untuk menciptakan warna menarik, sebuah logo akan menggunakan warna yang kontras. Skema warna komplementer seringkali dipilih untuk membuat logo tampil menonjol. Pastikan kontras warna tidak mengganggu mata dengan mengatur tingkat kecerahannya seperti pada logo IKEA.

Warna Mirip sehingga Harmonis

Kombinasi warna juga lebih efektif dan mudah jika menggunakan kombinasi warna mirip seperti warna analog dan monokrom. Logo mastercard terlihat harmonis karena menggunakan kombinasi warna analogi yaitu merah dan kuning. Sementara itu kombinasi warna logo Paypal terlihat monokrom karena terdiri dari warna biru gelap dan biru muda. Kombinasi warna yang harmonis akan membuat logo tampak profesional.

Memiliki Saturasi dan Value yang Nyaman

Salah satu hal penting ketika mengkombinasikan warna adalah dengan mengatur saturasi dan value warna. Beberapa warna bisa kurang harmonis sehingga kecerahan warna yang dikombinasikan perlu diatur.

Logo yang memiliki kombinasi warna yang baik, bisa memiliki dua warna cerah yang satunya dibuat sedikit gelap atau pucat agar harmonis. Atur tingkat kecerahan untuk memastikan logo terlihat menarik dan memiliki visual yang nyaman dilihat.

Baca juga: 6 Kombinasi Warna untuk Desain Konten Instagram Elegan

INSPIRASI KOMBINASI DUA WARNA KONTRAS BRAND TERKENAL YANG HARMONIS

Warna desain logo yang digunakan oleh kebanyakan brand terkenal seringkali mengkombinasikan warna yang merepresentasikan identitas merek. Kombinasi warna harus harmonis dan menciptakan kontras yang jelas. Beberapa brand terkenal mengkombinasikan dua warna saja agar membuat desain tampak sederhana.

Logo Warna Hijau dan Putih

Inspirasi Kombinasi Warna dalam Logo Terkenal yang Menarik

Contoh : Logo Gojek dan Grab, Webtoon, Whatsapp, Starbucks

Kombinasi warna hijau dan putih banyak digunakan untuk logo dalam bidang transportasi online seperti gojek dan grab. Warna hijau memberikan kesan ramah dan tenang, sementara putih membantu warna hijau tampil jelas. Kombinasi warna hijau dan putih mencerminkan brand yang ramah dan tenang sehingga membangun kepercayaan publik.

Selain transportasi online, kombinasi warna ini juga ditemui dalam desain brand minuman untuk mencerminkan kesegaran. Pada desain logo brand aplikasi pesan online juga terlihat cocok. Warna hijau dan putih dapat digunakan pula untuk brand skincare dan kecantikan karena dapat mencerminkan kesan segar.

Logo Warna Biru dan Putih

Contoh: Facebook dan Twitter, Linkedin

Warna biru dalam desain logo memang populer bahkan untuk berbagai bidang tidak hanya untuk logo perusahaan tetapi juga untuk logo aplikasi digital. Penggunaan warna biru juga banyak ditemui dalam brand finance dan bank. Selain itu cukup umum juga untuk media sosial seperti Facebook dan Linkedin.

Dalam desain untuk Linkedin warna biru dan putih menciptakan kontras sehingga inisial nama brand terbaca dengan baik. Inisial nama brand dalam kedua media sosial tersebut memiliki white space sehingga terlihat unik. Nama merek dengan warna putih dengan latar biru memiliki kontras yang baik sehingga brand terbaca dengan mudah.

Baca juga: 5 Desain Logo Gradien Menarik dan Tips Memilih Warnanya

Logo Warna Merah dan Putih

Inspirasi Kombinasi Warna dalam Logo Terkenal yang Menarik dan Relevan

Contoh Logo: YouTube, Gmail, Pinterest, CNN

Warna merah juga cukup populer dalam berbagai bidang termasuk makanan, aplikasi digital, hingga logo perusahaan. Dalam desain logo warna merah yang hangat dapat mencerminkan identitas brand yang kuat, energik dan terpercaya. Pada logo media digital warna merah dan putih ditemui pada logo YouTube dan pinterest.

