Ketika ingin menciptakan desain logo brand makanan penting untuk memilih ikon dan elemen visual yang bisa merepresentasikan brand. Kombinasi gaya desain dan jenis bisnis harus terlihat memikat dan efektif membangun branding. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar brand makanan tampil mencolok dan menarik perhatian konsumen dalam sekali lihat.
APA YANG MEMBUAT LOGO BRAND MAKANAN BERHASIL?
Untuk menciptakan identitas visual setiap jenis bisnis akan memiliki ciri berbeda, agar logo merepresentasikan bidang bisnis dengan baik. Desain visual untuk brand makanan dapat memiliki tampilan logo yang mencerminkan produk atau karakter dari brand makanan (Zeynep, 2019)1. Ada beberapa hal yang membuat logo makanan tampak lebih baik dan menggoda konsumen.
Perhatikan Ciri Khas Industri Makanan
Ketika ingin membuat industri makanan yang menarik perhatian, perhatikan ciri dan karakteristik dari logo brand makanan yang sudah ada. Umumnya brand makanan ingin menciptakan tampilan visual yang terlihat lezat dan menggoda konsumen. Ini bisa ditampilkan dengan pemilihan warna dan elemen logo yang tepat.
Lihat bagaimana sebagian besar logo makanan akan menggunakan warna dengan aksen hangat dan mencolok untuk menarik perhatian. Brand makanan dengan hasil produk yang berbeda terkadang juga memiliki karakteristik yang berbeda. Logo untuk restoran dan cafe akan memiliki estetika elemen visual yang cukup berbeda.
Baca juga: Variasi Desain Logo Kombinasi Modern dan Tips Menyusunnya
Buat Ikon Logo yang Unik dan Mencerminkan Produk
Biasanya desain logo brand makanan yang efektif dikenali dan diingat oleh konsumen jika memiliki ikon sesuai produk makanannya. Audiens akan lebih mudah mengenali produk dari brand tersebut jika digunakan sebagai ikon logo. Meskipun sudah banyak menggunakan ikon tersebut, cobalah untuk menciptakan bentuk ikon baru yang unik.
Pilih ikon yang merepresentasikan produk unggulan dari brand tersebut seperti burger king dengan ikon burgernya. Beberapa logo makanan juga banyak menggunakan logo karakter yang diambil bentuknya dari bahan utama produk seperti ayam atau kentang. Brand makanan dengan ikon yang merepresentasikan produk akan lebih mudah dikenali dan menciptakan branding yang unik.
Logo yang Mencerminkan Kepercayaan
Keamanan dan kepercayaan terhadap produk makanan adalah salah satu hal penting yang membuat brand makanan tampil baik. Desain logo makanan tidak hanya harus tampil menggoda dan menarik tetapi juga tampil terpercaya. Kualitas desain yang tinggi dan memerhatikan detail logo akan membuat logo tampil profesional dan dapat dipercaya.
Jika kualitas desain logo buruk, dengan kombinasi elemen yang tidak harmonis ini bisa mengurangi kepercayaan konsumen pada brand makanan tersebut. Terapkan prinsip-prinsip desain seperti white space, kerning hingga pemilihan elemen yang tepat, sehingga desain logo tampak profesional. Logo yang tampak profesional akan meningkatkan kepercayaan audiens.
Warna Cerah yang Menarik Perhatian
Warna untuk desain logo brand makan juga memiliki peran krusial untuk membuat desain tampil menarik perhatian. Pemilihan kombinasi warna harus membuat brand tampil menggoda, merepresentasikan produk dan menarik perhatian. Brand makanan kebanyakan menggunakan warna cerah yang mencolok untuk memikat konsumen.
Kombinasi sesama warna cerah yang mencolok dan tajam juga banyak ditemui dalam logo makanan. Warna merah, kuning hingga oranye dapat menciptakan tampilan brand mencolok dan berkesan lezat. Kombinasi warna merah-oranye atau merah-kuning efektif membuat logo tampil menarik perhatian seperti pada logo Mcd.
7 DESAIN LOGO BRAND MAKANAN UNIK
Desain logo brand makanan kebanyakan memiliki gaya logo kombinasi, nama merek dan karakter, dengan warna-warna cerah mencolok. Selain itu logo makanan juga harus tampil lezat dan menggoda dengan detail-detail yang unik, seperti beberapa contoh desain logo berikut ini:
Desain Logo BroCho
Logo untuk brand dessert tersebut memiliki tampilan estetik dengan kombinasi ikon makanan dessert dengan nama merek. Warna merah muda dan coklat yang digunakan menciptakan tampilan elegan dan estetik. Visual logo tampil estetik dan mencerminkan bisnis dessert dengan baik.
Ikon logo dessert tampil siluet sederhana tanpa detail berlebihan membuatnya terlihat elegan. Font script dan san serif terlihat menciptakan kombinasi elegan dengan ikon logonya. Meskipun sederhana ikon logo dan warna coklat yang digunakan sangat efektif mencerminkan produk dari brand atau bisnis tersebut dan tampil unik.
