Ciri-ciri Desain Logo Modern yang Mencerminkan Tren dan Estetika

Desain logo umumnya dibuat tidak hanya menyesuaikan nilai, pesan dan karakter merek tetapi juga tren dan estetika pada suatu era. Pada era modern ciri-ciri dan tren desain logo akan menyesuaikan dengan yang populer pada era modern. Identitas merek pada era modern akan menyesuaikan dengan minat dan preferensi orang modern.

Ciri-ciri Desain Logo Modern yang Mencerminkan Tren dan Estetika

Gaya desain pada era modern seringkali mencerminkan kebiasaan, gaya hidup, kesukaan dan kebutuhan orang modern. Desain pada era ini umumnya sederhana dan minimalis, meskipun ada yang masih banyak menggunakan desain yang kompleks dan mendetail namun gaya minimalis jauh lebih banyak digunakan. Hal ini karena desain logo yang sederhana jauh lebih cocok pada era modern yang serba cepat ini.

Agar desain logo mudah diingat dan dikenali pada era ini penting untuk menciptakan logo yang sederhana karena akan mudah dikenali pada era yang serba cepat. Desain logo minimalis akan lebih mudah diingat daripada model logo yang kompleks seperti emblem atau karakter. Ada beberapa ciri-ciri desain logo yang khas pada era modern ini untuk dijadikan referensi dalam membuat identitas merek yang kuat.

Read More

CIRI-CIRI DESAIN LOGO ERA MODERN 

Dalam membangun identitas merek yang kuat, penting untuk memahami beberapa ciri-ciri desain logo pada era modern yang mencerminkan tren dan estetika khas modern. Berikut beberapa ciri-ciri desain logo era modern yang banyak digunakan: 

Sederhana dan Minimalis

Pada era modern tren desain logo dikuasai oleh gaya desain minimalis dan sederhana. Dimana bentuk logo berfokus untuk dibuat dengan bentuk sederhana agar mudah diingat dan dikenali oleh audiens. Desain logo dengan bentuk ikon yang sederhana akan lebih mudah digunakan dalam berbagai konteks.

Desain Logo Ekspedisi Mazz Brim
Desain Logo Ekspedisi Mazz Brim

Logo era modern lebih berfokus untuk menonjol elemen-elemen penting saja tanpa tambahan dekorasi berlebihan agar logo tetap sederhana. Bukan hanya bentuk icon logo yang sederhana tetapi pemilihan warna dan jenis tipografi juga harus sederhana untuk mendukung tampilan minimalis. Desain logo yang sederhana dan minimali akan memberikan tampilan yang bersih, profesional dan mudah untuk diingat. 

Warna dan bentuk logo yang minimalis membuat gaya logo yang minimalis ini menjadi banyak pilihan pada era modern. Logo yang sederhana akan mudah digunakan dalam berbagai media cetak dan digital. 

Jelas dan Fleksibel pada Berbagai Skala

Tren desain logo pada era modern yang sederhana ini akan memberikan kejelasan pada bentuk logo dan nama merek. Hal ini memungkin untuk logo dapat dengan mudah digunakan dalam berbagai kontek dan kebutuhan. Desain yang sederhana akan mudah digunakan dan dapat mempertahankan kejelasan bentuk logo. 

Logo pada era modern dirancang untuk bisa fleksibel digunakan pada berbagai media dan perangkat. Pada era modern yang mana segala aktivitas banyak dilakukan secara digital ini penting untuk membangun kehadiran online merek dengan kuat. Untuk itu desain logo pada era modern ini ketika dirancang perlu memerhatikan agar desainnya bisa terlihat jelas pada berbagai jenis ukuran layar, perangkat dan ukuran medianya. Desain logo era modern harus memiliki kejelasan dan fleksibel untuk berbagai penggunaan pada berbagai media online dan cetak. 

Baca juga: Manfaat Skala Warna Hitam Putih dalam Dunia Desain 

Memorable and Timeless

Desain logo pada era modern juga memiliki ciri-ciri memorable dan timeless. Logo pada era ini biasanya diciptakan agar mudah diingat dan bertahan dalam waktu lama. Ketika ingin membuat logo yang mudah diingat dan membekas dalam benak audiens, buatlah logo yang unik namun sederhana. 