Warna merah dalam logo YouTube tampak cerah dan memberikan kesan bersemangat. Penggunaan warna ini dapat menciptakan sugesti yang bersemangat dan bahagia. Kombinasi warna merah dalam logo CNN Pinterest hingga YouTube memiliki kontras yang jelas. Sehingga teks nama merek dalat mudah terbaca dan dikenali oleh audiens.

Logo Warna Kuning dan Putih

Inspirasi Kombinasi Warna dalam Logo Terkenal yang Menarik dan Relevan

Seringkali desain brand untuk media sosial banyak yang menggunakan warna cerah yang menjadi mencolok agar efektif menarik perhatian. Warna kuning dan putih dalam desain logo akan menciptakan brand yang ramah ceria dan menyenangkan. Kesan menyenangkan akan cocok dengan bisnis platform streaming seperti Viu.

Untuk media sosial seperti Snapchat juga akan membantu logo tampil mencolok di kerumunan. Kombinasi warna kuning dan putih harus diatur agar saturasi agar warna kuning memiliki kontras. Warna kuning dan putih akan merepresentasikan brand yang ramah, ceria dan menyenangkan.

Logo Warna Biru dan Kuning: Ikea

Warna brand terkenal yang juga tampil kontras adalah warna desain logo ikea. Kombinasi warna ini mengkombinasikan dua warna yang berlawanan sehingga terlihat mencolok . Saturasi warna tersebut sudah diatur sedemikian rupa untuk menciptakan kombinasi yang harmonis.

Kedua warna ini dapat menciptakan tampilan kurang harmonis jika kecerahan warna tidak diatur. Kombinasi warna tersebut akan menciptakan kesan brand terpercaya dan ramah. Ketika memilih kombinasi biru dan kuning yang kontras pastikan mengatur pilihan warnanya agar harmonis.

Baca juga: 7 Kombinasi Dua Warna yang Berani dan Mencolok

KOMBINASI TIGA ATAU LEBIH WARNA DALAM BRAND TERKENAL

Beberapa brand terkenal terkenal juga mengkombinasikan banyak warna untuk membuat logo tampak lebih menarik. Dua warna saja mungkin terlalu sederhana, berikut contohnya:

Logo Warna Merah, Putih dan Biru

Untuk brand terkenal yang mengkombinasikan tiga warna tetapi tampil menarik, biasanya menggunakan satu warna netral. Dua warna kontras seperti biru dan merah akan tampil harmonis jika ditambahkan satu warna netral seperti putih. Bentuk logo pada Pepsi dan NASA juga semakin harmonis karena ada warna putih sebagai penyeimbang.

Logo untuk brand minuman dan logo badan antariksa tersebut tampil menarik meski menggunakan tiga warna. Desain tidak terlihat berlebihan karena warna putih menciptakan tampilan harmonis. Kombinasi merah dan biru dalam logo tersebut mencerminkan brand yang terpercaya, kuat dan bersemangat.

Logo Warna Merah, Hijau, Kuning dan Biru

Tidak hanya tiga ada juga brand terkenal yang membangun identitas kuat dengan menggunakan kombinasi empat warna. Kombinasi empat warna bisa digunakan untuk desain logo yang sederhana seperti logo Microsoft sehingga mempertahankan kesederhanaan. Desain logo brand tersebut tetap sederhana meski menggunakan empat warna.

Kombinasi warna yang berbeda-beda tersebut terlihat harmonis karena digunakan pada setiap ikon berbeda. Bentuk ikon yang hanya empat kotak sederhana membuat empat warna cerah tetap terlihat harmonis. Saturasi warna yang cerah tidak mengganggu bentuk ikon satu sama lain.

KESIMPULAN

Dengan memerhatikan kombinasi warna dalam logo terkenal akan membantu melihat efektivitas brand membangun identitas merek yang kuat. Warna yang efektif merepresentasikan brand akan mudah diingat oleh audiens dan menjadi ciri khas yang unik. Pastikan kombinasi warna logo harmonis dan mencerminkan identitas merek. Pilih jumlah kombinasi yang tidak terlalu banyak agar desain efektif digunakan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.