Desain UI dan UX: Pengertian, Tujuan dan Aspek Penting

0
(0)

Dalam dunia digital, untuk merancang sebuah produk digital penting memahami pengalaman pengguna (UI) dan antarmuka pengguna (UX). Keduanya memiliki peran penting untuk menciptakan kenyamanan dan kemudahan pengguna, serta menciptakan produk atau layanan yang berhasil. Desain UI dan UX ini memiliki perbedaan fokus namun bekerja sama menciptakan produk atau layanan yang baik.

Kedua desain ini memiliki tujuan akhir yang sama yaitu memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan efisien dan memikat perhatian. Dalam desain produk platform digital banyak perlu yang diperhatikan untuk bisa menciptakan kenyamanan ketika digunakan.

Untuk memahami lebih jauh tentang kegunaan desain UI dan UX dalam dunia digital, simak penjelasan artikel ini dengan seksama. Artikel ini akan menjelaskan pengertian, tujuan dan perbedaan pada desain UI dan UX.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

APA ITU DESAIN UI (ANTARMUKA PENGGUNA?

Desain antarmuka ini merupakan bidang desain yang memfokuskan bagaimana cara elemen yang interaktif produk atau layanan disajikan dengan efisien pada pengguna. Antarmuka pengguna ini fokus pada tampilan elemen-elemen agar mudah dipahami. Termasuk juga segala hal yang membuat tampilan dan interaksi visual terlihat menarik.

Tujuan Desain UI

Desain ini memiliki tujuan untuk mengatur tata letak, warna dan elemen desain lainnya untuk menciptakan kenyamanan pengguna. Penciptaan tata letak ini harus didasari dengan kebutuhan pengguna.

Penting memperhatikan cara mengatur elemen-elemen tersebut agar nyaman digunakan. Selain itu tampilannya juga harus memikat. Memerhatikan kebutuhan dan tampilan visualnya adalah tujuan utama dalam desain UI untuk memberikan tampilan penggunaan terbaik dan nyaman.

Komponen Desain UI

Desain yang berfokus pada antarmuka pengguna, ini memiliki beberapa komponen penting untuk mendukung penciptaan kenyamanan tampilan visual yang menyenangkan dan memudahkan untuk digunakan.

Warna dan Tipografi: Dalam membuat desain platform digital sama halnya dengan desain grafis dan desain lainnya warna dan tipografi sangatlah penting. Ini memengaruhi tampilan visual dan keterbacaan tulisan. Biasanya warna dan tipografi juga disesuaikan dengan konsep merek, agar mencerminkan identitas merek.

Elemen Interaktif: Penggunaan elemen interaktif, akan meningkatkan tampilan visual, selain itu juga memudahkan ketika diakses. Biasanya elemen interaktifnya seperti tombol, ikon, dan lainnya akan dirancang sesuai kebutuhan yang memudahkan penggunaan. Sehingga dapat memberikan tampilan visual yang memikat dan namun juga nyaman untuk digunakan.

Tata Letak Halaman: Untuk memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan tata letak halaman juga merupakan elemen dalam desain UI. Mengatur tata letak halaman dapat menciptakan tampilan desain yang teratur, mudah dibaca, dan memberikan fungsi yang efektif.

Animasi dan Transisi: Dalam desain UI penggunaan transisi dan animasi dapat meningkatkan tampilan visual yang menarik perhatian pengguna. Animasi akan memudahkan pelanggan berinteraksi dengan nyaman pada platform digital. Selain itu transisi juga dapat memudahkan untuk mengarahkan pengguna.

APA ITU DESAIN UX (PENGALAMAN PENGGUNA)?

Desain UX yang berfokus pada pengalaman pengguna ini menciptakan desain yang memudahkan pengguna mengakses produk atau layanan dengan interaktif secara keseluruhan. Jika desain UI berfokus pada tampilan visual sementara desain UX fokus untuk memberikan kemudahan penggunaan secara menyeluruh.

Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan, desain UX ini melibatkan pemahaman mendalam pada kebutuhan, keinginan dan perilaku pengguna. Memahami hal tersebut akan membantu menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan dan bermakna.

Tujuan Desain UX

Desain antarmuka pengguna ini memiliki tujuan utama untuk memberikan kepuasan pengguna secara menyeluruh pada semua layanan. Penting memastikan bahwa pengguna merasa puas dengan produk atau layanan untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka.

Untuk itu penting memastikan produk dan layanan sudah efektif, termasuk pada berbagai fitur dan desainnya. Kenyaman penggunaan akan memengaruhi dan akses akan memengaruhi kepuasan.

Aspek Desain UX

Dalam menciptakan desain UX atau antarmuka pengguna ini ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Memperhatikan aspek-aspek ini dalam desain UX platform digital akan membantu menciptakan kepuasan pelanggan.

Penelitian Pengguna: Memberikan kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan melakukan pemahaman mendalam tentang pelanggan. Pemahaman tentang pengguna ini biasanya berusaha mencari tahu profil pengguna, kebutuhan, dan tantangan yang dihadapi pengguna saat mengakses produk atau layanan aplikasi. Melakukan pemahaman ini akan memudahkan penyedia layanan melakukan perbaikan sesuai kebutuhan pengguna.

Peta Penggunaan (User Journey): Untuk memudahkan pemantauan penggunaan pengguna penting untuk membuat peta penggunaan. Ini berguna untuk memahami langkah-langkah dan titik-titik penting dalam penggunaan produk atau layanan. Sehingga jika ada masalah memudahkan untuk dilihat dan segera diatasi.

Prototipe dan Pengujian: Ketika merancang desain antarmuka melakukan pengujian produk atau layanan aplikasi sangatlah penting. Pengujian ini digunakan untuk melihat seberapa baik produk bekerja. Gunakan prototipe uji coba yang digunakan pelanggan untuk menguji apakah fungsinya berjalan baik. Dapatkan umpan balik dari pelanggan dan gunakan untuk perbaikan dalam perilisan resmi.

Perbaikan Desain: Setelah melakukan uji coba, pelanggan bisa memberikan kesan dan saran mereka terkait produk atau layanan. Apakah desainnya nyaman untuk dilihat, atau apakah desainnya mudah digunakan.

Ini termasuk juga apakah navigasi dalam desain dapat mengarahkan pengguna dengan baik. Untuk melakukan perbaikan lihat umpan balik pengguna dan juga data pengguna. Lakukan perbaikan untuk meningkatkan deakn dan fungsionalnya berdasarkan data tersebut.

KESIMPULAN

Produk atau layanan digital seperti aplikasi atau website membutuhkan desain UI dan UX untuk meraih keberhasilan. Kombinasi keduanya untuk menciptakan produk dapat menciptakan kepuasan untuk pelanggan. Keduanya bekerja sama membentuk desain yang nyaman, fungsional, dan efektif dalam penggunaan. Penting juga memperhatikan daya tarik visual desain aplikasi atau website untuk meningkatkan minat dan kemudahan akses.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts