7 Kombinasi Dua Warna yang Berani dan Mencolok

0
(0)

Visual desain akan terlihat memikat perhatian dengan kombinasi warna yang tepat. Ada banyak cara dalam mengkombinasikan warna yang harmonis dan efektif untuk menarik perhatian. Kombinasi dua warna cerah dan mencolok seringkali menjadi pilihan favorit untuk menarik perhatian dengan cepat. 

Kombinasi warna yang digunakan dalam desain grafis untuk logo, poster, pattern hingga desain kemasan, biasanya akan memiliki cara untuk memilih palet warnanya. Palet warna bisa berisi kombinasi warna cerah, warna hangat hingga warna dingin dan gelap. Tidak hanya memppertimbangkan nuansa dan emosi yang diciptakan, tetapi juga mempertimbngkan jumlah palet warna sesuai dengan jenis desain. 

Ada beberapa hal dipertimbangkan ketika memilih jumlah warna untuk sebuah desain agar visualnya menarik, misalnya: 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Kompleksitas Gambar dalam Desain

Desain grafis yang kompleks akan membutuhkan lebih banyak arna agar desainnya lebih menarik. Tetapi dua warna saja juga bisa digunakan dalam desain yang kompleks sama diatur dengan menarik dan kreatif. Desain grafis dengan tampilan kompleks akan menarik jika memiliki beberapa variasi warna. Hindari menggunakan jumlah warna yang banyak untuk desain yang sederhana. 

Jenis Desain

Jika desain grafis merupakan jenis logo maka jumlah warna dalam paletnya akan berisi dua atau tiga warna saja. Jumlah palet warna untuk desain logo akan lebih terbatas agar menciptakan tampilan yang sederhana. Berbeda jika warna untuk kebutuhan desain ilustrasi atau poster biasanya akan memiliki kombinasi sekitar 4 atau 5 warna. 

Pesan yang Ingin Disampaikan

Seringkali jumlah warna juga dipengaruhi oleh pesan atau tujuan yang ingin disampaikan dalam desain. Kombinasi warna harus harmonis dengan jumlah warna yang sesuai dengan pesan yang disampaikan. Meskipun merek ingin menyampaikan banyak informasi sebaiknya menggunakan jumlah warna terbatas.

Pilih warna yang bisa mewakili pesan yang ingin disampaikan secara keseluruhan. Terkadang sebuah warna bisa merepresentasikan beberapa makna, sehingga terkadang mengkombinasikan dua warna saja sudah cukup. Terlalu banyak kombinasi warna membuat pesan menjadi tidak jelas karena tidak terfokus. 

ALASAN MEMILIH KOMBINASI DUA WARNA

Ada beberapa alasan mengapa memilih dua warna untuk dikombinasikan dalam desain. Ini bisa dipengaruhi oleh jenis desain, bentuk gambar atau penggunaan desainnya. Tetapi selain itu pemilihan kombinasi dua warna juga memertimbngkan beberapa alasan ini:

Mempertahankan Kesederhanaan Desain

Pada desain logo, mengkombinasikan dua warna saja bertujuan untuk memertahankan bentuk logo yang sederhana. Hal ini agar logo dapat lebih konsisten dan mudah digunakan dalam berbagai kebutuhan. Dua warna saja juga akan membantu logo terlihat lebih profesional.

Sementara untuk poster dan kemasan pemilihan dua warna akan membantu menciptakan desain yang sederhana dan bersih.  Desain akan tampak minimalis, tampilan sederhana akan membantu memudahkan audiens membaca informasi. Jika terlalu banyak warna, audiens bisa kesulitan membaca informasi dalam kemasan atau poster. 

Menciptakan Fokus yang Jelas

ketik hanya menggunakan dua warna saja ini akan membantu dalam menciptakan fokus dalam desain. Desain grafis yang memiliki banyak warna akan sulit mengatur informasi atau elemen penting. Mata audiens bisa kesulitan fokus jika terdapat banyak inspirasi warna desainnya. 

Dengan mengkombinasikan dua warna untuk desain logo, konten media sosial dan poster akan membantu dalam menciptakan fokus. Kombinasi dua warna akan menciptakan tampilan yang sederhana, sehingga audiens bisa langsung fokus pada pesan utama. Kombinasi dua warna yang kontras akan membantu meningkatkan keterbacaan dengan baik dan efektif. 

Baca juga: 4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

Membuat Desain Kontras yang Jelas

Ketika menciptakan desain dengan kombinasi dua warna ini akan memudahkan dalam mengatur kontrasnya. Terlalu banyak warna bisa menyulitkan mengatur kontras yang jelas. Sehingga pemilihan dua warna ini sering digunakan untuk logo dan desain konten. 