Jasa Desain Logo Bisnis Design Interior

Jikan desain logo terlalu kompleks mungkin bisa membuat logo akan sulit untuk diingat meskipun unik. Selain mudah diingat, ciri khas logo pada era modern ini adalah timeless atau bisa bertahan dalam waktu lama.

Penting untuk membuat logo yang bisa bertahan meski tren dan zaman terus berubah, hal ini agar tidak perlu melakukan perubahan logo lagi. Logo yang sederhana akan lebih mudah diingat dan bisa bertahan meski tren dan zaman terus berubah dari waktu ke waktu.

Tipografi dan Lettermark

Logo pada era modern juga perlu memerhatikan jenis logo dan tipografi yang digunakan untuk identitas merek. Tipografi yang khas pada era modern ini biasanya berciri bersih, tegas dan mudah dibaca Font seperti serif dan sans serif akan cocok mencerminkan gaya minimalis dan sederhana pada logo era modern. 

Selain jenis font untuk identitas merek, jenis logo yang digunakan juga berperan penting dalam membangun kesadaran merek yang kuat. Umumnya era modern ini akan identik dengan penggunaan jenis logo seperti lettermark, logo pictorial dan logotype. Hal ini karena bentuk logo tersebut memberikan bentuk yang sederhana dan fleksibel untuk berbagai penggunaan. 

Namun jika ingin menggunakan logo karakter sebaiknya menggunakan bentuk karakter yang sederhana atau siluet tanpa detail berlebihan. Lettermark atau monogram yang menggunakan inisial nama merek ini, adalah salah satu yang paling populer pada gaya desain logo pada era modern karena efektif dalam penggunaannya. 

Baca juga: Tipografi Responsif: Memilih Font untuk Desain Web dan Mobile

Flat Design and Minimal Color Palette

Selain bentuk yang sederhana dan tidak memiliki banyak detail, desain logo pada era modern juga tidak menggunakan efek visual yang berlebihan. Desain logo pada era modern ini umumnya menggunakan gaya flat design atau desain datar. Dimana logo tidak menggunakan efek 3D atau efek bayangan untuk membuat logo terlihat menonjol dan nyata.

Desain Logo Home Stay
Desain Logo Home Stay

Desain logo era modern ini biasanya memiliki bentuk icon yang datar dan menggunakan palet warna minimalis. Logo dengan palet warna minimalis akan lebih mudah digunakan dan tetap memberikan kejelasan bentuk. Logo yang efektif jika menggunakan satu atau dua warna saja agar memberikan tampilan bersih dan profesional. Warna minimalis akan mempertahankan bentuk logo pada berbagai media dan perangkat. 

Responsif dan Adaptif

Dalam menciptakan desain logo yang efektif dalam branding dan membangun kesadaran merek. Penting untuk menciptakan desain logo yang bisa responsif dalam berbagai media, ukuran layar dan konteks penggunaan lainnya. Desain logo biasanya akan digunakan dalam banyak hal, akun media sosial, papan nama, kemasan dan lain-lain. 

Jika desain logo bisa responsif dan mudah beradaptasi, logo akan tetap terlihat jelas dan mudah dikenali dalam berbagai penggunaan. Gunakan beberapa variasi logo yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, logo yang mudah diubah sesuai kebutuhan penggunaan akan efektif membangun identitas merek yang kuat. Logo yang bisa menyesuaikan untuk kebutuhan situs web, media sosial dan kemasan akan mudah untuk dikali oleh audiens.

Baca juga: 

Brand Storytelling

Dalam membangun desain logo yang kuat pada era modern, penting juga untuk menggunakan cerita merek pada logo. Pada era ini desain logo yang memiliki cerita merek yang menarik akan efektif dalam membangun citra yang positif. Sebagai identitas merek desain logo berusaha menyampaikan pesan, nilai-nilai dan karakter merek dalam sebuah desain logo. Penggunaan cerita merek pada desain logo era modern akan membantu menyampaikan pesan merek pada audiens.

KESIMPULAN

Desain logo dapat digunakan dalam berbagai konteks kebutuhan dalam berbagai jenis desain untuk mambangun merek yang kuat. Biasanya setiap era akan identik dengan gaya desain logo tertentu, termasuk pada era modern. Desain logo pada era modern memiliki ciri-ciri logo yang sederhana dan minimalis. Hal ini agar logo bisa mudah untuk digunakan dalam berbagai desain untuk media cetak dan online. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts