Branding merek yang dilakukan melalui desain grafis akan membutuhkan desain identitas visual yang menarik perhatian. Desain branding dalam berbagai jenis desain harus memiliki elemen-elemen visual yang digunakan dengan konsisten. Desain branding modern memiliki lebih banyak jenis desain yang digunakan karena menggunakan teknologi digital untuk branding.
Berbagai jenis desain yang terkait media digital harus memiliki style desain yang konsisten dan menyesuaikan medianya. Banyak brand modern yang memanfaatkan website, media sosial dan aplikasi digital untuk membangun branding merek. Setiap jenis brand bisa memiliki variasi desain identitas visual yang berbeda, bergantung layanan brand dan media yang digunakan.
JENIS DESAIN BRANDING MODERN
Branding umumnya akan dibangun melalui berbagai jenis desain yang merepresentasikan identitas merek dengan baik. Jenis desain visual harus merepresentasikan nilai, pesan dan karakter merek. Berikut beberapa jenis desain branding modern yang perlu dimiliki oleh audiens brand:
Letterhead

Sebuah brand profesional seperti perusahaan perlu memiliki desain kop surat atau letterhead yang mencerminkan identitas merek. Desain logo kop surat akan berguna membuat berbagai surat yang diterbitkan perusahaan terlihat profesional dan dapat dipercaya. Untuk memastikan keaslian surat, biasanya orang seringkali melihat desain kop surat yang rapi dan profesional.
Pada desain kop surat biasanya terdapat desain logo, detail kontak, alamat dan gambar atau shapes yang mencerminkan identitas merek. Beberapa desain letterhead memiliki warna dan gambar logo yang sesuai dengan elemen branding. Gambar logo dan warna kop surat harus mencerminkan identitas merek yang dibuat dengan profesional.
Desain Kartu Nama Bisnis

Hampir semua bidang bisnis perlu memiliki kartu nama untuk dibagikan pada klien, pengguna dan pembeli. Kartu nama bisnis bisa menjadi identitas yang mencerminkan perusahaan dan pribadi. Desain kartu nama bisnis biasanya juga memiliki desain visual yang menarik dan mencerminkan identitas perusahaan.
Jika desain kartu nama disediakan perusahaan, maka perlu untuk memiliki style desain mencerminkan identitas perusahaan. Dalam desain kartu nama, akan membutuhkan logo perusahaan, warna brand, dan font logo agar mencerminkan identitas perusahaan. Logo perusahaan akan memiliki ukuran yang besar untuk mencerminkan identitas merek, sementara warna akan merepresentasikan karakter dan identitas visual perusahaan.
Baca juga: Keunikan Desain Logo Style Line Art untuk Identitas Brand
Tanda Tangan Email atau Email Signature

Branding perusahaan harus memiliki desain yang konsisten untuk seluruh kebutuhan brand, termasuk dalam email. Email perusahaan digunakan untuk mengirim berbagai email, surat dan dokumen penting. Agar mencerminkan perusahaan atau bisnis yang profesional maka penting untuk menggunakan email signature.
Desain email signature juga harus relevan dan konsisten, sehingga mencerminkan identitas perusahaan. Dalam desain email signature pada yang muncul saat mengirim email, biasanya terdapat logo, detail kontak, dan warna yang menarik. Penggunaan elemen visual seperti warna, font dan bentuk harus mencerminkan identitas merek.
Sampul dan Foto Profil Media Sosial

Desain branding modern juga memiliki jenis desain yang digunakan untuk media sosial. Media sosial pada branding modern dimanfaatkan untuk membangun branding melalui konten yang menarik. Pada media sosial penting untuk memiliki foto profil dan sampul foto yang mencerminkan identitas merek.
Foto profil media sosial akan menggunakan desain logo yang sederhana biasanya variasi kombinasi atau favicon. Sementara desain sampul media sosial biasanya menggunakan style desain seperti email signature. Style desain akan mirip dengan kop surat, email signature dengan elemen-elemen visual yang mencerminkan branding merek.
Baca juga: Rekomendasi Palet Warna Kuning sesuai Tema Musim
Favicon untuk Foto Profil dan Icon Browser
Variasi desain logo yang berupa ikon atau disebut favicon juga banyak digunakan dalam membangun branding. Favicon adalah bentuk sederhana dari ikon logo yang mana berguna mencerminkan identitas merek dengan sederhana tetapi tetap unik. Bentuk ikon logo yang kecil akan mudah beradaptasi dalam berbagai desain dan ukuran.
Biasanya favicon akan memiliki desain ikon yang sederhana dan mencerminkan identitas merek dengan baik. Terkadang bisa berupa gambar ikon abstrak atau inisial nama merek seperti ikon Nike dan Apple yang sederhana namun ikonik. Seringkali ikon ini akan muncul pada tab browser sehingga mudah untuk dikenali pengguna.
Buku Guideline Brand

Dalam branding modern, jenis desain yang digunakan cukup beragam baik pada media cetak dan digital. Untuk itu terkadang penting memastikan penggunaan elemen-elemen visual yang konsisten. Untuk memastikan desain branding memiliki style desain yang konsisten, gunakan brand guideline.
Sebuah brand atau bisnis perlu memiliki buku yang berisi guideline branding. Biasanya akan terdapat informasi jenis font yang digunakan, palet warna brand, logo, favicon dan berbagai shapes atau gambar. Akan ada petunjuk style dan cara menggunakan elemen branding agar membangun identitas yang konsisten.
Baca juga: Rekomendasi Font Bubble untuk Desain Grafis
ELEMEN VISUAL YANG HARUS KONSISTEN DALAM BRANDING
Jenis desain untuk branding pada era modern ini perlu mempertimbangkan media sosial dan media cetak. Elemen-elemen visual yang digunakan harus mencerminkan identitas merek dan memiliki beberapa variasi agar mudah menyesuaikan diri.
Gunakan Variasi Gaya Font yang Beragam
Dalam sebuah brand guideline dan untuk membangun berbagai jenis desain yang konsisten, penting memilih font yang bervariasi. Jika desain hanya menggunakan satu font saja, pastikan font yang dipilih memiliki banyak gaya huruf, dari yang light, reguler hingga bold.
Hal ini akan memudahkan untuk desain digunakan pada berbagai jenis desain dan ukuran, serta jenis media. Terkadang ada yang menggunakan beberapa font untuk mencerminkan gaya yang kontras dan harmonis seperti serif dan sans serif.
Pilih Palet Harmonis dan Relevan Bisnis
Untuk warna yang digunakan sebagai palet warna branding, pilih kombinasi warna yang mencerminkan identitas merek. Warna bisa mencerminkan bidang bisnis, jenis produk dan karakter merek.
Gunakan skema warna untuk mengkombinasikan warna yang harmonis seperti analog dan monokrom. Pastikan palet juga memiliki warna netral yang kontras agar memudahkan warna harmonis dan memiliki kontras keterbacaan yang baik.
Variasikan Style Logo
Desain logo biasanya akan digunakan untuk berbagai kebutuhan sebagai identitas utama sehingga setiap desain harus memiliki logo sebagai watermark. Untuk kebutuhan berbeda terkadang membutuhkan jenis logo dengan style berbeda agar efektif.
Style logo untuk foto profil dan ikon browser biasanya berupa favicon sederhana. Berbeda untuk logo pada website atau kemasan yang, membutuhkan logo lengkap. Beberapa jenis variasi logo yang sering disarankan seperti logo kombinasi, logotype, logomark dan favicon.
KESIMPULAN
Jenis desain branding untuk bisnis era modern ini banyak dipengaruhi oleh penggunaan media sosial dan website. Pada media digital ada semakin banyak variasi desain branding yang harus konsisten sesuai identitas visual. Penggunaan elemen-elemen visual font, warna dan bentuk harus konsisten agar merepresentasikan identitas merek dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.