Baca juga: 7 Desain Logo Warna Biru dalam Berbagai Industri
Desain Logo D’Beef Barrel
Logo untuk brand makanan juga banyak yang menggunakan logo karakter yang mengambil dari hewan atau bentuk produk, seperti pada logo tersebut. Karakter pada logo tersebut memiliki desain yang mendetail sehingga bentuk karakter dan ekspresinya terlihat jelas. Ikon karakter sapi yang tampil ekspresif tersebut dipilih untuk mencerminkan produk makanan dari bisnis.
Brand makanan yang bergerak dalam bidang daging atau steak daging tersebut tercermin dengan baik melalui ikon sapi. Gambar sapi yang mendetail membuat logo semakin unik, ikon sapi yang memegang garpu dan pisau terlihat menarik perhatian.
Desain Logo Racik Mama
Tidak hanya logo kombinasi dan logo karakter, brand makanan juga ada yang hanya menggunakan nama merek dengan sedikit dekorasi. Pemilihan jenis logotype dapat membuat nama merek lebih mudah diingat dan dikenali oleh konsumen. Dalam logo tersebut nama merek “Racik Mama” hanya diberi sedikit dekorasi seperti potongan keripik.
Font script bergaya tulisan tangan dengan sudut melengkung dan ujung buat menciptakan tampian ramah. Tipografi brand makanan kebanyakan menggunakan gaya huruf bulat yang ramah untuk memberikan kesan menyenangkan. Logo tersebut memiliki font ramah yang mudah dibaca dengan warna oranye dan hitam membuatnya tampil fleksibel.
Desain Logo Conele
Banyak desain logo untuk makanan dessert memiliki tampilan elegan dan estetik karena mencerminkan bisnis dengan baik. Pada logo dessert tersebut kombinasi elemen teks dan ikon dessert terlihat harmonis dan menciptakan tampilan yang estetik. Font tipis sans serif dengan warna coklat merepresentasikan bisnis dessert dengan menarik.
Huruf O yang diganti dengan ikon dessert membuat tampilan logo terlihat unik dan menarik perhatian. Warna logo yang dipilih untuk merepresentasikan dessert terlihat tampil menarik. Nama merek dengan font tipis dan bersih menciptakan desain logo yang elegan.
Baca juga: Variasi Desain Logo Kombinasi Modern dan Tips Menyusunnya
Desain Logo Sehat, Mie dan Kopi
Logo untuk bisnis makanan memang paling efektif jika menggunakan ikon yang mencerminkan produk dengan baik. Warna merah pada logo tersebut menciptakan kesan menggoda dan lezat, dengan kombinasi ikon mie sederhana. Dari penggunaan ikon mangkok, sumpit dan mie dalam logo tersebut, audiens bisa menebak jika bisnis makanan tersebut memiliki produk unggulan berupa mie.
Kombinasi warna merah dan hitam terlihat harmonis, warna merah membuat desain lebih mudah untuk mencolok. Bentuk ikon yang sederhana dan tidak terlalu mendetail akan efektif untuk logo digunakan dalam berbagai media dan konteks. Font sans serif yang tebal membuat nama merek juga lebih mudah dibaca meski logo tersebut akan digunakan dalam ukuran yang kecil.
Desain Logo Canda Tawa
Warna merah memang cukup populer untuk warna logo bisnis makanan, namun selain itu warna oranye juga cukup populer. Kombinasi logo dengan ikon buah dan nama merek menciptakan tampilan unik yang mencolok. Warna oranye membuat logo lebih mudah menarik perhatian audiens ketika di tempat ramai.
Warna oranye juga sering dipilih untuk brand makanan untuk mencerminkan kesegaran. Negative space pada teks nama merek dalam logo tersebut membuat tampilan logo terlihat unik. Font yang tebal dan warna mencolok pada logo ini juga membuat logo lebih mudah terbaca oleh konsumen.
Desain Logo Bakmi S.J
Logo karakter yang digunakan dalam desain logo tidak harus memiliki tampilan mendetail terkadang logo karakter tampil sederhana seperti sketsa atau siluet. Desain logo bakmi tersebut memiliki ikon sketsa sederhana dengan kombinasi ikon mangkok dan sumpit. Style logo terlihat klasik dan memberikan kesan jika produk premium atau terpercaya.
KESIMPULAN
Untuk menciptakan desain brand makanan pastikan untuk memilih gaya desain yang bisa merepresentasikan brand dengan baik. Banyak logo dari bisnis makanan yang memiliki style logo karakter, kombinasi hingga logotype sederhana. Ikon logo brand makanan banyak yang menggunakan ikon yang merepresentasikan produk bisnis makanan agar mudah dikenali. Pastikan untuk menciptakan logo bisnis makanan yang menggambarkan bisnis dengan efektif.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Lokmanoglu, Zeynep. (2019). 42 tasty food logos that will make your mouth water. 99designs. https://99designs.com/blog/creative-inspiration/food-logos/#:~:text=When%20designing%20a%20food%20logo,taste%20buds%20above%20all%20else. ↩︎