4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

0
(0)

Kombinasi warna-warna dalam desain grafis yang tidak harmonis akan menyebabkan desain menjadi tidak menarik. Desain grafis yang harmonis harus disusun dari kombinasi warna yang tepat, termasuk dengan menambahkan warna netral seperti putih. Kombinasi warna desain grafis yang memiliki warna putih cenderung menciptakan keseimbangan visual. 

4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

Warna netral seperti putih akan membantu dalam menciptakan keseimbangan visual dan tampilan harmonis. Desain akan tampil lebih nyaman untuk dilihat atau dibaca, karena tampilan visual yang seimbang. Warna putih dalam desain sering digunakan untuk menciptakan kesan murni, bersih dan suci1.

Untuk penggunaan warna putih sendiri dalam desain biasanya dengan mempertimbangkan beberapa hal ini:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi
  • Menciptakan Keseimbangan Visual
  • Membuat Desain Grafis Tampak Bersih
  • Menciptakan Desain dengan Kesan Murni dan Polos
  • Untuk Menciptakan Desain Bertema Minimalis dan Modern
  • Untuk Menonjolkan Elemen Desain

Menciptakan Keseimbangan Visual

Penggunaan warna putih dalam desian digunakan karena dapat menciptakan ksesimbnagan visual diantara perpaduan warna lainnya. Umumnya sebuah palet warna akan membutuhkan satu warna dasar atau warna netral untuk menjaga keseimabngan visual. Putih sebagai salah satu warna base sering dipilih untuk menciptakan keseimabnagan visual. 

Warna putih sebagai warna base dalam palet warna akan digunakan sebagai warna latar belakang, warna garis outline atau warna teks. Penggunaan warna putih sebagai latar belakang akan menciptakan tampilan desain yang bersih dan memiliki keseimbangan visual. Warna putih bisa membuat kombinasi beberapa warna yang kontras atau tajam terlihat harmonis. 

Membuat Desain Grafis Tampak Bersih

Tampilan desain grafis akan tampak lebih bersih dan sederhana dengan warna putih sebagai warna base. Dalam jenis desain yang memiliki elemen yang bervariasi, warna putih sebagai latar akan membantu dalam menciptakan tampilan yang harmonis. Warna putih yang bersih secara otomatis akan memberikan sugesti yang bersih.

Tidak heran warna putih adalah warna yang paling sering dipilih untuk background. Pada latar belakang warna putih dapat menciptakan tampilan elemen lebih rapi dan mencolok. Pemilihan warna latar belakang putih bersih masih menjadi favorit karena beragam alasan termasuk karena memudahkan elemen terlihat jelas dan tampil bersih. 

Baca juga: Penggunaan Warna Desain Grafis Sesuai Tujuan

Menciptakan Desain dengan Kesan Murni dan Polos

Ketika desain grafis menggunakan warna putih dengan dominan ini akan menciptakan desain ingin menunjukkan kesan polos dan murni. Warna putih yang dominan seringkali ditemui dalam desain kemasan untuk produk susu dan merek kecantikan. Ini berguna untuk menunjukkan jika merek memiliki citra yang murni dan dapat dipercaya. 

Ketika melihat warna putih dalam desain secara otomatis orang mengaitkannya dengan kemurnian, polos atau suci. Dalam beberapa budaya warna putih digunakan untuk melambangkan kemurnian.  Warna putih juga bisa mencerminkan awalan baru, sehingga sering ditemui dalam berbagai hal dalam pernikahan termasuk desain undangannya.

Untuk Menciptakan Desain Bertema Minimalis dan Modern

Warna putih yang bersih seringkali dipilih untuk menciptakan desain grafis yang bertema minimalis dan modern. Dalam desain modern, warna putih seringkali dipilih karena bisa menciptakan tampilan yang sederhana. Jika dilihat ada banyak gaya desain modern yang sering mengkombinasikan warna putih karena cocok dengan ciri desain modern.

Desain modern memiliki ciri tampilan elemen dengan bentuk sederhana dan warna minimalis. Warna putih akan sangat cocok untuk menggambarkan desain modern yang sederhana dan minimalis tersebut. Kombinasikan warna putih dengan warna tenang atau warna netral lainnya untuk menciptakan desain yang minimalis

Untuk Menonjolkan Elemen Desain

Pemilihan warna putih dalam desain grafis juga sering dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan warna putih dalam menciptakan tampilan elemen yang jelas. Warna putih yang bersih membuat elemen lainnya bisa tampil mencolok sehingga mudah terbaca dan terlihat jelas. Pemilihan warna putih sebagai latar belakang akan membantu elemen desain lainnya bisa terlihat lebih jelas.