Kontras yang kurang jelas akan menyulitkan audiens dalam membaca informasi. Desain juga akan kurang menarik, jika memiliki kontras yang buruk. Mengatur dua warna akan lebih mudah untuk menciptakan kontras, salah satu warna akan dibuat untuk terlihat lebih pucat atau gelap. 

Mudah Mengatur Nuansa Desain

Nuansa yang ingin diciptakan dalam desain juga akan lebih mudah diatur dengan kombinasi dua warna saja. Terlalu banyak warna yang dikombinasikan desain grafis bisa memiliki kombinasi warna dengan berbagai nuansa. Pesan dan nuasna yang diciptakan akan berantakan dan menjadi tidak jelas, untuk penting membatasi jumlah warna. 

Baca juga: 5 Alasan Kombinasi Warna Desain Terlihat Buruk

KOMBINASI DUA WARNA BERANI DAN MENCOLOK

Kombinasi dua warna akan menciptakan tampilan desain yang lebih mencolok dan menarik perhatian1. Dua warna yang harmonis dan memiliki kontras yang baik akan menciptakan tampilan yang menarik. Beriku beberapa kombinasi dua warna yang berani dan mencolok:

Geraldine dan Blue Zodiac

7 Kombinasi Dua Warna yang Berani dan Mencolok

Kombinasi warna ini terlihat ciamik dengan mengkombinasikan satu warna gelap dan satu warna cerah yang kontras, Desain yang dihasilkan dari kombinasi dua warna ini dapat terlihat memikat karena warna cerah dan gelap akan menciptakan kontras yang mencolok. Desain grafis yang dihasilkan dari kombinasi ini dapat terlihat tajam. Kombinasi warna ini akan cocok digunakan untuk desain poster dan ilustrasi karena efektif untuk menarik perhatian, terutama untuk tema modern.

Foggy Gray dan Bunting

Dua warna ini juga memiliki kombinasi warna yang kontras tetapi harmonis dan terlihat kalem. Warna biru yang gelap yang dikombinasikan dengan warna netral menciptakan tampilan yang elegan. Kombinasi ini akan cocok untuk menciptakan tampilan mewah dan elegan pada desain logo. Warna ini cocok untuk digunakan sebagai warna identitas untuk brand mewah dan desain kemasan untuk produk premium. 

Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Memiliki Tampilan Mewah

Cerise dan Atlantis

7 Kombinasi Dua Warna yang Berani dan Mencolok

Mengkombinasikan dua warna cerah ini akan terlihat sangat kontras dan mencolok. Kombinasi ini bisa kurang harmonis untuk logo, lebih cocok jika digunakan untuk desain poster atau konten media sosial yang bertema estetik. Desain poster yang bertema abstrak dan futuristik juga bisa menggunakan kombinasi dua warna ini. Seringkali penggunaan dua warna ini akan diikuti oleh elemen abstrak, efek grunge dan tipografi modern yang kaku. 

Burnt Sienna dan Ebony

Desain grafis dengan kombinasi warna pink dan warna gelap ini akan menciptakan tampilan dramatis dan elegan. Kombinasi warna cerah dan gelap bisa menghasilkan kesan dramatis dalam jenis desain tertentu. Pada desain ilustrasi kombinasi ini akan menghasilkan tampilan yang menarik. Warna ini juga cocok untuk menciptakan nuansa hangat dan romantis dengan tema sunset. 

Malibu dan Drover

7 Kombinasi Dua Warna yang Berani dan Mencolok

Warna kombinasi biru dan kuning juga menciptakan tampilan harmonis untuk desain grafis jika digunakan dengan bijak. Ketika mengkombinasikan dua warna ini dalam palet warna yang lebih pucat bisa menciptakan tampilan harmonis. Kombinasi dua warna ini sering ditemui dalam desain logo untuk brand anak-anak dan brand yang berkesan ramah. Warna malibu dan drover ini juga cocok untuk digunakan dalam desain bertema summer untuk poster, kemasan dan logo. 

KESIMPULAN

Ketika memilih kombinasi warna, batasi jumlah warna dalam sebuah palet agar bisa menghasilkan desain yang terfokus dan sederhana. Kombinasi dua warna yang berani dapat menciptakan desain yang menarik perhatian. Beberapa rekomendasi palet warna yang mencolok tersebut dapat meningkatkan daya tarik desain. Pertimbangkan beberapa hal penting dan berhati-hatilah dalam memilih tingkat kecerahan agar kombinasi dua warna memiliki kontras. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Good Color Combinations That Go Beyond Trends: Inspirational Examples and Ideas. (2020). Graphicmama. https://graphicmama.com/blog/good-color-combinations/#two ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.