Psikologi Elemen Bentuk yang Menciptakan Kesan Tertentu

Elemen umum dalam desain digunakan untuk merancang desain dengan tampilan visual semakin menarik. Beberapa elemen umum dalam desain seperti garis, warna, tekstur, ruang, value hingga bentuk. Beberapa elemen bentuk memiliki makna psikologi yang dapat menciptakan kesan tertentu yang menarik.

Dalam desain, elemen bentuk dimanfaatkan untuk merancang dan mendekorasi desain dengan menarik. Penting untuk memilih elemen bentuk sesuai kebutuhan dan tujuan desain, agar bisa mendukung pesan dengan efektif. Elemen bentuk ada banyak macamnya, beberapa mengambil dari bentuk geometri dan ada pula yang abstrak.

Penting untuk memahami psikologi makna yang diciptakan dari penggunaan elemen bentuk dalam desain. Hal ini elemen bentuk dapat mendukung kesan dan pesan yang disampaikan desain pada audiens. Untuk itu simak artikel ini yang akan membahas beberapa psikologi bentuk dalam desain grafis.

Read More

Beberapa Psikologi Bentuk dalam Desain Grafis

Penggunaan bentuk yang tepat akan mendukung pesan dan konsep desain dengan baik, ini juga membantu menciptakan kesan tertentu pada desain. Berikut beberapa psikologi bentuk dalam desain grafis untuk digunakan dengan bijak:

Segitiga

segitiga

Bentuk geometri satu ini berbentuk poligon atau bangun datar dengan tiga sisi runcing dan tiga titik sudut. Segitiga ini umumnya sering didefinisikan dengan bentuk yang dinamis dan energik. Bentuk ini juga sering digunakan sebagai bentuk yang mewakili gerakan dan arah.

Bentuk ini juga kerap kali digunakan dalam desain untuk menciptakan kesan misterius, kekuatan dan kepercayaan. Segitiga juga bisa digunakan untuk mencerminkan kepemimpinan dan ambisi dari melihat bentuknya yang tajam. Bentuk sisi yang tajam menunjukkan kekuatan dan ambisi.

Penggunaan bentuk ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan desain yang terkait dengan science-fiction, seperti poster film terkait teknologi dan sci-fi. Bentuk ini juga akan cocok digunakan untuk kebutuhan desain identitas merek yang terkait dengan teknologi atau hukum.

Persegi

Psikologi Elemen Bentuk yang Menciptakan Kesan Tertentu

Bentuk geometri dengan empat sisi simetris ini terbentuk dari empat garis lurus, dan arah sudut yang memberikan kesan keandalan dan keamanan. Penggunaan bentuk ini dalam desain grafis dapat memberikan kesan keamanan dan terkendali. Bentuk ini juga memberikan kesan seimbang, jika menggunakan bentuk persegi yang simetris.

Bentuk persegi ini memberikan kesan stabil dan seimbang pada desain. Penggunaan bentuk ini juga dapat menggambarkan kekuatan, profesionalisme dan efisien untuk kebutuhan desain logo. Bentuk logo dengan memanfaatkan bentuk persegi dapat memberikan kesan dengan yang seimbang dan stabil.

Bentuk persegi dalam desain dapat menciptakan kesan desain yang seimbang dan terlihat terorganisir. Persegi ini memberikan desain tampilan yang lebih rapi dan terstruktur.

Baca juga: Indah dan Bermakna: Elemen Desain Grafis dalam Desain Logo

Garis Horizontal

Psikologi Elemen Bentuk yang Menciptakan Kesan Tertentu

Garis horizontal dalam desain dapat memberikan kesan desain yang bergerak melintasi waktu. Penggunaan garis yang lurus mendatar ini banyak dimanfaatkan dalam desain grafis untuk berbagai hal. Mulai dari dekorasi desain, pembuatan logo, dan berbagai dekorasi untuk kebutuhan undangan atau poster.

