Membangun Identitas Merek: Panduan Memilih Elemen Visual

0
(0)

Desain untuk membangun identitas merek ini melibatkan beberapa elemen penting seperti warna, tipografi dan elemen visual lainnya. Identitas merek sebagai wajah atau karakter yang mencerminkan nilai, karakter dan pesan merek pada audiens. Dalam menciptakan identitas merek yang kuat, penting untuk memerhatikan pemilihan elemen visual yang tepat. 

Membangun Identitas Merek: Panduan Memilih Elemen Visual

Elemen identitas merek harus bisa merepresentasikan nilai dan karakter merek dengan baik. Untuk itu dalam memilih elemen desain dalam identitas merek perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Elemen identitas merek akan digunakan secara konsisten untuk berbagai kebutuhan dan konteks. 

Untuk itu penting memilih elemen-elemen yang bisa menciptakan konsistensi untuk merek dalam semua kebutuhan desain. Elemen identitas merek tidak hanya digunakan untuk merancang logo tetapi juga untuk kemasan dan materi pemasaran. Agar bisa memilih elemen identitas merek yang tepat, simak pembahasan ini tentang apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih elemen identitas merek.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

HAL YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMILIH ELEMEN IDENTITAS MEREK

Dalam memilih elemen identitas merek, penting untuk mempertimbangkan elemen yang bisa membangun fondasi merek yang kuat. Elemen seperti warna, tipografi dan elemen visual lainnya dapat memengaruhi persepsi audiens pada merek. Untuk itu perhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih identitas merek yang kuat:

WARNA

Membangun Identitas Merek: Panduan Memilih Elemen Visual

Makna dan Emosi: 

Dalam memilih warna untuk identitas merek penting untuk memahami psikologi warna. Hal ini berguna untuk mengetahui makna dan emosi yang bisa diciptakan setiap warna, sehingga bisa memilih warna yang sesuai dengan merek. Warna sebagai elemen identitas merek berperan penting dalam untuk mengkomunikasikan pesan dan karakter merek pada audiens. 

Penting untuk memilih warna yang sesuai dengan emosi dan makna yang ingin disampaikan merek melalui warna desain. Warna harus mencerminkan identitas merek yang ingin dibangun apakah ramah, profesional atau menyenangkan. Pilih warna yang memiliki makna dan emosi sesuai dengan merek, misalnya biru untuk menciptakan kesan profesional dan kepercayaan pada merek.

Baca juga: Penggunaan Skala Warna Triadik Dalam Desain Grafis

Konsistensi: 

Dalam membangun identitas merek, pilih warna yang bisa menciptakan konsistensi atau mempertahankan konsistensi visual pada desain. Warna identitas merek tidak hanya harus menarik dan sesuai dengan kepribadian merek, tetapi juga bisa terlihat sama pada berbagai penggunaan media cetak dan digital.

Pilih warna yang jika digunakan bisa tetap sama dan konsistensi dalam semua media dan platform. Pastikan juga palet warna yang dipilih saling melengkapi dan menciptakan konsistensi pada semua desain. Warna yang konsisten akan berguna untuk membangun identitas merek yang kuat, termasuk pada materi desain pemasaran. 

TIPOGRAFI

Membangun Identitas Merek: Panduan Memilih Elemen Visual

Kesesuaian dengan Merek: 

Tipografi juga salah satu elemen penting dalam membangun identitas merek yang kuat. Gaya tipografi tidak boleh sembarang dipilih harus disesuaikan dengan nilai dan karakter merek seperti warna. Jenis font, ketebalan, dan jarak antar huruf dapat memengaruhi persepsi audiens pada merek.

Setiap jenis font dapat memberikan kesan tertentu, ada yang ramah, tegas, klasik hingga futuristik. Penting untuk memilih jenis font yang tepat dengan menyesuaikan kepribadian dan kesan yang ingin dibangun oleh merek. Misalnya jenis font yang bersih dan tegas akan menciptakan kesan profesional dan dapat dipercaya. 

Baca juga: Kriteria Font yang Tepat untuk Desain yang Efektif

Keterbacaan: 

Dalam memilih elemen tipografi untuk identitas merek, pertimbangkan juga tingkat keterbacaan teks. Meskipun ingin menciptakan tipografi yang unik, namun keterbacaan adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan. Keterbacaan dalam tipografi dipengaruhi oleh jenis font, ketebalan huruf dan jarak antar huruf. 

Pilih jenis huruf yang bisa mencerminkan kepribadian merek dan mudah untuk dibaca oleh audiens. Tipografi dalam identitas merek akan digunakan untuk beragam hal, mulai dari desain logo, desain poster, dan materi pemasaran lainnya. Penting untuk memastikan jenis font yang dipilih konsistensi dan mudah dibaca dalam berbagai platform dan ukuran. Hal ini agar bisa menyampaikan pesan dengan baik. 

ELEMEN VISUAL

Logo:

Dalam memilih ikon untuk desain logo penting untuk mempertimbangkan kesesuaiannya dengan merek. Perhatikan makan dari ikon yang dipilih, apakah mencerminkan jenis usaha, jenis produk atau kepribadian merek. JIka menggunakan ikon logo berupa simbol abstrak, perlu untuk memastikan bahwa simbol berbentuk unik dan mencerminkan merek dengan baik. 

Logo sebagai identitas visual merek biasanya disusun dengan melibatkan elemen warna, jenis huruf dan simbol yang mana elemen tersebut merupakan elemen identitas merek. Desain logo harus dirancang agar bisa mencerminkan esensi dari merek, bentuk simbol atau warna harus merepresentasikan merek dengan baik. Logo juga harus mudah untuk dikenali dan diingat oleh audiens 

Grafik dan Ilustrasi:

Dalam memilih identitas merek yang kuat,grafik dan ilustrasi juga bagian dari elemen identitas merek. Merek biasanya menggunakan elemen grafis dan identitas merek untuk kebutuhan desain pemasaran dan iklan. Pilih dan ciptakan grafis maupun ilustrasi yang menarik untuk membangun merek yang kuat.

Gambar ilustrasi untuk identitas merek harus bisa menunjukkan nilai dan karakter merek. Terkadang ilustrasi bisa digunakan sebagai maskot atau karakter merek yang memiliki ekspresi menarik. Elemen gambar dan grafis bisa digunakan untuk menciptakan gaya desain merek untuk diterapkan secara konsisten.

Baca juga: Peran Desain Ilustrasi dalam Beragam Proyek Desain Grafis

Fotografi: 

Dalam meembangun idenitas merek, fotografi juga elemen penting untuk membangun merek yang kuat. Gaya dalam fotografi dapat dijadikan sebagai identitas merek yang khas dan berguna untuk membangun merek. Ini melibatkan cara pengambilan gambar atau foto  produk untuk dijadikan identitas yang khas. Penting untuk memilih gambar atau foto yang sesuai dengan nilai dan kepribadian merek untuk menciptakan konsistensi.

KESIMPULAN

Dalam membangun identitas merek yang kuat ada banyak hal yang terlibat seperti elemen warna, tipografi, logo dan gambar. Elemen identitas merek dipilih dengan mempertimbangkan beberapa hal untuk memastikan elemen sesuai dengan nilai dan karakter merek. Untuk memilih elemen identitas merek, biasanya memerhatikan beberapa hal seperti makna, konsistensi, fleksibilitas hingga keunikannya. Hal ini agar elemen identitas merek yang dipilih bisa menciptakan perbedaan merek dengan pesaing. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts