Tips Menentukan Warna Hijau Sesuai Karakter Brand

Warna hijau kerap kali diduga untuk mencerminkan kesan segar dalam alami pada desain grafis. Untuk kebutuhan warna brand, penting menentukan variasi warna hijau yang sesuai karakter brand karena setiap variasinya bisa berbeda. Beberapa warna hijau mungkin tidak mencitrakan kesan segar, untuk itu penting memilih warna hijau sesuai makna dan kesan yang diciptakan setiap variasi warnanya. 

Variasi warna hijau bisa tercipta dengan diatur kecerahannya serta campuran warna abu-abu atau putih. Ada banyak sekali variasi yang bisa diciptakan dari hanya mengatur value dan saturasi. Tampilan visual warna yang tampak berbeda umumnya dapat mencerminkan makna dan kesan berbeda. 

TIPS MENENTUKAN WARNA HIJAU SESUAI KARAKTER BRAND

Untuk kebutuhan membangun identitas dan karakter brand penting untuk memilih variasi warna hijau yang tepat. Setiap variasi warna hijau juga bisa mencerminkan jenis bisnis yang berbeda. Untuk itu perhatikan tips menentukan warna hijau sesuai karakter brandnya, berikut ini:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Emerald Green

Tips Menentukan Warna Hijau Sesuai Karakter Brand
  • Mewah
  • Canggih
  • Timeless

Warna hijau ini tampil mewah karena memiliki variasi hijau tua yang solid dan tidak mencolok, cocok untuk menciptakan kesan elegan dan mewah. Kemampuan warna hijau ini untuk menciptakan kesan mewah, akan harmonis jika dikombinasikan dengan warna hijau emas. Warna hijau ini juga bisa menciptakan kesan canggih jika dikombinasikan dengan warna biru dan hitam, misalnya untuk logo perusahaan. 

Gunakan warna hijau yang tampil canggih ini untuk mencerminkan brand teknologi yang profesional dan terpercaya. Warna ini juga bisa mencerminkan brand yang terpercaya sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis brand. Warna hijau yang solid ini juga mampu membuat desain logo sederhana untuk timeless sehingga relevan dari waktu ke waktu. 

Chartreuse Green

  • Petualangan
  • Menyenangkan
  • Inovatif

Variasi warna satu ini tampil lebih mencolok dan memiliki aksen warna neon yang terang sehingga bisa membuat desain lebih menonjol. Warna hijau ini memiliki aksen kuning sehingga bisa menciptakan kesan bahagia dan menyenangkan. Kombinasikan warna hijau terang ini dengan warna kuning terang maka cocok untuk merepresentasikan brand anak-anak. 

Warna hijau terang bisa mencerminkan kesan menyenangkan, petualangan, dan inovatif. Sering juga ditemui warna hijau terang seperti ini pada jenis desain logo yang ingin mencerminkan kesan inovatif, biasanya untuk bisnis dalam bidang kreatif. Warna ini juga akan relevan dikombinasikan dengan warna cerah lain seperti pink atau oranye. 

Olive Green

Tips Menentukan Warna Hijau Sesuai Karakter Brand
  • Handal
  • Alami
  • Membumi

Warna hijau juga banyak mengambil inspirasi dari warna alam seperti warna hijau dari olive ini yang tampil pucat agak kecoklatan. Jenis warna hijau olive biasanya dapat mencerminkan desain kemasan untuk produk berbahan olive. Selain itu warna hijau olive yang redup ini bisa mencerminkan kesan handal, alami dan membumi. 

Penggunaan warna hijau olive juga akan cocok untuk mencerminkan brand yang organik dan alami biasanya untuk produk ramah lingkungan. Daripada warna hijau terang menggunakan warna hijau olive lebih cocok mencerminkan kesan alami dan organik. Daripada desain logo, penggunaan warna olive ini banyak digunakan untuk warna kemasan karena menciptakan kesan produk yang alami.. 

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

Sage Green atau Pastel Mint

  • Menenangkan
  • Bersih
  • Minimalis

Jenis warna hijau ini termasuk jajaran warna pastel yang lembut, warna hijau dikombinasikan dengan warna putih sehingga menciptakan kesan lembut. Warna hijau pastel ini juga memiliki aksen warna abu-abu sehingga menciptakan kesan tenang. Hijau sage ini dalam desain grafis bisa mencerminkan kesan tenang, bersih dan minimalis. 

Biasanya cocok digunakan untuk tema desain minimalis dan timeless, untuk desain logo warna ini bisa mencerminkan kesan sederhana. Warna ini juga bisa digunakan untuk menciptakan kesan bersih dan sederhana pada logo skincare dan kosmetik. Penggunaan warna sage untuk brand skincare bisa menciptakan sugesti jika produk dapat menenangkan kulit. 

Forest Green

Tips Menentukan Warna Hijau Sesuai Karakter Brand
  • Kuat
  • Berkelanjutan
  • Autentik dan Alami

Warna hijau tua dan solid ini dapat menciptakan kesan alami seperti tumbuhan di alam yang segar. Untuk produk yang menekankan keberlanjutan dalam proses produksi dan hasil produknya cocok menggunakan warna hijau ini. Warna hijau ini dapat digunakan untuk bisnis yang memiliki wacana keberlanjutan sehingga sesuai karakter brand. 

Tampilan hijau tua yang solid ini mampu menciptakan kesan segar, alami dan kuat untuk karakter suatu brand. Penggunaan warna ini juga banyak digunakan untuk logo perusahaan yang tampil kuat dan memiliki visis keberlanjutan. Tak hanya itu untuk desain kemasan warna ini bisa mencerminkan keberlanjutan dengan baik. 

Lime Green

  • Bold
  • Energetic
  • muda

Hijau yang terang ini bisa tampil mencolok dan mencerminkan kesan tajam, energik, dan muda. Warna hijau yang terang ini juga bisa tampil fresh dan mencerminkan masa muda untuk tema serupa. Untuk digunakan sebagai warna brand, hijau ini cocok untuk mencerminkan bisnis terkait anak-anak. 

Warna ini juga bisa digunakan untuk logo bisnis yang memiliki target audiens anak muda yang energik seperti untuk brand sport. Dalam desain logo warna ini bisa mencerminkan brand yang canggih dan muda. Tak hanya brand anak muda, warna ini bisa digunakan untuk brand teknologi digital dan fashion sport. 

Baca juga: 6 Palet Warna Menarik untuk Desain Brand Minuman

JENIS BISNIS DAN BRAND YANG SERING MENGGUNAKAN WARNA HIJAU

Desain grafis yang menggunakan warna hijau seringkali untuk mencerminkan alami dan menciptakan kesan segar. Tetapi warna hijau dapat memiliki banyak makna berbeda untuk setiap variasinya warna, yang bisa digunakan untuk berbagai jenis brand. Ada  beberapa jenis bisnis yang sering menggunakan warna hijau, seperti:

Produk Organik

Warna hijau yang mengambil warna alam seperti daun, rumput dan pohon, warna ini menciptakan kesan tenang dan segar. Bisnis yang memiliki produk organik akan cocok menggunakan warna hijau untuk menunjukkan bahwa bahannya alami dan segar sehingga terpercaya. Penggunaan warna hijau untuk mencerminkan bisnis organik akan membuat logo tampil alami. 

Biasanya warna hijau dalam brand organik akan digunakan konsisten mulai dari logo, desain kemasan dan desain pemasaran untuk mencerminkan kesan alami. Dari warna luarnya biasanya orang akan langsung mengira produk organik karena warna hijau. Dalam desain grafis warna hijau sesuai untuk karakter brand organik karena menciptakan kesan berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Organisasi Alam

Banyak juga organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan atau terkait alam sering menggunakan warna hijau. Biasanya seperti logo untuk organisasi aktivis lingkungan, kementerian lingkungan, hingga logo komunitas pecinta alam. Warna hijau juga banyak digunakan untuk logo bisnis perkemahan, glamping hingga guest house. 

Warna hijau yang alami bisa mencerminkan jika logo tersebut terkait dengan lingkungan dan alam. Untuk logo organisasi alam biasanya menggunakan jenis hijau gelap agar mencerminkan kesan kuat dan profesional. 

Baca juga: 7 Desain Logo Perusahaan Profesional dan Keren

Logo Perusahaan

Warna hijau juga banyak digunakan untuk warna logo perusahaan seperti warna biru keduanya banyak digunakan agar menciptakan kesan profesional dan kuat. Untuk logo perusahaan biasanya warna seperti forest green akan banyak digunakan. Kombinasi warna yang cocok untuk logo perusahaan biasanya dengan warna biru terang atau warna kuning dan oranye. 

Logo Kesehatan

Warna hijau yang menciptakan kesan tenang ini juga banyak digunakan sebagai warna logo rumah sakit. Warna hijau juga identik dengan kesehatan sehingga banyak digunakan untuk logo terkait farmasi dan kesehatan. Dalam logo kesehatan warna hijau dapat mencerminkan kesan tenang, aman dan terpercaya. Biasanya logo rumah sakit akan menggunakan warna hijau tua atau hijau muda. 

Brand Skincare

Warna hijau dalam desain logo sering digunakan juga untuk mencerminkan produk yang berbahan alami sehingga menciptakan sugesti segar. Untuk itu banyak logo skincare yang juga menggunakan warna hijau akan menciptakan sugesti produk yang memberikan efek segar dan tenang.

Warna hijau juga bisa menunjukkan jika produk menggunakan bahan alami dan terpercaya. Tak hanya untuk warna logo, biasanya banyak juga desain kemasan produk sehingga semakin membangun citra produk alami. 

KESIMPULAN

Warna hijau dalam berbagai jenis brand cukup sering digunakan untuk mencerminkan brand organik yang alami. Ada banyak variasi warna hijau yang perlu dipilih sesuai karakter brand agar mencerminkan kesan yang tepat. Jenis brand berbeda mungkin akan membutuhkan warna hijau yang berbeda. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.