Penggunaan garis horizontal ini dalam desain dapat memberikan kesan desain yang bergerak maju, futuristik, modern hingga teknologi yang canggih. Bentuk garis horizontal ini menyampaikan pesan atau tema futuristik. Garis ini banyak digunakan dalam desain logo untuk memberikan kesan kecakapan dalam teknologi.

Garis Vertikal

Psikologi Elemen Bentuk yang Menciptakan Kesan Tertentu

Sementara garis yang lurus keatas juga memberikan kesan teknologi. Selain itu garis vertikal ini penggunaannya bisa mengkomunikasikan pesan komitmen dan kekuatan. Dalam desain grafis garis ini bisa dimanfaatkan dalam desain logo, dekorasi poster, hingga desain materi pemasaran dan web.

Penggunaan dalam desain logo, garis vertikal dapat merepresentasikan goals atau hal yang ingin dicapai oleh merek. Garis vertikal juga dapat menunjukkan progres atau perubahan yang akan dilakukan oleh merek. Penggunaan garis pada berbagai konteks desain perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan desain.

Lingkaran

Bentuk lingkaran

Tidak seperti bentuk geometri lainnya, lingkaran tidak memiliki sudut atau sisi. Hal ini membuat bentuk lingkaran lebih berkesan lembut dan berkesan ringan. Bentuk lingkaran ini dapat digunakan untuk merepresentasikan keabadian.

Bentuk lingkaran atau cincin ini juga bisa memberikan pesan positif yang emosional. Penggunaannya dalam desain grafis dapat menciptakan kesan kebersamaan, cinta dan kesatuan. Untuk kebutuhan desain logo bentuk lingkaran dapat memberikan kesan kesatuan pada merekam sementara untuk kebutuhan dalam desain poster dapat memberikan kesan kebersamaan.

Baca juga: Mengenal Desain Doodle: Kreativitas yang Abstrak dan Unik

Garis Organik

Garis Organik

Bentuk garis melengkung ini dapat memberikan kesan desain yang unik apabila digunakan dengan tepat. Biasanya garis banyak ditemui untuk hiasan poster, desain konten, hingga desain untuk logo. Penggunaan yang berbeda dapat menghasilkan kesan yang berbeda pula.

Bentuk ini dapat menciptakan kesan kreatif, inovasi dan futuristik pada desain grafis. Penting untuk mengatur tata letak elemen ini dengan tepat agar memberikan tampilan visual yang menarik.

Abstrak

Bentuk Abstrak

Bentuk dalam desain grafis juga ada yang memiliki bentuk abstrak yang unik dan menarik. Abstrak ini bentuknya tidak berdasarkan bentuk geometri atau bentuk nyata dari suatu objek tertentu. Dalam desain grafis, bentuk abstrak simbol visual yang didapatkan dari ide abstrak. Terkadang juga bentuknya disederhanakan dari bentuk organik. Pada beberapa contoh penggunaan, bentuk abstrak akan sulit untuk beradaptasi pada beberapa konsep karena bentuknya yang abstrak.

Bentuk Natural atau Alam

Bentuk Natural atau Alam

Ada juga bentuk yang mengambil dari bentuk-bentuk alam seperti tumbuhan, hewan, batu dan lain-lain. Bentuk alam dapat digunakan dalam desain untuk memberikan kesan alami yang menyegarkan. Penggunaan bentuk alam dapat merepresentasikan bentuk dari alam pada desain yang memiliki konsep terkait alam.

Bentuk alam dapat digunakan untuk logo, materi pemasaran hingga konten yang terkait dengan alam. Bentuknya tidak tersusun dari sudut, sisi, arah atau bentuk geometri tertentu, tetapi bentuk alam seperti daun atau bunga.

Baca juga: Elemen Umum dalam Desain, Desainer Pemula Harus Tahu

KESIMPULAN

Elemen bentuk dalam desain dapat menciptakan kesan tertentu dan berbeda setiap kebutuhan. Untuk itu penting bagi desainer memahami pula tentang psikologi dari elemen bentuk yang ada. Ini akan membantu desainer memilih bentuk yang paling tepat sesuai kebutuhan dan pesan desain.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts