6 Contoh Kombinasi Warna Harmonis dalam Poster Film

0
(0)

Ketika membicarakan contoh kombinasi warna untuk memvisualisasikan makna atau emosi tertentu dalam desain, penting untuk memilih kombinasi yang tepat. Memilih kombinasi warna harus berhati-hati sehingga warna yang dihasilkan akan menciptakan tampilan yang harmonis. Sama halnya dengan dengan desain poster film biasanya memiliki contoh kombinasi warna yang harmonis agar orang tertarik membaca informasi dalam poster.

Dalam mengkombinasikan warna untuk desain perhatikan makna dan keseraassian warna ketika disandingkan. Sesuaikan warna dengan pesan atau emosi yang ingin disampaikan melalui desain. Untuk desain poster film, warna yang dipilih tidak hanya harmonis tetapi juga memiliki pesan yang ingin disampaikan dengan tersirat.

Pada poster film, terkadang warna desainnya juga akan menyesuaikan dengan genre atau cerita dalam film. Hal ini agar poster dapat menggambarkan isi film dengan baik, dengan kombinasi palet warna yang menarik. Ketika ingin menciptakan kombinasi warna yang harmonis seperti poster film, simak beberapa contoh kombinasi warna menarik dalam poster film dalam artikel ini.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

CONTOH KOMBINASI WARNA DALAM POSTER FILM

Dalam poster film, kombinasi warna yang digunakan harus harmonis agar tampilan visualnya terlihat menarik perhatian. Kombinasi warna poster film juga terkadang menyesuaikan dengan genre agar memvisualisasikan dengan baik. Berikut beberapa contoh kombinasi warna harmonis pada poster film:

Warna Triadik

Contoh Kombinasi Warna Harmonis dalam Poster Film

Dalam skala warna triadik ini menggunakan kombinasi warna yang diambil dari roda warna yang membentuk segitiga. Warna triadik ini akan menciptakan tampilan yang hangat dan energik pada desain. Pilih tiga warna yang membentuk segitiga dalam roda warna seperti kuning merah, dan biru.

Salah satu contoh kombinasi warna triadik ini digunakan dalam poster film untuk aladin live action. Dalam poster tersebut warna triadik digunakan sebagai warna utama yaitu warna oranye, ungu dan hijau tua kebiruan. Penggunaan warna ini menciptakan nuansa hangat dan kombinasi warna desain yang harmonis. 

Penggunaan warna ungu dalam poster tersebut menggambarkan nuansa magis dan keajaiban seperti filmnya. Sementara oranye mencerminkan nuansa hangat dan menyenangkan seperti cerita dalam film. 

Warna Analog

Pada skema warna analog biasanya memadukan beberapa variasi warna-warna dari satu warna utama. Penggunaan warna analog dalam desain akan menciptakan tampilan yang sederhana dan menarik. Kombinasi warna analog akan efektif digunakan untuk mencerminkan makna atau emosi yang mirip. 

Misalnya pada poster untuk kungfu panda tersebut yang menggunakan kombinasi warna analog yang berdekatan dalam roda warna yaitu merah gelap, merah, oranye hingga kuning. Kombinasi warna-warna tersebut menciptakan tampilan yang harmonis dan memberikan kenyamanan untuk dilihat. Desain poster tersebut memiliki tampilan yang menciptakan kesan hangat, ambisi dan energik. 

Warna-warna analog seperti merah, oranye, dan kuning dipilih karena juga sesuai dengan genre filmnya yang menyenangkan dan penuh energi. Warna merah bisa digunakan untuk mencerminkan kesan berani dan kuning kesan yang ceria dari sang tokoh utama.  

Baca juga: Rekomendasi Kombinasi Warna Untuk Desain Modern

Warna Komplementer

Contoh Kombinasi Warna Harmonis dalam Poster Film

Dalam dunia desain penggunaan warna komplementer akan menciptakan kontras yang kuat karena menggunakan warna yang berlawanan dalam roda warna. Kombinasi dari warna yang berlawanan ini akan menciptakan tampilan yang mencolok dan mudah menarik perhatian. Untuk poster film pemilihan warna ini akan disesuaikan dengan makna dan emosi yang ingin disampaikan.

Pada poster film Alice in Wonderland tersebut warna yang paling dominan adalah warna komplementer yaitu hijau dan merah. Penggunaan warna komplementer pada poster tersebut dapat menciptakan tampilan desain yang terlihat mencolok. Ini akan efektif untuk menarik perhatian audiens untuk melihat dan membaca desain poster.

Kombinasi warna merah dan hijau dapat menciptakan fokus utama pada gambar tersebut. Audiens bisa langsung tertarik untuk melihat poster, sementara itu makna dari kedua warna komplementer cukup berlawanan juga. Warna merah dapat melambangkan ambisi, seperti warna hijau dapat mencerminkan ketenangan atau kesegaran. 

Warna Double Komplementer atau Square

Kombinasi ini menggabungkan empat warna komplementer yang diambil dari bentuk persegi. Empat warna tersebut saling bersilangan satu sama lainnya, ketika dikombinasikan akan menciptakan tampilan yang cukup kontras. Dalam desain poster warna-warna ini akan membuat poster terlihat lebih mudah menarik perhatian daripada warna yang lainnya. 

Pada desain poster untuk film guardian galaxy tersebut menggunakan empat warna yang saling berlawanan dalam roda warna yaitu warna biru, merah, kuning, dan hijau terang. Warna-warna tersebut dapat digunakan untuk membuat tampilan visual poster mencolok. Namun penggunaan kombinasinya harus berhati-hati agar menciptakan kombinasi yang seimbang. 

Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Neon Untuk Desain Grafis 

Warna Split Complementary 

Kombinasi warna ini memadukan tiga warna yang diambil dari warna komplementer dan duan warna yang mengapit warna komplementer. Misalnya pada poster tersebut menggunakan warna hijau yang dikombinasikan dengan dua warna yang mengapit warna komplementernya yaitu oranye terang dan merah. Kombinasi warna ini menciptakan visual yang harmonis meski warnanya cukup kontras. 

Perpaduan ketiga warna tersebut menciptakan nuansa hangat, tenang dan ambisi. Warna oranye yang digunakan cukup mencolok sama halnya dengan warna hijau. Perpaduan dua warna yang berkebalikan ini menciptakan nuansa yang berbeda dan unik. 

Warna Monokrom

Contoh Kombinasi Warna Harmonis dalam Poster Film

Untuk penggunaan skema warna monokrom dalam film biasanya akan menciptakan tampilan yang lembut, elegan dan memiliki kedalaman visual. Warna monokrom ini memiliki kombinasi warna dari satu warna utama yang divariasikan tingkat kegelapan dan kecerahannya. Pada poster tersebut, kombinasi warna yang dipilih dapat menciptakan tampilan yang nyaman dilihat oleh mata yaitu warna merah muda. 

Warna merah muda yang digunakan dalam desain akan dikombinasikan dengan warna merah muda yang divariasikan kecerahannya. Kombinasi warna tersebut menciptakan tampilan yang elegan dan menarik. Kombinasi warna merah muda dari gelap ke terang tersebut menciptakan kesan yang indah.

Baca juga: Kesan dari Penggunaan Warna Analog dalam Desain Grafis 

KESIMPULAN 

Saat memilih warna untuk dikombinasikan dalam desain grafis pertimbangkan untuk menggunakan teori warna dan skema seperti yang ada dalam beberapa poster film tersebut. Gunakan warna-warna kombinasi yang bisa menciptakan tampilan harmonis dan visual yang menarik perhatian. Beberapa contoh kombinasi warna dalam poster film tersebut akan menciptakan tampilan yang menarik serta harmonis. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts