Ciri dan Karakteristik Font Sesuai Kebutuhan dan Jenis Desain

Desain grafis akan menggunakan berbagai gaya font yang disesuaikan dengan kebutuhan dan identitas merek. Untuk font logo akan menyesuaikan dengan identitas merek, sementara kemasan akan menggunakan font yang sesuai jenis produk. Dalam memilih gaya font yang menarik, perhatikan beberapa ciri dan karakteristik font sesuai dengan jenis desain dan penggunaannya.

Font memiliki banyak sekali variasi seperti serif yang klasik, sans serif modern, dan script yang elegan. Dalam sebuah font biasanya juga memiliki banyak variasi gaya huruf seperti light, regular dan bold. Banyaknya variasi font ini membuat pemilihan font terkadang memakan waktu lama karena banyak pilihan dari berbagai variasi.

CIRI DAN KARAKTERISTIK FONT SESUAI JENIS DESAIN

Untuk membuat desain tampil menarik dan relevan dengan pesan desain, pastikan teks memiliki jenis font yang tepat. Pemilihan jenis font bisa mempertimbangkan beberapa karakteristik dan ciri font sesuai jenis desain dan kebutuhan penggunaannya:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Font Judul

  • Tebal dan Mudah Dibaca
  • Sesuai Tema desain

Jenis font yang digunakan untuk font judul seringkali menggunakan gaya font tebal dan bersih agar mudah terbaca. Namun ini juga bergantung jenis desain, tema desain dan tampilan yang ingin diciptakan desain. Font judul untuk desain poster modern akan cocok menggunakan font tebal yang tajam.

Untuk poster pemasaran makanan font tebal script dan bulat akan dipilih untuk teks judul desain. Berbeda lagi jika desain infografis bertema elegan untuk brand kecantikan akan menggunakan font elegan dan sederhana. Sebagai judul teks harus mudah dibaca agar menginformasikan pesan dengan tepat sehingga keterbacaan harus diutamakan.

Sub Judul

  • Kontras dengan Font judul
  • Thin atau Regular Font
  • Jenis Font Berbeda

Dalam desain konten dan infografis, selain paragraf beberapa jenis konten memiliki sub judul. Biasanya teks ini berada dibawah judul dengan ukuran lebih kecil tetapi tidak sekecil teks paragraf. Fontnya harus kontras dengan font judul agar tampil menarik dan terbaca dengan baik.

Kontras font sub judul bisa diciptakan dengan memilih jenis font berbeda, ukuran berbeda dan ketebalan font berbeda. Tidak hanya pada desain konten, sub judul juga terdapat pada desain logo sebagai tagline. Untuk digunakan sebagai font tagline logo pastikan memilih font sederhana yang mudah dibaca agar menyampaikan pesan dengan baik.

Font Teks Paragraf

  • Menggunakan Font Serif atau Sans Serif Regular
  • Gunakan Font Mudah Dibaca pada Ukuran Kecil

Pada jenis font untuk teks paragraf ada baiknya memilih jenis font sederhana dan bersih. Hal ini agar teks paragraf mudah dibaca bahkan pada ukuran teks yang kecil. Biasanya desain yang membutuhkan teks paragraf adalah desain infografis dan konten media sosial.

Teks paragraf yang memiliki banyak teks ini biasanya memiliki ukuran lebih kecil daripada teks judul. Agar mudah dibaca, sebaiknya menggunakan jenis font sederhana seperti serif dan sans serif variasi tipis atau reguler. Font yang sederhana dan tidak terlalu tebal akan membuat teks paragraf terbaca dengan baik bahkan pada ukuran layar digital yang kecil.

Baca juga: 5 Rekomendasi Font Geometris untuk Desain Modern

Font Poster

Ciri dan Karakteristik Font Sesuai Kebutuhan dan Jenis Desain
  • Tebal dan Unik
  • Merepresentasikan Tema Poster
  • Memiliki Dekorasi

Dalam desain poster penggunaan gaya font yang unik dan kreatif akan menyampaikan pesan dan tujuan desain dengan baik. Desain poster seringkali memiliki tampilan visual yang unik agar menciptakan estetika yang menarik perhatian. Namun pemilihan font unik tetap menyesuaikan tema desain, misalnya poster festival musik akan tampil nyentrik, tebal dan tajam.

Terkadang jenis font display yang unik sering dipilih untuk desain poster agar terlihat kreatif dan beda dari yang lain. Penggunaan font unik biasanya memiliki ciri ujung panjang, dekorasi ornamen hingga tekstur menarik. Penambahan elemen dekorasi untuk menghiasi font akan menciptakan tampilan teks judul poster yang unik.

Font Website

Ciri dan Karakteristik Font Sesuai Kebutuhan dan Jenis Desain
  • Fleksibel dan Mudah Beradaptasi
  • Mudah Dibaca pada Berbagai Ukuran dan Perangkat
  • Gaya Font Sederhana

Untuk desain website font harus fleksibel dan tersedia dalam berbagai perangkat berbeda. Biasanya disarankan untuk menggunakan font sederhana yang tersedia dalam google font sehingga website memiliki keterbacaan yang baik. Font yang ada di google font dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis perangkat termasuk ukuran layar berbeda.