Banyak sekali jenis desain yang menggunakan warna putih sebagai warna latar belakang karena ketika dipadukan warna gelap bisa membuat elemen terlihat menonjol. Kombinasi warna putih yang paling kontras adalah penggunaan warna putih dan hitam atau biru gelap. Elemen desain seperti teks dan gambar akan mudah terlihat jelas ketika memiliki latar belakang putih.

Baca juga: Elemen Desain Logo yang Populer pada Era Modern

KOMBINASI WARNA PUTIH MENARIK

Untuk mengkombinasikan warna netral dengan warna lainya, pertimbangakn tujuan dan pesan yang ingin disampaikan dalam desain tersebut. Warna putih bisa dikombinasikan dengan warna apapun, namun 4 kombinasi ini bisa menjadi inspirasi menarik. Berikut kombinasi warnanya: 

Putih dan Royal Blue

4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

Kombinasi dua warna untuk desain akan menciptakan tampilan yang terlihat klasik dan elegan. Dua warna ini bisa menciptakan kesederhanaan, jika salah satunya digunakan sebagai warna latar belakang dan satunya untuk warna elemen. Kombinasi warna ini cocok untuk desain modern yang ingin menciptakan tampilan yang minimalis. 

Jika ingin menciptakan desain yang tampil sederhana namun tampil berkelas mungkin kombinasi ini bisa menjadi pilihan. Kombinasi dua warna menciptakan kesan warna putih yang murni dan biru yang tenang. Desain dengan warna biru dan putih juga akan menciptakan nuansa yang tenang. 

Putih dan Merah Muda

4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

Untuk menciptakan desain yang memiliki tampilan yang soft, kombinasi warna putih dan merah muda bisa menjadi pilihan. Warna putih yang soft dipadukan dengan warna merah muda yang uga soft akan menghasilkan desain yang soft dan elegan. Kombinasi ini banyak ditemui dalam desain untuk merek kecantikan seperti kosmetik dan skincare.

Agar tampilannya lembut, warna merah muda yang dipilih adalah warna yang lembut atau jenis pastel agar menciptakan desain yang soft. Tidak hanya lembut desain dengan kombinasi warna ini juga efektif untuk menciptakan tampilan yang elegan. Dengan komposisi yang tepat kombinasi warna ini akan menciptakan desain yang lembut dan menarik.

Baca juga: Palet Warna: Kombinasi Warna Berdasarkan Gaya Desain 

Warna Putih dan Coklat

Kombinasi warna putih dan coklat dalam desain grafis dapat menciptakan tampilan desain yang berkesan dewasa. Warna coklat dan putih bisa menciptakan kesan netral dan tradisional. Penggunaan warna coklat dalam desain kerap dikaitkan dengan desain tradisional dan klasik.

Kombinasi warna coklat yang sedikit gelap akan menciptakan kesan elegan dan premium. Sementara warna coklat yang lebih soft akan menciptakan tampilan yang lembut. Kombinasi warna putih dan coklat akan cocok digunakan desain bertema klasik dan sederhana seperti undangan atau desain formal lainnya

Putih dan Hitam

Paduan warna hitam dan putih adalah warna dasar yang sering dipilih ketika menciptakan desain. Seringkali kombinasi ini dipilih untuk menciptakan tampilan yang sederhana dan bersih. Kedua warna ini ketika dikombinasikan dapat menciptakan kontras yang kuat. 

Pemilihan kombinasi putih dan hitam biasanya juga didasarkan karena warnanya paling fleksibel dalam berbagai ukuran dan media. Kombinasi ini seringkali ditemui untuk desain logo modern karena bisa membuat logo relevan dalam waktu yang lama. Dalam jenis desain lain kombinasi ini juga memudahkan audiens untuk membaca informasi dalam desain tersebut.

KESIMPULAN

Warna-warna netral seperti putih sering dipilih untuk menciptakan keseimbangan visual dalam desain yang memiliki beberapa palet warna. Pemilihan warna putih kerap digunakan sebagai latar belakang desain pada logo, kemasan hingga poster. Hal ini karena warna putih membantu dalam menonjolkan elemen, membuat desain bersih dan tampil sederhana.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Inspiration in the color white. (2024). Adobe. https://www.adobe.com/express/colors/white#:~:text=White%20symbolizes%20cleanliness%20among%20other,out%20when%20you%20favor%20white. ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.