Jenis font untuk yang fleksibel akan memberikan kenyamanan akses pengguna website. Terkadang font yang tidak fleksibel tidak tersedia dalam perangkat tertentu. Untuk hindari font yang rumit dan pilih font yang tersedia pada google font atau yang umum digunakan untuk desain website.

Baca juga: 5 Rekomendasi Font untuk Brand Cafe yang Estetik

  • Merepresentasikan Identitas Merek
  • Sesuai Bidang Bisnis
  • Mudah Dibaca dan Fleksibel

Sementara itu untuk desain logo, pemilihan utamanya menyesuaikan citra, karakter dan nilai yang ingin dibangun merek. Setiap font memiliki gaya huruf yang berbeda, bahkan variasinya ada banyak sekali, bentuk font berbeda menciptakan makna psikologi yang berbeda. Biasanya font yang dipilih untuk desain logo menyesuaikan dengan identitas merek.

Font tebal dan tajam akan cocok untuk logo perusahaan karena menciptakan brand yang tegas dan profesional. Pemilihan font logo juga menyesuaikan bidang bisnis, untuk bisnis teknologi, font kaku dan tebal akan lebih cocok. Untuk desain logo penting juga mengutamakan jenis font yang memiliki keterbacaan font yang baik sehingga nama merek diingat oleh audiens.

Font Untuk Desain Kemasan

Ciri dan Karakteristik Font Sesuai Kebutuhan dan Jenis Desain
  • Mudah Dibaca
  • Huruf Tebal dan Ramah
  • Memiliki Outline Tebal
  • Sesuai Jenis Bisnis atau Produk

Untuk desain kemasan seringkali penggunaan font tebal lebih disarankan karena akan mudah menarik perhatian. Nama produk akan mudah terbaca dari kejauhan jika menggunakan jenis font yang tebal. Penggunaan jenis font untuk desain kemasan yang efektif biasanya sesuaikan pula dengan jenis produk.

Font untuk kemasan makanan akan cocok dengan gaya font bulat atau script yang tebal. Berbeda dengan font kemasan skincare yang lebih cocok dengan gaya font elegan dan tipis. Font serif atau san serif regular atau thin akan cocok untuk menciptakan tampilan elegan pada kemasan skincare. Sesuaikan font desain kemasan yang menginformasikan nama produk sesuai bidang bisnis.

HAL-HAL UTAMA MENYESUAIKAN GAYA FONT DENGAN KEBUTUHAN DESAIN

Selain memerhatikan ciri font berdasarkan kebutuhan dan yang sesuai jenis desain, memilih font juga memiliki hal-hal utama yang tidak boleh diabaikan. Perhatikan beberapa hal utama ini agar fontnya tidak hanya menarik tetapi juga efektif.

Keterbacaan

Desain grafis sebaiknya tetap mengutamakan keterbacaan font sebelum memilih bentuknya yang unik. Pada beberapa jenis desain yang bertujuan membangun branding dan menyampaikan informasi penting harus memiliki font yang mudah dibaca. Penggunaan font bersih dengan jarak antar huruf yang cukup akan efektif meningkat keterbacaan teks desain. Hindari menggunakan font rumit yang sulit, desain bisa tampil harus unik tanpa menggunakan font rumit.

Baca juga: 5 Kombinasi Font untuk Desain Elegan dan Mewah

Tema Desain

Penting juga menyesuaikan tema desain, ada banyak sekali tema yang bisa digunakan dalam desain grafis. Beberapa tema yang umum seperti minimalis, futuristik, alami hingga vintage. Ini akan membutuhkan gaya font berbeda sesuai pesan yang ingin disampaikan. Font untuk tema vintage bisa menggunakan gaya font retro baik yang tebal maupun tipis sesuai kebutuhan.

Jenis atau Bidang Bisnis

Desain grafis yang digunakan untuk desain brand termasuk logo, kemasan dan poster brand tertentu harus sesuai bidang bisnis. Hal ini agar audiens mudah mengenali jenis bisnis dan mengingat produk. Jika gaya font tidak relevan audiens atau konsumen akan merasa kebingungan. Font untuk brand teknologi canggih dan makanan akan memiliki gaya huruf berbeda agar mencitrakan brand dengan tepat.

Identitas Merek

Selain itu, penting untuk memiliki gaya font desain logo yang merepresentasikan identitas merek. Biasanya brand yang tegas dan profesional akan menggunakan font tebal yang tajam dan kaku. Brand yang menargetkan anak-anak dan anak muda biasanya menggunakan font ramah yang menyenangkan. Untuk mencerminkan brand kecantikan dan fashion, gaya huruf akan lebih cocok yang tampil minimalis dan elegan.

KESIMPULAN

Pilih font yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis desain dengan memerhatikan ciri dan karakteristik setiap kebutuhan. Font untuk kebutuhan judul dan paragraf akan memiliki ciri gaya font berbeda. Sama halnya untuk kebutuhan jenis desain kemasan dan desain konten akan memiliki jenis font yang menyesuaikan tema. Dengan memerhatikan ciri font untuk setiap jenis desain, akan membantu memilih yang relevan dan menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.